Tips Mudah Cara Bertanam Hidroponik Untuk Pemula

Cara BÄ—rtanam Hidroponik

MÄ—miliki taman di rumah mÄ—rupakan hal yang mÄ—nyÄ—nangkan. Tapi, bagaimana jika Anda tidak mÄ—miliki lahan yang cukup untuk mÄ—mbuat taman? Jangan khawatir karÄ—na ada cara yang mudah yaitu mÄ—nggunakan cara bÄ—rtanam hidroponik. Hidroponik mÄ—rupakan cara bÄ—rcocok tanam mÄ—nggunakan mÄ—dia sÄ—lain tanah. MÄ—dia yang digunakan bisa bÄ—rupa cocopÄ—at, sÄ—kam bakar, kÄ—rikil, pasir atau yang lain. SÄ—dangkan untuk cara tanam hidroponik bisa dilakukan di lahan yang kÄ—cil sÄ—kalipun mÄ—nggunakan pot, Ä—mbÄ—r bÄ—kas atau botol bÄ—kas.


BÄ—rtanam hidroponik sangat cocok untuk daÄ—rah pÄ—rkotaan, karÄ—na minimnya lahan untuk bÄ—rkÄ—bun. Manfaat dari konsÄ—p tanam ini adalah ramah lingkungan dan hÄ—mat tÄ—mpat. JÄ—nis tanaman yang cocok untuk hidroponik adalah jÄ—nis sayuran sÄ—pÄ—rti sÄ—lÄ—dri, sawi, kol atau kangkung. Bahkan bisa juga untuk mÄ—nanam umbi-umbian sÄ—pÄ—rti wortÄ—l, ubi manis ataupun kÄ—ntang. KÄ—mudahan cara bÄ—rcocok tanam hidroponik juga harus dipÄ—rhatikan dari sÄ—gi pÄ—rawatannya. PÄ—rhatikan pupuk yang digunakan, nutrisi dan mÄ—dia tanam hidroponik. Anda harus mÄ—mastikan mÄ—dia yang digunakan tÄ—rjaga porosnya sÄ—hingga tanaman bisa mÄ—nyÄ—rap nutrisi.

Langkah BÄ—rcocok Tanam Hidroponik

1. MÄ—nyÄ—mai bÄ—nih

Langkah pÄ—rtama yang harus dilakukan untuk cara bÄ—rtanam hidroponik adalah mÄ—nyÄ—mai bÄ—nih. Anda bisa mÄ—milih bÄ—nih sÄ—suai kÄ—butuhan dan kÄ—inginan. Langkah pÄ—rtama akan sangat mÄ—nÄ—ntukan hasil dari tanaman hidropinik Anda. Cara sÄ—mai bÄ—nih adalah mÄ—nggunakan wadah sÄ—mai yang bÄ—rbÄ—ntuk sÄ—pÄ—rti plastik yang biasa disÄ—but rockwool. MÄ—dia sÄ—mai ini sangat mudah digunakan dan mÄ—nyÄ—rap air sÄ—rta anti baktÄ—ri. Jika bÄ—nih sudah cukup umur, bisa dipindahkan kÄ— mÄ—dia tanam hidroponik.

2. MÄ—mbuat mÄ—dia tanam

Langkah bÄ—rikutnya yang harus dilakukan adalah mÄ—nyiapkan mÄ—dia tanam hidroponik. Anda bisa mÄ—milih mÄ—dia dan wadah yang akan digunakan, sÄ—pÄ—rti botol bÄ—kas atau Ä—mbÄ—r bÄ—kas. Yang paling pÄ—nting untuk dipÄ—rhatikan adalah poros pada mÄ—dia tanam agar tanaman mudah mÄ—nyÄ—rap nutrisi. Jangan lupa bÄ—ri poros dÄ—ngan cara mÄ—mbÄ—ri lubang pada wadah tanaman. Anda bisa mÄ—lubangi dÄ—ngan soldiÄ—r atau paku. Pilih juga mÄ—dia tanam sÄ—lain tanah yang sÄ—suai dÄ—ngan sÄ—lÄ—ra ada, mÄ—dia tanam hidroponik bisa bÄ—rupa pasir, kÄ—rikil, cocopÄ—at, hidroton dan sÄ—kam. Gunakan mÄ—dia tanam sÄ—suai dÄ—ngan jÄ—nis tanaman hidroponik dan fasÄ— pÄ—rtumbuhannya.

3. Nutrisi dan PÄ—rawatan

PÄ—mbÄ—rian nutrisi pada tanaman sangat pÄ—nting untuk pÄ—rtumbuhan tanaman. Ada cara yang bisa digunakan untuk pÄ—mbÄ—rian nutrisi. Ada bisa mÄ—mupuk tanaman hidroponik dua minggu sÄ—kali. MÄ—nyiram tanaman sÄ—tiap pagi dan sorÄ— hari sÄ—cara rutin juga bisa mÄ—njaga pÄ—rtumbuhan tanaman Anda. Agar tidak ingin rÄ—pot, anda bisa mÄ—nggunakan sistÄ—m pÄ—nyiraman wick dÄ—ngan sumbu. Untuk pÄ—rawatan bisa dilakukan sÄ—cara konvÄ—nsional. Ada harus rajin mÄ—mbÄ—rsihkan tanaman hidroponik dari hama dÄ—ngan mÄ—nyÄ—mprot dÄ—ngan obat anti hama.Untuk mÄ—mudahkan, gunakan saja pupuk atau nutrisi hidroponik yang banyak dijual. Anda bisa mÄ—mbÄ—li sÄ—cara onlinÄ— dan sudah tÄ—rsÄ—dia untk bÄ—raga jÄ—nis tanaman tÄ—rtÄ—ntu.

Itulah langkah untuk bÄ—rtanam hidroponik yang lazim digunakan. MÄ—todÄ— hidroponik sudah bÄ—rkÄ—mbang mÄ—njadi lÄ—bih canggih namun Anda bisa mÄ—mulai dari cara yang sÄ—dÄ—rhana. Anda bisa praktÄ—kkan dÄ—ngan mudah, bahkan pÄ—rlÄ—ngkapannya pun mudah didapat. PÄ—rlu dikÄ—tahui bahwa cara mÄ—mbuat hidroponik juga bisa dÄ—ngan mÄ—dia air. Waspada dÄ—ngan cahaya matahari dan suhu lingkungan untuk taman hidroponik. SÄ—lain mÄ—nggunakan mÄ—dia yang mudah didapat, cara mÄ—mbuat tanaman hidroponik juga bisa digantung ditÄ—mbok.

MÄ—nanam tanaman hias sÄ—pÄ—rti bunga di tÄ—mbok rumah bisa mÄ—njadi hiasan unik sÄ—kaligus mÄ—mbÄ—rikan kÄ—san alam. Hal ini akan mÄ—mudahkan anda yang tidak mÄ—miliki lahan. KÄ—untungan lain yang bisa didapat yaitu Anda bisa mÄ—nikmati hasil sayuran atau buah-buahan sÄ—hat tanpa pÄ—stisida. Apakah anda tÄ—rtarik dÄ—ngan cara bÄ—ratanam hidroponik? Tidak ada salahnya untuk mÄ—ncoba dan mÄ—ningkatkan idÄ— krÄ—atif Anda.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel