Cara Membuat Perangkap Untuk Lalat Buah

Lalat buah ialah salah satu jenis hama tanaman yang sangat di benci oleh para petani, hama lalat buah bisa merusak tanaman seperti buah, sayuran dan lain sebagainya dengan cara bertelur pada bagian dalam buah dan sayuran, maka akibatnnya tanaman buah dan tanaman sayuran yang di teluri lalat buah akan membusuk, karena di makan oleh larva dari lalat buah tersebut. 

Jenis lalat buah yang kerap sekali meyeranag tanaman buah dan tanaman sayuran pada ukuran dewasa, berukuran sedang dan memiliki warna kuning pada sayapnnya dan bagian ujung sayapnnya ada bercak-bercak coklat kekuningan.

Beberapa petani sering sekali menayakan bagaimana cara pengendalian lalat buah supaya lalat buah tidak meneyerang tanaman milik Sahabat Inspirasi Berkebun, sebenarnya cukup banyak sekali metode penaggulangan lalat buah, akan tetapi beberapa metode tersebut pada umumnnya mengunakan perlakuan kimia yang di semprotkan pada tanaman yang terserang hama lalat buah, yang tentunya akan mengakibatkan tanaman yang di semprot mengunakan larutan kimia tersebut akan menjadi tidak sehat lagi.

Pada tulisan kali ini Kami akan menjelaskan bagaimana cara pembuatan perangkap untuk lalat buah yang bisa Sahabat Inspirasi Berkebun praktekkan secara langsung. Proses ini masih mengunakan tambahan larutan kimia, akan tetapi tidak di semprotkan pada tanaman milik Sahabat Inspirasi Berkebun melainkan digunakan sebagai perangkap yang nantinnya lalat buah akan menempel pada bahan tersebut.

Bahan dan Alat yang dibutuhkan
Botol air mineral bekas
Sabun cair
Tetes metil
Air
Bor
Mata bor

Cara Pembuatan Perangkap Lalat Buah
Hal pertama yang harus Sahabat Inspirasi Berkebun lakukan ialah menyiapkan botol air mineral, kemudian buat dua lubang pada bagian bawah tutup botol dengan mengunakan mata bor dengan ukuran diameter 6 mm, kemudian isi air yang sudah di campuri sabun sebelumnnya kedalam botol lebih kurang 1/5 dari kapasitas botol tersebut dan berikan 5 tetes metil eugenol campuran tersebut kemudian di kocok hingga merata.
Cara Membuat Perangkap Lalat Buah
Gantung botol air mineral yang sudah jadi tersebut dengan mengunakan tali pada setiap daerah yang di hingapi lalat buah, lalat buah akan masuk ke perangkap, pada saat lalat buah telah masuk kedalam lubang tadi lalat buah akan cepat terhisap akibat cairan air sabun, karena cairan air sabun memiliki sifat menurunkan teganag permukaan air sehingga lalat buah yang terhisap akan menempel lebih merata dan tidak akan bisa lepas lagi dari perangkat.

Untuk Sahabat Inspirasi Berkebun petani jeruk, petani cabe, petani bawang dan petani lainnya yang memiliki masalah dengan lalat bauh, silahkan untuk menerapkan cara ini. 

Demikian tulisan kami mengenai bagaimana cara membuat perangkap untuk lalat buah. Semoga tulisan ini dapat membantu Sahabat Inspirasi Berkebun untuk mengatasi hama lalat buah pada tanaman milik Sahabat Inspirasi Berkebun. Silahkan bagikan kiriman ini ke halaman facebook Sahabat Inspirasi Berkebun untuk menyimpan tulisan ini.

Sumber: inspirasipertanian. com/2017 /05/perangkap- lalat- buah.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel