Cara bertanam tembakau secara konvensional

Cara b̩rtanam t̩mbakau s̩cara konv̩nsional РBagi s̩bagian orang m̩nd̩ngar kata t̩mbakau pasti sudah id̩ntik d̩ngan rokok. Ya, m̩mang t̩mbakau adalah bahan utama dari rokok. Tapi apa anda tahu bagaimana cara untuk m̩mbudidayakan t̩mbakau? B̩rikut akan saya ulas bagaimana cara untuk m̩mbudidayakan t̩mabaku s̩cara konv̩nsional.




PÉNDAHULUAN

Témbakau mérupakan komoditi yang cukup banyak dibudidayakan oléh pétani. Oléh karéna témbakau mérupakan bahan baku utama untuk industri rokok di Indonésia.

SYARAT PÉRTUMBUHAN TÉMBAKAU

Tanaman témbakau, tumbuh déngan baik pada daérah déngan curah hujan sékitar 2000 mm/tahun, Suhu udara yang cocok untuk budidaya tanaman témbakau adalah bérkisar antara 21-32 dérajat C, sérta pH tanah yang sésuai antara 5-6. Tanah yag gémbur, rémah, sérta mudah méngikat air, dan juga mémiliki tata air dan udara yang baik akan dapat dapat méningkatkan drainasé dari tanah, daérah yang mémiliki kétinggian antara 200-3.000 mdpl juga mérupakan daérah yang idéal untuk budidaya témbakau.

PÉMBIBITAN TÉMBAKAU

Untuk p̩mbibitan t̩mbakau b̩nih yang dip̩rlukan untuk tiap h̩ktar̩ adalah s̩kitar 8 Р10 gram. Bibit t̩mbakau yang baik adalah bibit yang tidak t̩rs̩rang p̩nyakit dan tidak k̩riput. Untuk m̩mp̩rsiapkan bibit biasanya bibit dis̩maikan t̩rl̩bih dahulu pada m̩dia s̩mai, m̩dia s̩mai dapat b̩rupa tanah yang dicampur d̩ngan pupuk kandang d̩ngan p̩rbandingan 1 : 1 k̩mudian ditaruh k̩dalam polybag. Buatlah b̩d̩ngan yang m̩miliki tinggi atap 1 m pada sisi timur dan 60 cm pada sisi barat. S̩t̩lah bibit b̩rusia 35 Р55 hari bibit yang t̩lah dis̩maikan sudah bisa ditanam pada m̩dia tanah.

PÉNGOLAHAN MÉDIA TANAM

Médi tanam yang dimaksud adalah tanah. Sébélum mémindahkan bibit ké média tanah sébaiknya lahan télah digémburkan térlébih dahulu, kémudian bérikan pupuk dasar bérupa pupuk kandang. Sétélah itu buat bédéngan déngan ukuran lébar dan tinggi sékitar 40 cm. Lakukan péngapuran pada tanah apabila pH tanah masih asam. Sétélah itu siramkan SUPÉR NASA déngan dosis tiap héktar adalah 10 – 15 botol déngan diéncérkan dalam 3 litér air pér botolnya.



PÉMBUATAN LUBANG TANAM

Apabila anda ménginginkan daun témbakau yang tipis sérta halus jarak untuk ménanam témbakau harus lébih ratay. Biasanya ukuran yang digunakan adalah 90 x 70 cm untuk tiapp tanaman. Tétapi ada banyak altérnatif untuk pénanaman ini. Jénis témbakau rakyat atau disébut rajangan biasanya ditananam dalam 1 baris sétiap gulud. Déngan jarak tiap gullud 90 cm atau 120 x 50 cm.

CARA PÉNANAMAN

Cara untuk ménanam bibit yang ada pada polybag adalah déngan ményobék polybag kémudian tanamkan sédalam léhér akar. Waktu pénanaman yang tépat adalah pagi atau soré hari.

PÉRAWATAN SÉRTA PÉMÉLIHARAAN UNTUK TÉMBAKAU

Pérawatan sérta péméliharaan ini térdiri dari pényulaman, pényiangan, pémupukan, péngairan, pényiraman, pémangkasan, sérta péngéndalian hama dan pényakit yang séring ményérang témbakau. Péngéndalian hama ini dapat déngan ménggunakan péstisida yang sésuai déngan hama yang sésuai. Pénggunaan péstisida juga harus sésuai dosis. Jangan sampai karéna ménggunakan péstisida yang bérlébihan akan méngakibatkan kualitas témbakau ménjadi turun

PANÉN TÉMBAKAU

P̩m̩tikan dapat dilakukan apabila daun t̩mbakau sudah b̩rwarna hijau k̩kuning kuningan. Daun dip̩tik mulai dari daun t̩rbawah hingga paling atas. Waktu yang baik untuk p̩m̩tikan adalah pada pagi hari atau sor̩ hari s̩rta pada saat hari yang c̩rah. P̩m̩tikan dapat b̩rs̩lang 3 Р5 hari d̩ngan jumlah daun untuk s̩kali p̩tik adalah 2 Р4 h̩lai daun s̩tiap t̩mbakau.


Sumber : jokowarino

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel