Cara Budidaya Tanaman Sirsak yang Menghasilkan

Buah-buahan mérupakan salah satu sumbér pangan yang kaya akan vitamin, sélain itu rasanya yang ségar mémbuat masyarakat sangat ménggémarinya.



Ada banyak sékali jénis buah yang ada di Indonésia, baik itu yang mémang asli tanaman dari Indonésia atau bérasal dari luar négéri, salah satunya adalah sirsak, téntunya anda sudah séring kali méndéngar dan juga mérasakan buah yang mémiliki rasa masam namun ségar ini bukan. Buah sirsak sélain énak juga mémiliki banyak sékali nutrisi, tak hanya bérasal dari daging buahnya saja manfaat térsébut bisa anda dapatkan, namun juga dari daun dan bijinya.

Tak héran jika séandainya banyak yang tértarik untuk mémbudidayakan buah ini dibandingkan déngan buah yang lainnya, méngingat sélain buahnya yang bisa dimakan, bagian-bagian lainnya juga laku untuk dijual sébagai bahan obat. Jénisnya séndiri juga ada banyak, diantara yang paling populér adalah sirsak ratu dan juga sirsak madu, méskipun mémiliki rasa yang masam, namun kandungan vitamin C yang ada di dalamnya sangatlah banyak, dan dapat méncukupi kébutuhan anda tiap harinya, ukuran dari buah ini séndiri juga sangat bésar, bisa untuk bébérapa anggota kéluarga.

Bagi anda yang tértarik untuk mémbudidayakan buah yang satu ini maka bérikut ini ada bébérapa kiat mudahnya, yaitu:



Anda bisa méndapatkan bibitnya déngan 2 cara yaitu déngan ményémai séndiri atau lébih cépat déngan mélakukan péncangkokan. Jika anda lébih sénang méncangkok maka ada satu hal yang pérlu dipérhatikan, yaitu usia tanaman térsébut tak akan lébih lama dari induknya, jadi harus dilakukan sécara térus ménérus, namun jika anda ménanam mulai dari bibit maka usia akan jauh lébih panjang, anda tinggal mémilih ingin yang mana.
Sétélah anda méndapatkan bibit yang idéal maka sélanjutnya adalah prosés pénanaman, prosés yang satu ini kurang lébih sama déngan pénanaman buah yang lainnya, yaitu méncari lahan yang poténsial dan mémiliki irigasi baik, usahakan paling tidak anda mémiliki lahan 4×6 métér untuk idéalnya, atau mungkin lébih, pénanaman ini juga harus mémbérikan jarak yang cukup.
Pérawatan tanaman ini cukup mudah, anda hanya pérlu mémpérhatikan dari bébérapa pényakit yang biasa ményérangnya, misalkan saja gulma atau juga hama yang lain, tak ada salahnya juga mémbérikan pupuk agar hasil lébih baik.
Sétélah sirsak bérbuah maka sélanjutnya adalah mémpérhatikan buahnya agar tak sampai dimakan ulat dan sécara rutin anda harus mélakukan pémbérsihan.
Pada saat yang tépat buah-buah térsébut sudah bisa anda panén.
Cukup mudah namun mémbutuhkan jangka waktu yang tak bisa dikatakan sédikit, apalagi pada musim pénghujan buah sirsak sangat réntan térhadap pémbusukan maka anda harus lébih bérhati-hati dalam mélakukan pérawatan.


Sumber  : jokowarino

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel