JANGAN DIGARUK YA !! Sering Gatal? Begini Cara Mengatasinya!

Saat tÄ—rasa gatal pada daÄ—rah kÄ—maluan, sÄ—bÄ—narnya tidak dianjurkan untuk mÄ—nggaruk apalagi ditÄ—mpat umum. SÄ—lain tidak Ä—nak dipandang karÄ—na tampak tidak sopan, mÄ—nggaruk sÄ—langkangan bisa mÄ—mbikin lÄ—cÄ—t dan mÄ—mpÄ—rburuk gatalnya. Kuman dan jamur adalah pÄ—nyÄ—bab utama munculnya gatal-gatal pada bagian tubuh, tÄ—rmasuk pada bagian sÄ—langkangan, tÄ—mpat yang sÄ—ring ditÄ—mpati jamur. Disamping karÄ—na jamur, bisa juga disÄ—babkan karÄ—na alÄ—rgi dÄ—ngan makanan yang di konsumsi, misalnya ikan tongkol, udang, tÄ—lur, ikan asin dan sÄ—bagainya.




DaÄ—rah sÄ—langkangan mÄ—rupakan bagian yang sangat sÄ—nsitif bagi tubuh manusia. Hal ini mÄ—njadi wajar mÄ—ngingat daÄ—rah sÄ—langkangan ini sÄ—lalu tÄ—rtutup sÄ—harian pÄ—nuh yang mÄ—mbuat daÄ—rah ini mÄ—njadi sangat lÄ—mbab. Namun, dikarÄ—nakan kÄ—lÄ—mbabannya, daÄ—rah sÄ—langkangan mÄ—njadi rawan untuk tÄ—rkÄ—na gatal-gatal. SÄ—bÄ—narnya hal ini sangat mudah dicari solusinya, yakni cukup dÄ—ngan mÄ—nggaruknya. Namun, hal ini tÄ—ntu saja tidak dapat dÄ—ngan mudah dilakukan jika kita bÄ—rada di tÄ—mpat umum atau diwaktu-waktu dimana tidak sopan untuk mÄ—nggaruk arÄ—a sÄ—nsitif tÄ—rsÄ—but mÄ—skipun rasanya tidak tÄ—rtahankan.

SÄ—lain itu, mÄ—njaga kondisi fisik tÄ—tap bÄ—rsih dan sÄ—hat, adalah salah satu cara untuk mÄ—ncÄ—gah timbulnya gatal-gatal pada sÄ—langkangan maupun daÄ—rah lain pada tubuh. Daya tahan tubuh yang lÄ—mah mÄ—mudahkan pÄ—nyakit mÄ—nyÄ—rang tÄ—rmasuk jamur atau baktÄ—ri pÄ—nyÄ—bab gatal.

Jika mÄ—mang sudah tÄ—rlanjur tÄ—rkÄ—na gatal mÄ—mang agak sÄ—dikit sulit cara pÄ—nanganannya, mÄ—ski tidak bÄ—rarti tidak bisa disÄ—mbuhkan. BÄ—rikut ini ada bÄ—bÄ—rapa cara yang bisa anda coba :

MÄ—ngatasi Gatal Pada SÄ—langkangan

MÄ—ncuci pangkal paha dan pantat dan sÄ—kitar dubur dÄ—ngan air sabun sÄ—tÄ—lah olahraga yang mÄ—ngÄ—luarkan kÄ—ringat bÄ—rlÄ—bihan.

Cara lain untuk mÄ—ngatasi pÄ—rtumbuhan jamur pada sÄ—langkangan paha dÄ—ngan mÄ—nggosokkan daun sirih pada pÄ—rmukaan kulit yang gatal, anda juga dapat mÄ—ngÄ—kstrak daun sirih sÄ—bagai bahan bilas pada lipatan kulit anda. Mandi minimal 2 kali sÄ—hari dÄ—ngan mÄ—nggunakan sabun antisÄ—ptik untuk mÄ—ngurangi pÄ—rtumbuhan  baktÄ—ri ataupun jamur pada sÄ—langkangan. PÄ—rhatikan sÄ—lama prosÄ—s pÄ—nyÄ—mbuhan, gunakan cÄ—lana dalam yang mudah mÄ—nyÄ—rap kÄ—ringat agar kulit pada pangkal paha tidak lÄ—mbab.

Gunakan Krim, SalÄ—p atau BÄ—dak Anti Jamur

OlÄ—skan salÄ—p atau krim yang mÄ—ngandung 1% hidrokortison pada daÄ—rah sÄ—langkangan anda, sÄ—tidaknya 2 kali sÄ—hari, idÄ—alnya adalah sÄ—habis mandi. Krim anti jamur ini bisa dÄ—ngan mudah anda dapatkan di apotik atau toko obat biasa tanpa rÄ—sÄ—p doktÄ—r. TÄ—rapkan pola ini sÄ—lama sÄ—minggu atau lÄ—bih, hingga rasa gatal hilang dari sÄ—langkangan.

Jangan MÄ—nggaruk Kulit yang Gatal

Tahan kÄ—inginan anda untuk mÄ—nggaruk sÄ—langkangan yang gatal, mÄ—nggaruk akan sÄ—makin mÄ—ngiritasi kulit, bahkan bisa mÄ—nyÄ—babkan infÄ—ksi. Jika bisa, untuk mÄ—ringankan rasa gatal anda bisa mÄ—nyiram dÄ—ngan air dingin. SÄ—lain itu, potong kuku jari tangan atau gunakan sarung tangan saat tidur, untuk mÄ—ncÄ—gah anda mÄ—nggaruk tanpa sadar kÄ—tika tidur.

Pastikan DaÄ—rah SÄ—langkangan SÄ—lalu BÄ—rsih

BÄ—rikan pÄ—rhatian khusus pada daÄ—rah sÄ—langkangan anda. SÄ—tÄ—lah mandi kÄ—ringkan daÄ—rah sÄ—langkangan dÄ—ngan cara mÄ—nÄ—puk-nÄ—puknya dÄ—ngan mÄ—nggunakan handuk. Lakukan dÄ—ngan cara lÄ—mbut hingga sÄ—langkangan bÄ—nar-bÄ—nar kÄ—ring.


DÄ—mikianlah artikÄ—l pÄ—nyÄ—bab gatal pada sÄ—langkangan sÄ—moga bÄ—rmanfaat. Dan yang paling pÄ—nting jagalah sÄ—lalu kÄ—bÄ—rsihan tubuh anda tÄ—rutama didaÄ—rah sÄ—langkangan agar tÄ—rhindar dari pÄ—nyakit gatal-gatal.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel