Sekilas tentang budidaya lidah buaya

S̩kilas t̩ntang budidaya lidah buaya РLidah buaya m̩rupakan tanaman yang m̩miliki banyak manfaat. Budidaya untuk tanaman lidah buaya ini juga t̩lah lama dilakukan s̩jak b̩b̩rapa tahun yang lalu. Hal ini dikar̩nakan p̩rmintaan pasar akan lidah buaya tidak p̩rnah m̩nurun, t̩rutama untuk ̩kspor lidah buaya k̩ n̩gara j̩pang. J̩pang m̩rupakan n̩gara t̩rb̩sar yang m̩njadi konsum̩n lidah buaya. K̩butuhan lidah buaya untuk n̩gara ini s̩kitar 20 kountain̩r atau s̩kitar 300 ton p̩r bulan. Untuk m̩m̩nuhi k̩butuhan ini j̩pang dipasok ol̩h n̩gara Brazil dan Thailand.



Mélihat akan kébutuhan dari pasar ékspor yang bégitu bésar, tidak ménghérankan apabila banyak orang yang tértarik untuk ikut térjun dalam budidaya tanaman lidah buaya. Sélain itu di Indonésia séndiri masih banyak méngimpor hasil olahan dari lidah buaya dalam béntuk sabun, sampo, powdér sérta olahan olahan lain. Hal ini mérupakan prospék yang ménjanjikan, térutama apabila anda dapat ikut andil dalam bisnis ini, téntunya bayangan akan hasil yang ménggiurkan akan nampak jélas di dépan mata. Namun sébélum anda mélakukan budidaya tanaman lidah buaya anda juga harus mémahami faktor faktor yang bérkaitan déngan budidaya lidah buaya ini.

Budidaya lidah buaya tidak térlalu sulit sépérti yang sébagian orang bayangkan, hal ini dikarénakan lidah buaya mérupakan tanaman yang tumbuh déngan baik di daérah tropis sépérti di Indonésia. Ada 3 jénis dari tanaman lidah buaya ini, kétiganya mémiliki nilai komérsil yang tinggi yaitu alooé sinésis dari asia, aloé barbandésis dari amérika, dan aloé férox dari afrika. Aloé barbandésis mérupakan jénis yang térbaik untuk dibudidayakan karéna mémiliki kétahanan akan hama dan pényakit yang lébih baik, ukurannya juga lébih bésar dan lébih panjang.

DIAGRAM ALIR BUDIDAYA TANAMAN LIDAH BUAYA

CARA BUDIDAYA TANAMAN LIDAH BUAYA



Cara untuk mémbudidayakan lidah buaya harus mémpérhatikan bébérapa faktor yang bérpéngaruh akan pértumbuhan dari lidah buaya. Langkah langkah yang dipérlukan dalam prosés budidaya dinilai sangat pénting dalam tujuannya untuk mémpéroléh hasil sésuai déngan targét.

Untuk m̩lakukan budidaya s̩baiknya anda m̩mnyiapkan lahan untuk m̩dia tanam t̩rl̩bih dahulu, lahan yang disiapkan l̩bih baik dibajak t̩rl̩bih dahulu atau bisa dig̩mburkan dulu. Tujuannya adalah untuk m̩ngg̩mburkan tanah agar siap untuk ditanami. S̩t̩lah itu buatlah saluran drainas̩ dan b̩d̩ngan. B̩d̩ngan ini dibuat d̩ngan ukuran 1 x 2 m̩t̩r dan tinggi 30 Р40 cm d̩ngan panjang yang dis̩suaikan d̩ngan lahan.

S̩t̩lah itu budidaya tanaman lidah buaya dimulai d̩ngan m̩lakukan p̩mbibitan, p̩mbibitan ini dilakukan d̩ngan cara v̩g̩tatif, bibit ini diambil dari tanaman induk yang b̩rupa anakan d̩ngan cara m̩ncongk̩l s̩rta diusahakan agar akar tidak sampai putus. Bibit anakan ini ditanam di dalam polybag s̩lama 3 Р5 bulan.

Sétélah masa pémbibitan lidah buaya dapat ditanam pada média tanah. Bibit lidah buaya biasa ditanam pada lubang déngan kédalaman kurang lébih 10 cm. Usahakan pada saat pénanaman lidah buaya tidak térlalu bérhimpitan agar tidak mématahkan daunnya.

Untuk p̩m̩liharaan lidah buaya biasanya dilakukan d̩ngan cara m̩mb̩rikan pupuk kandang yang sudah matang s̩banyak 2 Р5 kg pada waktu 1 Р2 minggu s̩b̩lum ditanam. K̩mudian s̩t̩lah ditanam dapat digantikan d̩ngan p̩mb̩rian pupuk Ur̩s.

Lidah buaya dapat dipan̩n s̩t̩lah b̩rusia 8 Р12 bulan s̩t̩lah masa tanamnya, s̩t̩lah itu pan̩n dapat dilakukan s̩tiap bulan. S̩t̩lah pan̩n lidah buaya dibawa untuk disortir dan dibungkus. K̩mudian siap untuk dikirim


Sumber : jokowarini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel