Cara Mengatasi Pohon Kelengkeng yang Sulit Berbuah

Pohon kelengkeng merupakan salah satu tanaman buah yang cukup banyak dibudidayakan. Selain buah kelengkeng yang manis dan lezat, tanaman kelengkeng juga rimbun daun dan percabangannya yang rindang bisa berfungsi untuk peneduh di halaman rumah. 

Namun terkedang ada tanaman kelengkeng yang telah berumur tahunan hanya tumbuh subur saja tanpa menghasilkan buah atau berbuah hanya sedikit. Mungkin Sahabat Inspirasi Berkebun ada yang mengalami hal diatas, Sahabat Inspirasi Berkebun tidak perlu khawatir kami akan sedikit membahasnya.

Pada tulisan kali ini kami akan sedikit membahas bagaimana cara mengatasi pohon kelengkeng yang sulit berbuah. Langsung saja Sahabat Inspirasi Berkebun membaca dan mengikuti berbagi tips dan trik supaya pohon kelengkeng Sahabat Inspirasi Berkebun bisa cepat berbuah dan berbuah lebat.
Cara Mengatasi Pohon Kelengkeng yang Sulit Berbuah
Penyebab Pohon Kelengkeng Tidak Berbuah
Langkah awal dalam berbudidaya kelengkeng Sahabat Inspirasi Berkebun perlu mengenali dulu penyebab pohon kelengkeng Sahabat Inspirasi Berkebun tidak mau berbuah, biar nanti Sahabat Inspirasi Berkebun dapat mengaplikasikan cara yang tepat untuk mengatasi tanaman buah kelengkeng yang sulit berbuah tersebut.

Ada cukup banyak faktor yang mempengaruhi kenapa pohon kelengkeng yang biasa Sahabat Inspirasi Berkebun tanam sebagai tanaman penyejuk pekarangan rumah ataupun Sahabat Inspirasi Berkebun budidayakan khusus di kebun sulit untuk berbuah.

Faktor-faktor yang mempengaruhi pohon kelengkeng berbuah ada beberapa hal penting, antara lain seperti lokasi dan ketinggian tempat penanaman pohon kelengkeng, kesuburan tanah dan asal bibit pohon lengkeng itu sendiri. 

Apabila Sahabat Inspirasi Berkebun tinggal di dataran tinggi namun menanam pohon kelengkeng jenis dataran rendah, tentu pohon kelengkeng akan sangat susah untuk berbuah walaupun telah berumur puluhan tahun. Sebaliknya, apabila Sahabat Inspirasi Berkebun berada di dataran rendah dan menanam jenis pohon kelengkeng untuk dataran tinggi mungkin akan dapat berbuah, namun hasilnya tidak akan maksimal. Dapat jadi pohon kelengkeng Sahabat Inspirasi Berkebun akan berbuah namun hanya satu tangkai atau dua tangkai saja. 

Pohon kelengkeng susah untuk berbuah di karenakan tanaman pohon kelengkeng termasuk salah jenis tanaman buah yang cukup peka dengan iklim, dimana kasus yang sering terjadi ialah pohon kelengkeng tidak mau berbunga dikarenakan kelembaban dan suhu yang tidak sesuai dengan kebutuhan pohon kelengkeng.
Cara Mengatasi Pohon Kelengkeng yang Sulit Berbuah
Untuk membedakan pohon kelengkeng, secara mudahnya ada dua jenis pohon kelengkeng yaitu pohon kelengkeng dataran rendah dan pohon kelengkeng dataran tinggi.

Pada umumnya pohon kelengekeng dataran tinggi bisa berbuah secara alami namun agak sulit. Pembuahan kelompok pohon kelengkeng jenis ini biasanya dipacu dengan perlakuan aplikasi pupuk dan hormon. Tindakan menambahkan pupuk dan hormon tersebut menyebabkan pembuahan pohon kelengkeng dapat diatur waktunya. 

Untuk jenis pohon kelengekeng dataran rendah pada umumnya dapat berbuah sendiri secara alami, tanpa diberikan perlakuan khusus. Budidaya pohon kelengekeng yang paling terkenal dan banyak dibudidayakan dari jenis lengkeng dataran rendah ini ialan jenis kelengkeng pingpong dan jenis kelengkeng diamond river.

Demikian tulisan sederhana kami mengenai bagaimana cara mengatasi pohon kelengkeng yang sulit berbuah. Semoga tulisan ini dapat membantu Sahabat Inspirasi Berkebun dalam berbudidaya kelengkeng dalam tahap awal yaitu pemilihan bibit. Silahkan bagikan tulisan ini ke halaman facebook Sahabat Inspirasi Berkebun untuk menyimpan tulisan ini.

Sumber: lintang sore. com/ 2016/ 05/ mengatasi- pohon- kelengkeng- yang- sulit. html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel