Cara Membooster Pohon Kelengkeng Supaya Cepat Berbuah Lebat

Pohon kelengkeng adalah salah satu tanaman buah yang cukup digemari di kalangan masyarakat untuk di jadikan tanaman buah di pekarangan rumah ataupun di tabulampot. Masalah dari budidaya pohon kelengkeng ini pada umumnya pohon kelengkeng susah untuk berbuah atau hanya berbuah sedikit. 

Pada tulisan kali ini kami akan memabahas bagaimana cara membooster pohon kelengkeng supaya cepat berbuah lebat. Langsung saja Sahabat Inspirasi Berkebun mengikuti langkah-langkah yang kami bagikan dibawah ini agar pohon kelengkeng milik Sahabat Inspirasi Berkebun dapat bisa berbuah lebat.
 Cara Membooster Pohon Kelengkeng Supaya Cepat Berbuah Lebat
Cara Membooster Pohon Kelengkeng
Pertama pastikan pohon kelengkeng milik Sahabat Inspirasi Berkebun yang akan dilakukan booster dalam keadaan yang sehat dan pucuk daun kelengkeng dalam kondisi setengah tua atua berwarna hijau muda serta tidak terhalang oleh sinar matahari secara langsung.

Kedua kerok kulit ari batang pokok pohon kelengkeng dan cabang-cabang primer pohon kelengkeng dengan menggunakan sebilah bambu. Cukup dengan kelupas bagian kulit yang tipis berwarna kecoklatan dan jangan sampai melukai batang pohon kelengkeng.

Ketiga campurkan satu paket pupuk booster dengan empat liter air bersih, kemudian aduk-aduk sampai pupuk booster melarut semuanya dengan air. Setelah itu celupkan lap kain yang bersih kedalam larutan pupuk booster. Gunakan celupan lap kain untuk mengelap batang pokok pohon kelengkeng dan cabang primer pohon kelengkeng hingga basah secara merata. Apabila perlu ulangi perlakuan diatas hingga dua kali.

Keempat larutan pupuk booster yang masih tersisa, siramkan pupuk tersebut ke sekitar pangkal batang pohon kelengkeng, agar pemboosteran semakin bagus.

Dengan perlakuan seperti diatas, apabila dilakukan secara benar biasanya bakal calon bunga buah kelengkeng akan keluar sekitar kurang lebih tiga minggu setelah pengaplikasian pupuk booster ini. 

Apabila bakal calon bunga buah kelengkeng belum juga muncul, tunggu hingga maksimal sampai dua bulan. Apabila lebih dari dua bulan bakal calon bunga pohon buah kelengkeng belum juga keluar dan justru muncul tunas daunnya saja maka proses pengaplikasian pupuk booster dianggap gagal. 
 Cara Membooster Pohon Kelengkeng
Apabila hal tersebut terjadi, amati pohon kelengkeng milik Sahabat Inspirasi Berkebun. Jika ternyata pohon kelengkeng tampak sehat ulangi lagi langkah-langkah pemboosteran pohon kelengkeng dari awal.

Penyebab Kegagalan Pemboosteran Pohon Kelengkeng 
Pertama kondisi pucuk daun kelengkeng yang tidak pas, mungkin daun kelengkeng terlalu tua atau daun kelengkeng terlalu muda. Pada idealnya kondisi pucuk daun kelengkeng pada saat pemboosteran ialah setengah tua.

Kedua pohon kelengkeng tidak memperoleh sinar matahari yang cukup secara langsung, sehingga menyebabkan proses fotosintesis pada pohon kelengekeng tidak sempurna. Maka akibatnya nutrisi yang ada tidak dapat diolah secara maksimal. Perhatikan sekeliling pohon kelengkeng Sahabat Inspirasi Berkebun, apakah ada pohon lain atau bangunan yang menghalangi matahari menyinari pohon kelengkeng secara langsung milik Sahabat Inspirasi Berkebun. 

Ketiga takaran larutan pupuk booster yang kurang pas. Pada idealnya satu paket pupuk booster diaplikasikan pada pohon kelengkeng dengan lingkar batang maksimal mencapai 12 cm. Belum ada empat jam pengaplikasian pupuk booster namun telah disiram air atau turun air hujan. Maka akibatnya nutirisi akan hilang dan larut terbawa oleh air sebelum sempat diserap secara maksimal oleh pohon kelengkeng.

Terakhir beberapa jenis pohon kelengkeng memerlukan modifikasi larutan booster. Contohnya untuk jenis pohon kelengkeng Diamond River tidak membutuhkan unsur KNO3 yang biasanya berbentuk serbuk, gunakan dua botol yang cair saja atau bisa juga KNO3 diganti dengan NPK 16.

Demikian tulisan kami mengenai bagimana cara membooster pohon kelengkeng supaya cepat berbuah lebat. Semoga tulisan ini dapat membantu Sahabat Inspirasi Berkebun dalam melebatkan pohon kelengkeng milik Sahabat Inspirasi Berkebun. Silahkan bagikan tulisan ini ke halaman facebook Sahabat Inspirasi Berkebun untuk menyimpan tulisan ini.

Sumber: lintang sore. com/ 2016/ 05/ mengatasi- pohon- kelengkeng- yang- sulit. html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel