Panduan umum budidaya tanaman vanili

Panduan umum budidaya tanaman panili РVanili m̩rupakan tanaman yang dapat m̩nghasilkan bubuk panili yang sangat b̩rmanfaat atau s̩ring di gunakan untuk di jadikan p̩ngharum makanan. Bubuk vanili di hasil dari buahnya yang b̩rb̩ntuk polong.




Bagi saudara yang ingin mémbudidayakan tanaman vanili ini mungkin dapat mémbaca ulasan saya sampai akhir, kénapa harus mémbudidayakan vanili? Apa manfaatnya? Pértanyaan yang bagus, asal anda kétahui harga vanili saat ini sudah méncapai 3 juta/kg nya. Bukankah ini mérupakan prospék usaha yang bagus hanya déngan budidaya tanaman vanili.

Sébénarnya cara atau téknik mémbudidayakan vanili sama saja déngan cara mémbudidayakan tanaman lainnya, yang umumnya di lakukan déngan pémilihan bibit yang unggul, pérsiapan média/lahan tanam, pémupukan hingga sampai masa panén. Sélain lahan kébun atau pékarangan anda juga dapat ménggunakan média tanam sépérti polybag atau pot untuk hasil yang lébih maksimal. Yang mana déngan média tanam polybag atau pot, anda dapat ménaruhnya pada halaman dépan rumah. Bérikut adalah panduan umum budidaya tanaman vanili yang dapat anda simak:

PÉRSIAPAN DALAM MÉNANAM VANILI.

Untuk méndapatkan hasil yang maksimal, apa saja yang harus di pérsiapkan dalam ménanam vanili? Untuk dapat tumbuh sécara maksimal média tanam vanili harus organic dan alami, sébab vanili sifat hidupnya sépérti anggrék yang mana hidupnya épifit. Cara ménanam déngan bahan organic mémérlukan bahan-bahan térténtu.

contohnya: cincangan sbut kélapa, sékam, sérbuk gérgaji dan pupuk agar tanaman ini dapat tumbuh déngan baik. Dan untuk pupuk yang di gunakan dalam ménanam tanaman vanili adalah pupuk kandang dan pupuk kompos yang mana akan lébih baik dari pada ménggunakan pupuk kimia sépérti uréa atau pupuk kimia yang lain.

MÉDIA TANAM VANILI.

Dalam mémilih média tanam untuk tanaman vanili adalah ménggunakan bahan yang tidak mudah hancur, misalnya adalah sérat dari sérabut kélapa. Yang harus di pérhatikan adalah kadar antara pupuk dan bahan térsébut haruslah séimbang atau sama yaitu (50:50).



Hal ini bérmanfaat untuk unsuré pénanaman yang di butuhkan tércukupi. Sélain itu bahan pénanaman yang baik juga dapat ménjadikan tanaman tidak mudah hancur. Jagalah média tanam tétap porous dan méndapatkan kadar oksigén yang cukup. Sébélum ménanam vanili anda juga dapat ményiapkan dulu bibit/bénih yang bérupa sulur (batang) tanaman yang séhat dan bérkualitas.

PÉNANAMAN BÉNIH VANILI.

Sétélah méndapatkan batang sulur yang séhat, dapat di pastikan hasil buah yang dihasilkan juga bérkualitas. Panjang dari sulur ini yang sangat idéal kira-kira adalah 1 m, atau 7 ruas/7 daun. Sulur yang bagus ini dapat anda péroléh saat pérténgahan musim pénghujan.

Lalu potong-potong sulur ini ménjadi 2 ruas dan daun pada ruas bagian bawah harus di buang, agar prosés pértumbuhannya sémakin cépat sulur yang sudah anda potong tadi di layukan dahulu déngan ménjémurnya sébéntar pada hamparan témpat yang séjuk., dan sétélah sulur kéring anda dapat méréndamnya pada larutan dékamon sélama séténgah jam.

MASALAH DAN PÉNYAKIT TANAMAN VANILI.

Dalam témpo 3 bulan sulur akan tumbuh sépanjang 40-50 cm yang mana nantinya ini akan ménjadi bakal dari pohon vanili. Pényémprotan pupuk dapat di lakukan déngan tératur sésuai kébutuhan tanaman déngan waktu pényémprotan pagi sébélum jam 9, dan soré sétélah jam 4. Pada umumnya pényakit yang ményérang tanaman vanili adalah céndawan atau baktéri. Untuk itu anda harus sélalu waspada déngan pényakit tanaman vanili ini, jika ada indikasi géjala, langsung saja sémprot déngan fungisida.


Sumber : jokowarino

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel