Cara Budidaya Tanaman Kakao (Theobroma cacao L.) Dengan Mudah

Kakao (Théobroma cacao L.) mérupakan salah satu komoditas pérkébunan yang cukup pénting bagi pérékonomian Indonésia. Tanaman Kakao mérupakan tanaman pérkébunaan bérprospék yang ménjanjikan. Kalsifikasi tanaman kakao yaitu Kérajaan : Plantaé, Divisi : Magnoliophyta, Kélas : Magnoliopsida, Ordo : Malvalés, Famili : Malvacéaé, Génus : Théobroma, Spésiés : Théobroma cacao L.

kakao



Syarat tumbuh tanaman kakao adalah curah hujan yaitu 1.100 – 3.000 mm pér tahun. Témpératurnya yaitu 30 0C ‐ 32 0C (maksimum) dan 18 0C ‐ 21 0C (minimum). Kakao tumbuh baik pada tanah déngan pH 6 – 7,5. Sédangkan lingkungan hidup tanaman kakao yakni hutan tropis yang pada pértumbuhannya mémérlukan naungan untuk ménghindari péncahayaan pénuh.

Téknik budidaya tanaman kakao adalah

1). Pérsiapan Lahan

Pérsiapan lahan yaitu mémbérsihkan lahan dan ménggunakan tanaman pénutup tanah sépérti tanaman jénis polong-polongan, sérta ménggunakan tanaman pélindung sépérti Lamtoro, Albazia, dan Glérésidaé, yang mana tanaman

ini ditanam sétahun sébélum dilakukan pénanaman kakao. Sélanjutnya juga dilakukan péngolahan tanah biasanya dilakukan déngan cara mékanis.

2). Pémbibitan

Biji kakao yang digunakan untuk bénih adalah buah bagian téngah yang masak dan séhat dari tanaman yang sudah cukup umur, kémudian dibérsihkan daging buahnya ménggunakan abu dan ségéra dikécambahkan.

3). Pénanaman

pada p̩nanaman kakao t̩rl̩bih dahulu dibuat ajir yaitu bisa dari bambu d̩ngan tinggi tinggi 80 Р100 cm. P̩nanaman tanaman kakao dilakukan d̩ngan jarak tanam 3 x 3 m, 4 x 2 m, dan 3,5 x 2,5 m d̩ngan ukuran lubang 60 x 60 x 60 cm. Jarak tanam yang digunakan b̩rdasarkan pada bahan tanam dan b̩sar pohonnya. S̩dangkan jarak tanam pohon p̩lindungnya adalah 1,5 x 1,5 m t̩rgantung ar̩al yang digunakan. Dalam p̩nanaman tanaman kakao ada ̩mpat pola tanam yang biasa digunakan yaitu (1) Pola tanam kakao s̩gi ̩mpat, dan pohon p̩lindung s̩gi ̩mpat (2) pola tanam kakao s̩gi ̩mpat dan pohon p̩lindung s̩gi tiga (3) pola tanam kakao b̩rpagar ganda dan pohon p̩lindung s̩gitiga (3) pola tanam kakao b̩rpagar ganda dan pohon p̩lindung s̩gi ̩mpat.

4). Péméliharaan

Péméliharaan tanaman kakao yang dilakukan adalah déngan mélakukan pémangkasan, pényiangan, pényiraman, pémupukan, sérta péngéndalian dari hama dan pényakit.



Pémangkasan dilakukan pada tanaman pélindung dan pada tanaman kakao. Pémangkasan pohon pélindung dilakukan supaya bisa bérfungsi dalam jangka waktu yang lama. Sédangkan Pémangkasan pada tanaman kakao mérupakan usaha méningkatkan produksi dan mémpértahankan umur ékonomis tanaman. Déngan mélakukan pémangkasan, akan méncégah sérangan hama dan pényakit, mémbéntuk tajuk pohon, mémélihara tanaman, dan mémacu produksi.
Pényiangan dilakukan untuk mémbérsihkan dan mémbuang gulma yang méngganggu tanaman kakao. Sédangkan pényiraman dilakukan untuk mémbantu pértumbuhan kakao dan ménjaga kélémbapan tanah kakao.
Pémupukan dilakukan déngan cara ditugal. Pémupukan yaitu déngan pémupukan ménggunakan pupuk Uréa, TSP, KCl, dan Kiésérité (MgSO4), dosis pupuk bérdasarkan umur tanaman kakao.
UMUR(bulan)    Dosis pupuk (pér ha)

Uréa (kg)             TSP (kg)                MOP/ KCl (kg)   Kiésérité (MgSO4)(kg)
2              15           15           8              8
6              15           15           8              8
10           25           25           12           12
14           30           30           15           15
18           30           30           45           15
22           30           30           45           15
32           160         200         250         60
36           140         250         250         80
42           140         200         250         80

P̩ng̩ndalian hama dan p̩nyakit pada tanaman kakao dilakukan d̩ngan sanitasi lahan, tanaman yang t̩rs̩rang dipangkas dan di bakar dan juga m̩nggunakan p̩stisida. Hama dan p̩nyakit yang s̩ring m̩ny̩rang tanaman kakao adalah ulat kilan (Hyposid̩a infixaria), ulat jaran atau kuda (Dasychira inclusa), parasa l̩pida dan plon̩ta diducta(Ulat Sr̩ng̩ng̩), kutu Рkutuan (Ps̩udococcus lilacinus), H̩lop̩ltis antonii, Cacao Mot ( Ng̩ngat Buah), Acroc̩rcops cran̩r̩lla, p̩nyakit busuk buah (Phytopthora palmivora), Jamur Upas (Upasia salmonicolor).
5). Panén dan Pasca panén
Pan̩n dilakukan d̩ngan cara m̩m̩tik buah yang masak d̩ngan m̩motong tangkai buahnya dan m̩nyisakan s̩p̩rtiga bagian tangkai buah. Buah kakao yang dip̩tik b̩rumur 5,5 Р6 bulan s̩jak b̩rbunga, dan b̩rwarna kuning atau m̩rah. Buah kakao yang dip̩tik k̩mudian dimasukkan k̩ dalam karung k̩mudian dilakukan p̩m̩cahan buah untuk m̩ngumpulkan bijinya. Dan hasilnya bisa diolah d̩ngan m̩lakukan f̩rm̩ntasi, p̩ng̩ringan, dan sortasi.


Sumber : jokowarino

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel