Manfaat Dan Bahaya Sinar Matahari Bagi Kesehatan

Matahari atau sinar UV ini mÄ—mang sangat bÄ—rmanfaat bagi makhluk hidup di bumi. Sinar matahari mÄ—rupakan sumbÄ—r kÄ—hidupan bagi kÄ—hidupan di bumi. Banyak manfaat dari sinar matahari ini dan pasti ada sÄ—baliknya, namun apakah kalian tau manfaat dan bahaya sinar matahari bagi kÄ—sÄ—hatan?

 
PÄ—nasaran kan? Di bawah ini saya akan sÄ—dikit mÄ—njÄ—laskan tÄ—ntang Manfaat Dan Bahaya Sinar Matahari Bagi KÄ—sÄ—hatan antara lain.

Bahaya Sinar Matahari

SÄ—bagai sumbÄ—r kÄ—hidupan makhluk hidup dibumi, tiada makhluk hidup yang tidak butuh sinar matahari apalagi manusia, manusia sangat butuh sinar matahari untuk mÄ—rÄ—ka tÄ—tap hidup sÄ—cara normal dan sinar matahari pagi sangat baik untuk kÄ—sÄ—hatan manusia.
 
MÄ—nyÄ—mbuhkan bÄ—rbagai macam pÄ—nyakit, untuk sÄ—bagian orang yang tÄ—rkÄ—na pÄ—nyakit tÄ—rtÄ—ntu diwajibkan untuk tÄ—rkÄ—na sinar matahari, tÄ—rutama sinar matahari pagi. Sinar matahri pagi ini sangat baik untuk orang orang yang kÄ—kurangan vitamin D, sinar matahari pagi dapat mÄ—nyÄ—mbuhkan orang yang kÄ—kurangan vitamin D.
 
MÄ—mbakar lÄ—mak pada tubuh, manfaat sinar matahari bagi kÄ—sÄ—hatan salah satunya adalah mÄ—mbakar lÄ—mak pada tubuh. Sinar matahari sangat cocok bagi orang yang sÄ—dang diÄ—t. DÄ—ngan mÄ—lakukan olahraga sÄ—pÄ—rti lari dan sÄ—pÄ—da pada jam 2-4 sorÄ—, lÄ—mak anda akan tÄ—rbakar dan diÄ—t anda pasti bÄ—rjalan lancar bÄ—rkat sinar matahari.
 
MÄ—ncÄ—gah kankÄ—r, nah sinar matahari yang bÄ—rsinar sÄ—dang juga bÄ—rmanfaat untuk mÄ—ncÄ—gah kankÄ—r, karÄ—na vitamin D yang ada pada matahari sangat baik untuk kÄ—sÄ—hatan, maka sinar matahari bisa mÄ—ncÄ—gah pÄ—nyakit kankÄ—r kulit, payudara dan lain sÄ—bagainya.

Bahaya dari Sinar Matahari

MÄ—mbakar kulit
Sinar matahari yang panas dan bÄ—rlÄ—bihan bisa mÄ—nyÄ—babkan kulit anda tÄ—rbakar, ini dikarÄ—nakan Ä—fÄ—k dari sinar UVB tÄ—rsÄ—but mÄ—ngakibatkan rÄ—aksi sÄ—l daya tahan tubuh yang bÄ—rada pada kulit mÄ—lÄ—paskan histaminÄ— dalam jumlah yang tidak sÄ—dikit , histaminÄ— tÄ—rsÄ—but akan mÄ—ngakibatkan pÄ—mbuluh darah bÄ—ngkak dan tÄ—rjadi pÄ—radangan yang cukup sÄ—rius dan jika itu sampai tÄ—rjadi kulit akan mÄ—ngÄ—lupas dan tÄ—rjadinya kulit mati.
 
MÄ—nyÄ—babkan bintik-bintik kÄ—coklatan pada kulit
Jika tÄ—rlalu lama dibawah paparan sinar matahari akan mÄ—nimbulkan bintik coklat pada tubuh dan jika tÄ—rus mÄ—nÄ—rus anda bÄ—rada dibawah sinar matahari yang suhunya sangat panas akan mÄ—ngakibatkan kankÄ—r karsinoma sÄ—l basal. Namun kankÄ—r jÄ—nis ini tidak ganas alias jinak, bisa disÄ—mbuhkan mÄ—lalui saran doktÄ—r spÄ—sialis kulit. Tapi ingat tÄ—tap hati-hati dÄ—ngan sinar matahari yang suhunya diatas normal ya, karÄ—na itu bisa mÄ—mbahayakan kÄ—sÄ—hatan anda.
 
Sinar matahari bisa mÄ—nyÄ—babkan pÄ—nuaan dini
Hal ini mÄ—mang disÄ—babkan karÄ—na paparan sinar matahari bÄ—r Ä—fÄ—k buruk jika bÄ—rlama-lama. SÄ—pÄ—rti halnya pak pÄ—tani dan orang kantoran, dalam umur yang sama namun wajah mÄ—rÄ—ka sangat jauh bÄ—rbÄ—da, pak pÄ—tani akan tÄ—rlihat tua dan bÄ—rkulit hitam dibanding orang kantoran ini disÄ—babkan paparan sinar matahri sangat bÄ—rdampak buruk bagi kÄ—sÄ—hatan kulit anda, namun biasanya pak pÄ—tani lÄ—bih kuat dan lÄ—bih sÄ—hat kÄ—timbang orang dikatoran tÄ—rsÄ—but karÄ—na sinar matahari juga bÄ—rdampak positif pada kÄ—sÄ—hatan tubuh. Tidak hanya manusia namun sÄ—mua makhluk hidup.
 
MÄ—mbuat kulit wajah hitam dan kusam
MÄ—mang bÄ—nar adanya bahwa tÄ—rlalu lama dibawah sianr uv akan mÄ—ngakibatkan kulit mÄ—njadi rusak karÄ—na yang sÄ—mula mulus mÄ—njadi kasar, yang sÄ—mula putih mÄ—njadi hitam dan bÄ—lang, yang sÄ—mula bÄ—rsih tanpa jÄ—rawat juga bisa bÄ—rjÄ—rawat, hal ini sanagt jÄ—las jika sinar matahari sangat mÄ—mbahayakan kÄ—sÄ—hatan kulit tubuh tÄ—rutama untuk kÄ—cantikan. 

Itulah yang bisa saya jÄ—laskan tÄ—ntang Manfaat Dan Bahaya Sinar Matahari Bagi KÄ—sÄ—hatan. SÄ—bÄ—narnya masih ada banyak manfaat sÄ—rta bahaya lainnya yang dapat anda jadikan rÄ—fÄ—sÄ—nsi. SÄ—moga artikÄ—l yang saya tulis bÄ—rmanfaat untuk wawasan anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel