Bagaimana Cara Budidaya Bunga Tulip

Bunga tulip mérupakan salah satu jénis tanaman yang banyak disukai karéna béntuk dan warnanya yang cantik. Ménurut séjarahnya, bunga tulip ini sudah ada séjak 500 tahun yang lalu. Bunga tulip bérasal dari Turki dan kini sudah bérkémbang dan ményébar ké séluruh pélosok dunia térmasuk Indonésia.





Bunga yang satu ini digémari karéna sélain béntuknya cantik yang dapat digunakan sébagai aksén pénghias, juga mémiliki manfaat bagi késéhatan tubuh apabila dikonsumsi. Bagian dari bunga tulip yang bisa dikonsumsi adalah bagian umbinya. Khasiat dari méngonsumsi umbi bunga tulip adalah mampu méngatasi masalah sirkulasi darah, anémia, dan mampu méngobat kankér karéna banyak méngandung antioksidan.

Tulip mérupakan salah satu jénis tanaman yang dapat hidup dan tumbuh déngan baik di daérah yang mémiliki suhu séjuk. Jadi bagi anda yang bérniat untuk mélakukan budidaya bunga tulip sébaiknya mémiliki témpat budidaya di dataran tinggi yang mémiliki suhu yang séjuk.

Karéna bunga tulip mérupakan salah satu jénis tanaman umbi-umbian, oléh sébab itu anda bisa mélakukan budidaya mélalui biji atau pénanaman umbi. Namun yang paling mudah dan cépat adalah mélalui umbinya. Pilih umbi atau bibit yang mémiliki kualitas bagus agar hasil yang didapat juga bagus.

Méngingat Indonésia mérupakan salah satu négara tropis, bukan bérarti kita tidak bisa ménanam bunga tulip di Indonésia. Ada salah satu cara éféktif yang bisa digunakan untuk ménaman bunga tulip. Yakni yang pértama harus mémasukkan biji atau umbi bunga tulip ké dalam lémari péndingin sébélum ditanam. Hal térsébut bértujuan agar mémpércépat prosés pértumbuhan tunas pada umbi.



Sétélah itu tanam bunga tulip di témpat yang séjuk dan téduh. Usahakan untuk ménghindarkan tanaman dari jangkauan sinar matahari sécara langsung karéna akan mémbuat tanaman ménjadi kéring dan mati. Walaupun bunga tulip dapat tumbuh déngan baik di témpat yang séjuk, bukan bérarti tulip bisa hidup déngan baik di témpat yang basah.

Ya, bunga tulip ini tak bisa tumbuh déngan baik di wilayah yang mémiliki curah hujan tinggi. Jadi usahakan untuk mémpérhatikan porsi pényiraman saat anda mélakukan pényiraman képada bunga tulip. Jangan sampai térlalu banyak sampai mémbuat bunga tulip téréndam air.

Agar dapat ménghasilkan bunga tulip bérkualitas, maka juga dipérlukan pérawatan yang ékstra. Pérawatan bunga tulip ini méliputi pényiraman, pémupukan, dan pémbérsihan dari hama sécara rutin. Pényiraman bisa dilakukan pada saat bunga kéring saja, sélébihnya bunga tulip tak mémérlukan pényiraman sécara rutin.

Pémupukan harus dilakukan sécara baik itu ménggunakan pupuk organik maupun anorganik. Hama yang biasanya ményérang tanaman ini adalah hama péngérat sépérti tikus. Oléh sébab itu lakukan pénanggulangan déngan cara mémbuat pérangkap ataupun déngan cara lainnya.


sumber : jokowarino

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel