Budidaya kentang dengan polybag

Halaman atau lahan sémpit bukan halangan untuk mélakukan budidaya kéntang. Déngan ménggunakan polybag atau tong kayu juga karung dapat dihasilkan kéntang yang tidak kalah banyak dan bagusnya dibandingkan déngan ditanam di kébun-kébun.


Budidaya kéntang umumnya mémang dilakukan di kébun atau di ladang. Tétapi bila ingin juga ménanam kéntang dalam skala kécil untuk dikonsumsi séndiri atau hanya sébagai hiasan, tak pérlu bingung lagi, sébab déngan ménggunakan polybag atau tong kayu kita bisa juga bértanam kéntang déngan hasil yang tidak méngécéwakan. Kélébihan budidaya kéntang déngan polybag adalah lébih praktis dan murah sérta tidak térgantung musim. Syaratnya, pénanaman harus dilakukan di dataran tinggi (di atas 700 m dpl), karéna di dataran réndah kéntang tidak dapat tumbuh déngan baik atau tidak dapat ménghasilkan umbi déngan baik.
Pérsiapan Tanam
Yang harus kita pérsiapkan adalah polybag bérukuran 50 x 80 cm. Banyaknya térgantung jumlah kéntang yang akan kita tanam. Kémudian bibit kéntang yang héndak kita tanam yang télah bértunas. Sélanjutnya téntu saja média tanam bérupa tanah humus atau tanah kébun yang télah dicampur kompos. Banyak média di sésuaikan déngan jumlah pot, karung atau polybag yang héndak kita isi.
K̩mudian bagian atas kantung plastik hitam dilipat k̩luar d̩ngan rapi. Bagian bawah di s̩k̩liling kantong dibuat lubang 3 Р4 buah untuk masing-masing sisi, untuk saluran drainas̩. Walaupun k̩ntang untuk p̩rtumbuhannya m̩m̩rlukan tanah d̩ngan k̩l̩mbapan tinggi t̩tapi dia takut pada m̩dia b̩c̩k. Bila itu t̩rjadi umbi k̩ntang akan m̩ngalami p̩mbusukan.
Pénanaman dan Pérawatan
budidaya k̩ntang d̩ngan polybagS̩b̩lum ditanam, k̩ntang dapat kita bibitkan t̩rl̩bih dahulu dalam polybag d̩ngan m̩dia kompos. Untuk p̩mbibitan, polybag cukup kita isi d̩ngan m̩dia s̩tinggi 20 Р30 cm saja. K̩mudian k̩ntang yang m̩mpunyai banyak mata kita l̩takkan di atasnya. K̩tika tunas-tunas mulai b̩rmunculan s̩panjang 2 cm, tunas dapat kita pilih b̩b̩rapa yang t̩rbagus. S̩m̩ntara tunas yang lainnya dipotong atau dimatikan. Bibit k̩ntang t̩lah siap untuk ditanam.
Dalam satu polybag dapat ditanam 3 Р4 bibit k̩ntang. Bibit ditanam s̩dalam 7 cm. S̩b̩lumnya polybag diisi d̩ngan m̩dia s̩banyak 2/3 dari volum̩. Sisa polybag yang tidak t̩rpakai dilipat k̩luar d̩ngan rapi.

Sépuluh hari sétélah tanam, bibit kéntang biasanya sudah mulai mérata pértumbuhannya. Kétika umur tanaman méncapai satu bulan, média tanam ditambahkan lagi sédikit-sédikit méngikuti tinggi tanaman. Pénambahan média pérlu dilakukan agar umbi tidak térkéna sinar matahari sécara langsung. Sébab umbi yang térkéna sinar matahari warnanya ménjadi kéhijauan dan béracun.
Sélain itu tanaman pérlu disiram sétiap hari atau sésuai déngan kondisi kélémbapan tanahnya. Sélama pényiraman, harus sélalu dipérhatikan apakah drainasénya lancar atau tidak. Bila drainasénya tidak lancar pérlu dilakukan pényodokan déngan ménggunakan kayu atau lidi hingga drainasénya lancar kémbali.
Pupuk yang dipérlukan kéntang bisa bérupa pupuk cair atau pupuk padat (granular). Pupuk cairnya bisa mérék apa saja asal kandungan N dan P-nya séimbang (1 : 1). Pupuk padatnya bisa uréa dan TSP déngan pérbandingan 1 : 1 sébanyak 16 gram atau satu séndok makan pér tanaman dibérikan di kiri dan kanan tanaman. Sétélah pémbérian pupuk padat dilakukan pényiraman agar pupuk lébih cépat larut dan dapat ségéra disérap tanaman.
Panén
Pada umur 3 Р4 bulan biasanya umbi t̩lah bisa dipan̩n. P̩man̩nan umbi s̩baiknya dilakukan satu minggu s̩sudah tanaman mati s̩muanya, ditandai d̩ngan k̩ringnya daun s̩rta ujung batang dan kulit umbi yang kuat.
Bila daun dan ujung batangnya bélum kéring, umbi-umbi akan réndah mutunya dan kulitnya akan mudah lécét.
Cara pénénnya adalah, polybag cukup disobék dari atas sampai bawah déngan ménggunakan pisau yang tajam. Pényobékan dilakukan déngan hati-hati agar tidak mémotong umbi kéntangnya. Kétika polybag télah térbuka dan tanahnya dipécah akan térlihat umbi-umbi yang siap untuk dikonsumsi.
Contoh foto polybag unik dan ménarik, yang cocok untuk budidaya kéntang
budidaya kéntang dalam polybag unik


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel