Cara Merangsang Pembuahan Pada Tanaman Cabai

Cara mempercepat agar tanaman cabai cepat berbuah atau merangsang pembuahan pada tanaman cabai sebenarnya telah banyak dilakukan oleh para petani. 

Hal yang terpenting supaya tanaman cabai cepat berbuah dan buahnya lebat ialah fase-fase pemupukan. Dalam pemupukan Sahabat Inspirasi Berkebun harus memperhatikan kandungan-kandungan pupuk yang digunakan untuk memupuk tanaman cabai. 

Pada tulisan kali ini kami akan sedikit membahas bagaimana cara merangsang pembuahan pada tanaman cabai. Langsung saja Sahabat Inspirasi Berkebun perhatikan berikut ini ialah fase pemupukan tanmana cabai agar mempercepat pembuahan.
Cara Merangsang Pembuahan Pada Tanaman Cabai
Pertama jangan terlalu banyak memberi pupuk pada tanaman cabai yang mengandung unsur Nitrogen (N), pada saat tanaman cabai sedang mulai belajar untuk berbunga, maka pemberian pupuk yang mengandung unsur Nitrogen (N) harus mulai dikurangi, akan tetapi itu juga harus secara bertahap, jangan secara mendadak. 

Nitrogen (N) hanya membuat tanaman cabai Sahabat Inspirasi Berkebun rajin berdaun saja dan malas berbuah. Pada tanaman cabai, pada biasanya kami mulai menurunkan kadar Nitrogen (n) pada usia tanaman cabai 5 minggu hingga 6 minggu setelah masa tanam, karena pada usia tersebut tanaman cabai telah mulai berbunga.

Kedua perbanyak unsur Fosfor (P), apabila Nitrogen (N) perlu dikurangi, pada fase pembentukan bunga dan buah, ini kita perlu menggenjot asupan fosfor (P). Fosfor sangat penting untuk pembentukan buah cabai, karena unsur Fosfor (P) berperan membawa air ke sel-sel sehingga buah bisa berkembang. 

Fosfor (P) juga penting untuk proses fotosintesis, respirasi dan sintesa protein. Kekurangan unsur fosfor (P) sering kali terjadi, karena pola pemupukan yang kita lakukan tidak begitu benar, baik pada saat olah lahan (pupuk dasar) dan terutama sekali pada saat pemupukan susulan (pengocoran) secara rutin. Tanaman cabai yang kekurangan unsur fosfor (P) biasanya akan mempunyai daun yang kecil-kecil, seperti mengkerut, kaku dan berwarna hijau gelap tidak sedap.

Ketiga perbanyak Potassium atau Kalium (K), selain Fosfor (P), unsur lainnya yang dominan dalam pembentukan buah cabai ialah Potassium atau dikenal juga Kalium (K). Tanaman cabai termasuk cukup rakus untuk melahap Kalium (K) terutama pada saat buah cabai sedang mulai membesar. 

Gejala defisiensi atau kekurangan hara Kalium (K) dimulai pada daun yang lebih tua dan melaju ke daun muda. Daun akan seperti terbakar pada bagian tepinya disertai mengelinting, kurangnya kalium (K) bisa menyebabkan kematangan yang tidak merata pada buah cabai. Pertumbuhan tanaman cabai juga terhambat dan produksi buah kurang.

Keempat berikan rangsangan hormone atau Zat Pengatur Tumbuh (ZPT), ada ratusan hormon atau zat pengatur tumbuh (ZPT) untuk tumbuhan, baik yang dihasilkan secara alami oleh tumbuhan sendiri maupun yang dihasilkan oleh organisme non-tumbuhan atau yang dibuat secara sintetis oleh manusia. 

Beberapa dari hormon tersebut ada yang berperan mendorong produksi bunga dan buah, misalnya saja giberelin.
Cara Merangsang Pembuahan Pada Tanaman Cabai
Kelima berikan mikroba penyubur. Di alam terdapat berbagai jenis mikroorganisme penyubur tanah, seperti Rhizobium, Azotobacter sp., Bacillus, Penicillium dan lain-lainnya. Mahluk-mahluk super kecil tersebut menyuburkan tanah dengan cara mengaktifkan potensi-potensi mineral tanah yang tersembunyi dan tidak berfungsi. 

Mereka bekerja dengan caranya sendiri dan hebatnya dapat mengembalikan kondisi tanah dalam waktu yang relatif singkat.

Mempelajari hal tersebut diatas, maka hendaklah Sahabat Inspirasi Berkebun lebih teliti lagi dalam memilih pupuk untuk tanaman cabai, lihatlah kandungan yang terdapat di dalam pupuk yang Sahabat Inspirasi Berkebun beli sebelum melakukan memupukan dan apa yang sedang diperlukan oleh tanaman cabai.

Demikian tulisan kami mengenai bagaimana cara merangsang pembuahan pada tanaman cabai. Semoga tulisan ini dapat membantu dan menginspirasi Sahabat Inspirasi Berkebun dalam berbudidaya tanaman cabai. Silahkan bagikan tulisan ini ke halaman facebook Sahabat Inspirasi Berkebun untuk menyimpan tulisan ini.

Sumber: nusa tani. com/ 2015/ 03/ merangsang- pembuahan- pada- cabai .html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel