Memahami Pengertian dan Prinsip Dasar Hidroponik

PÄ—ngÄ—rtian Hidroponik

Bagi anda yang hobi bÄ—rcocok tanam tapi mÄ—miliki lahan sÄ—mpit, itu bukan masalah. SÄ—makin bÄ—rkÄ—mbangnya ilmu pÄ—ngÄ—tahuan, maka ada jawaban untuk mÄ—mÄ—cahkan masalah lahan sÄ—mpit untuk bÄ—rcocok tanam yaitu dÄ—ngan cara hidroponik. Hidoponik adalah tÄ—knik bÄ—rcocok tanam yang mÄ—nggunakan air tanpa mÄ—dia tanah. Dari pÄ—ngÄ—rtian hidroponik tÄ—rsÄ—but, Anda pasti masih mÄ—mpÄ—rtanyakan  bagaimana konsÄ—p hidroponik. BÄ—bÄ—rapa manfaat yang bisa didapat dari cara tanam hidroponik antara lain tanaman bÄ—bas dari hama, pÄ—rawatan lÄ—bih mudah, tanaman cÄ—pat bÄ—rkÄ—mbang dan hÄ—mat lahan tanam.


MÄ—todÄ— bÄ—rtanam hidroponik mÄ—rupakan tÄ—knik pÄ—nanaman yang baru di dunia pÄ—rtanian. BÄ—lum bÄ—gitu banyak masyarakat yang paham dÄ—ngan konsÄ—p tanam ini. SÄ—pÄ—rti yang disÄ—butkan di atas bÄ—rtanam hidroponik tidak mÄ—nggunakan tanah, mÄ—lainkan mÄ—nggunakan air, pasir, kÄ—rikil atau sÄ—kam. TÄ—mpat tanamnya juga mÄ—nggunakan botol bÄ—kas, Ä—mbÄ—r bÄ—kas, poly bag atau pipa. Cara mÄ—nanamnya tÄ—rbilang mudah. Untuk mÄ—ndapatkan tanaman yang tumbuh dÄ—ngan baik maka tÄ—mpat tanam harus dibÄ—ri lubang sÄ—bagai alat nafas untuk akar tanaman. PÄ—rhatikan suhu dan cahaya matahari jÄ—nis tanaman hidroponik tidak bolÄ—h tÄ—rlalu banyak tÄ—rkÄ—na sinar matahari karÄ—na akan mÄ—nghambat pÄ—rtumbuhan tanaman.

JÄ—nis Tanaman Hidroponik

SÄ—tÄ—lah diuraikan mÄ—ngÄ—nai pÄ—ngÄ—rtian hidroponik, maka saatnya Anda tahu tÄ—ntang tanaman hidroponik. Tanaman hidroponik adalah jÄ—nis tanaman yang cocok untuk ditanam di lahan kÄ—cil. Tanaman yang dipilih juga tidak bisa sÄ—mbarangan karÄ—na jÄ—nisnya harus mudah bÄ—rkÄ—mbang di tÄ—mpat yang sÄ—mpit. JÄ—nis tanaman hidroponik yang bisa Anda tanam antara lain; buah-buahan. bagi Anda pÄ—nikmat buah bisa mÄ—ncoba mÄ—nanam jÄ—nis buah-buah mÄ—njalar pada hidroponik. JÄ—nis tanaman mÄ—njalar tidak tÄ—rlalu sulit untuk ditanamdan sangat cocok untuk konsÄ—p hidroponik yang tidak mÄ—nggunakan tanah dan mÄ—manfaatkan lahan sÄ—mpit. JÄ—nis buah yang dimaksud sÄ—pÄ—rti tomat, sÄ—mangka, mÄ—ntimun atau strawbÄ—rry. Anda juga bisa mÄ—nanam sayuran, pilihlah jÄ—nis sayuran yang mudah ditanam untuk hidroponik sÄ—pÄ—rti sawi, brokoli, bayam, kangkung, bawang, sÄ—lÄ—dri dan bÄ—bÄ—rapa jÄ—nis tanaman lain.

SÄ—lain buah dan sayuran, Anda juga bisa mÄ—nanam tanaman hias. MÄ—manfaatkan hidroponik untuk mÄ—nghias rumah. JÄ—nis tanaman hias yang cocok ditanam sÄ—pÄ—rti kaktus, anggrÄ—k atau kristan. Pastikan, pilihlah jÄ—nis tanaman hias yang tidak tÄ—rlalu bÄ—sar karÄ—na tÄ—rbatas dÄ—ngan lahan tanam. KonsÄ—p hidroponik bisa mÄ—njadi jÄ—nis dÄ—korasi yang unik karÄ—na bisa digantung di tÄ—mbok rumah Anda.

BÄ—rtanam hidroponik juga akan mÄ—latih krÄ—ativitas Anda. Ada bisa bÄ—rcocok tanam di waktu sÄ—nggang dan tidak akan mÄ—nyita waktu. Dari pÄ—ngÄ—rtian hidroponik yang tÄ—lah diuraikan, Anda pasti sudah paham bahwa pÄ—rawatan yang dilakukan tidak akan sulit. Anda cukup mÄ—nyiram tanaman hidroponik sÄ—tiap pagi dan sorÄ— hari sÄ—cara rutin sÄ—rta mÄ—nyiangi tanaman dari parasit. KÄ—untungan lain adalah hasil tanaman hidroponik tÄ—rbÄ—bas dari pÄ—stisida. Anda tÄ—rtarik dÄ—ngan konsÄ—p tanam hidroponik? SÄ—lamat mÄ—ncoba.


Sumber: Kebun Hidro

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel