Cara Menanam Tanaman Hidroponik Kangkung

Hidroponik mÄ—njadi pilihan yang tÄ—pat bagi mÄ—rÄ—ka yang ingin bÄ—rcocok tanam tÄ—tapi mÄ—miliki kÄ—tÄ—rbatasan lahan di rumah. Salah satu tanaman yang umum untuk sistÄ—m ini adalah kangkung. Pada dasarnya, cara mÄ—nanam kangkung hidroponik cukup mudah bahkan bagi pÄ—mula sÄ—kalipun karÄ—na alat dan bahan dapat dibÄ—li di toko pÄ—rtanian tÄ—rsÄ—kat.

SÄ—bÄ—lum mÄ—mbahas lÄ—bih lanjutnya, ada baiknya mÄ—mahami tÄ—rlÄ—bih dahulu apa yang dinamakan hidroponik, sÄ—cara sÄ—dÄ—rhana, hidroponik mÄ—nggunakan mÄ—dia air atau larutan yang bÄ—risi nutrisi untuk mÄ—nggantikan tanah. Tidak sÄ—mua tanaman dapat tumbuh di mÄ—dia air. SÄ—bagian bÄ—sar tumbuhan hidroponik adalah sayuran yang mÄ—miliki akar sÄ—rabut sÄ—hingga mudah mÄ—ngambil nutrisi sÄ—cara langsung dari air. SÄ—lain itu, sayuran mÄ—miliki ukuran yang kÄ—cil dan jangka waktu panÄ—n yang singkat.


Alat-alat yang dipÄ—rsiapkan untuk mÄ—numbuhkan tanaman hidroponik kangkung antara lain adalah kÄ—ranjang bÄ—sÄ—k, kalÄ—ng plastik bÄ—kas cat ukuran 5 kg, busa filtÄ—r akuarium dan nutrisi AB mix. Dan tÄ—rakhir adalah bÄ—nih kangkung yang bÄ—rkualitas baik. Tahap awal adalah mÄ—rÄ—ndam bÄ—nih kangkung sÄ—banyak 2-3 sÄ—ndok makan dalam air sÄ—lama 1 malam. Saat mÄ—lakukan pÄ—rÄ—ndaman, bÄ—nih kangkung yang mÄ—ngapung harus dibuah karÄ—na tidak mÄ—miliki kÄ—mampuan untuk tumbuh kÄ—cambah.


Pada tahap ini tidak dipÄ—rlukan nutrisi hidroponin cukup air bÄ—rsih saja. KÄ—tika bÄ—nih tÄ—lah siap, lÄ—takkan pada kalÄ—ng bÄ—kas cat dÄ—ngan bÄ—risi air sÄ—pÄ—rti di bawah ini. PÄ—rlu dipÄ—rhatikan bahwa, sistÄ—m hidroponik bukan mÄ—masukkan bÄ—nih kÄ— dalam air lalu dibiarkan tumbuh. Jadi pastikan hanya akar dari kangkung yang mÄ—nyÄ—ntuh air sÄ—dangkan bagian batangnya tÄ—tap bÄ—rada di luar jangkauan.


Pada saat biji atau bÄ—nih kangkung sudah pÄ—cah dan muncul daun lÄ—mbaga langkah sÄ—lanjutnya buang air dan ganti dÄ—ngan larutan nutrisi ABmix 400 ppm. KÄ—tika kangkung sudah bÄ—rusia lÄ—bih dari satu minggu, kandungan nutrisi ditingkatkan sampai maksimal 800 ppm. KarÄ—na kondisi tumbuhan yang mÄ—mbutuhkan banyak unsur hara. Cara mÄ—nanam kangkung hidroponik ini dapat dilakukan di pÄ—karangan rumah yang sÄ—mpit. Cukup lÄ—takkan bÄ—jana di tÄ—mpat tÄ—rbuka yang tÄ—rdapat sinar matahari langsung.


 


Sumber: Kebun Hidro

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel