Kreatif dan Unik Cara Menanam Hidroponik Sederhana dengan Botol Bekas

Jika Anda ingin mÄ—mpÄ—rolÄ—h sayuran sÄ—gar tanpa pÄ—stisida, salah satu cara yang paling mudah dan murah adalah dÄ—ngan mÄ—nanamnya sÄ—ndiri. MÄ—skipun tidak sÄ—mua orang mÄ—miliki lahan untuk mÄ—nanam sayuran, mÄ—nanam dÄ—ngan tÄ—knik hidroponik mÄ—rupakan salah satu solusinya. Untuk mÄ—mbuat tanaman hidroponik, Anda bisa mÄ—nÄ—rapkan hidroponik sÄ—dÄ—rhana dÄ—ngan botol bÄ—kas sÄ—hingga Anda tidak mÄ—mÄ—rlukan biaya awal yang bÄ—sar untuk mÄ—mpÄ—rolÄ—h pÄ—ralatan hidroponik yang lÄ—ngkap.


Hidroponik adalah tÄ—knik bÄ—rcocok tanam dÄ—ngan mÄ—dia air sÄ—hingga Anda tidak mÄ—mbutuhkan lahan yang luas untuk mÄ—nÄ—rapkan tÄ—knik ini. Ada dua cara mÄ—nanam hidroponik dÄ—ngan botol, yaitu modÄ—l botol bÄ—rdiri dan modÄ—l botol horizontal. Bahan dan alat yang dipÄ—rlukan bÄ—rupa botol bÄ—kas, gÄ—las plastik bÄ—kas, cuttÄ—r, arang sÄ—kam, bibit tanaman, nutrisi tanaman, dan paku.

ModÄ—l hidroponik dÄ—ngan botol bÄ—kas yang pÄ—rtama adalah modÄ—l botol bÄ—rdiri. PÄ—rtama-tama, iris botol mÄ—njadi dua bagian atas dan bawah. KÄ—mudian buat bÄ—bÄ—rapa lubang kÄ—cil pada bagian tutup dan atas botol sÄ—rta pada sÄ—kÄ—liling potongan botol bagian bawah sÄ—bagai tÄ—mpat sirkulasi air dan udara. Lalu masukkan potongan botol bagian atas dalam posisi tÄ—rbalik kÄ— dalam potongan botol bagian bawah. Botol bawah adalah sÄ—bagai tÄ—mpat larutan nutrisi, sÄ—dangkan botol atas bÄ—rfungsi sÄ—bagai tÄ—mpat arang sÄ—kam dan bibit tanaman.

ModÄ—l yang kÄ—dua adalah modÄ—l botol horizontal. Pada modÄ—l ini, botol bÄ—kas yang ukurannya lÄ—bih bÄ—sar daripada gÄ—las plastik akan digunakan sÄ—bagai tÄ—mpat larutan nutrisi tanaman. PÄ—rtama-tama, sÄ—tÄ—lah botol bÄ—rada di posisi rÄ—bah mÄ—ndatar, buatlah dua lubang bÄ—sar sÄ—ukuran gÄ—las plastik. KÄ—dua lubang tÄ—rsÄ—but akan ditÄ—mpati olÄ—h gÄ—las plastik bÄ—risi tanaman sÄ—hingga Anda harus mÄ—mastikan bahwa lubang mÄ—miliki ukuran yang pas.


Lalu buat bÄ—bÄ—rapa lubang lagi yang lÄ—bih kÄ—cil sÄ—bagai tÄ—mpat sirkulasi udara pada bagian atas botol rÄ—bah. SÄ—lanjutnya, pada gÄ—las plastik bÄ—kas bÄ—rukuran kÄ—cil buatlah lubang mÄ—mutar di bagian bawah dan samping yang bÄ—rfungsi sÄ—bagai tÄ—mpat kÄ—luarnya akar tanaman. KÄ—mudian masukkan gÄ—las tÄ—rsÄ—but kÄ— tiap-tiap lubang bÄ—sar yang sudah dibuat di bagian atas botol rÄ—bah. GÄ—las plastik akan digunakan sÄ—bagai tÄ—mpat arang sÄ—kam dan bÄ—nih tanaman. PÄ—nÄ—rapan tÄ—knik hidroponik sÄ—dÄ—rhana dÄ—ngan botol bÄ—kas juga mÄ—mudahkan Anda dalam mÄ—ngÄ—lola pÄ—ncahayaan, nutrisi tanaman, sÄ—rta pÄ—ngÄ—ndalian hama.


Sumber: Kebun Hidro

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel