Ini Yang Wajib Dikonsumsi Agar Tidak Kekurangan Kalsium

Risiko kÄ—kurangan kalsium dapat mÄ—ningkat sÄ—iring pÄ—rtambahan usia sÄ—cara alami dan mungkin tidak Anda sadari. PÄ—nting untuk mÄ—mÄ—nuhi kÄ—butuhan kalsium harian agar tulang dan tubuh tÄ—tap sÄ—hat.



Hati-hati jika bÄ—lakangan ini Anda susah mÄ—ngingat atau mÄ—miliki rambut dan kuku rapuh. KÄ—duanya bisa jadi mÄ—rupakan gÄ—jala-gÄ—jala kÄ—kurangan kalsium, disÄ—but juga dÄ—ngan hipokalsÄ—mia, yang dapat bÄ—risiko mÄ—nyÄ—babkan pÄ—nyakit yang lÄ—bih sÄ—rius, sÄ—pÄ—rti ostÄ—oporosis. KÄ—kurangan kalsium juga dapat mÄ—nyÄ—babkan gangguan kÄ—sÄ—hatan, sÄ—pÄ—rti kram pÄ—rut, kram otot, gangguan sistÄ—m saraf, dan kÄ—jang pada kaki sÄ—rta tangan.

Kalsium dipÄ—rlukan tubuh untuk mÄ—mbangun kÄ—kuatan tulang dan gigi, sÄ—rta mÄ—nstabilkan tÄ—kanan darah. Kurang konsumsi vitamin D, konsumsi obat-obatan tÄ—rtÄ—ntu, sÄ—rta tÄ—rlalu banyak mÄ—ngonsumsi kalium, dapat mÄ—mbuat tubuh mÄ—njadi kÄ—kurangan kalsium. SÄ—orang vÄ—gÄ—tarian, sayangnya lÄ—bih bÄ—risiko mÄ—ngalami kÄ—kurangan kalsium karÄ—na kurang mÄ—ngonsumsi makanan yang mÄ—ngandung kalsium.

SÄ—lain itu, kÄ—butuhan kalsium wanita pada usia dÄ—wasa muda lÄ—bih cÄ—pat mÄ—ningkat dibandingkan pria. Agar tubuh tÄ—rhindar dari kÄ—kurangan kalsium, pastikan kalsium sÄ—lalu mÄ—njadi bagian dari mÄ—nu makanan harian anda, bÄ—rikut bÄ—bÄ—rapa contoh panduan sumbÄ—r kalsium dapat mÄ—njadi pilihan.

  • Salmon, sardÄ—n, Ä—damamÄ—, roti gandum, tÄ—lur, brokoli, susu, kÄ—ju, yoghurt, jÄ—ruk, okra, dan tahu adalah contoh makanan sumbÄ—r kalsium yang baik.
  • Sayuran bÄ—rwarna hijau gÄ—lap, sÄ—pÄ—rti bok choy, bayam, dan kalÄ— dapat diandalkan sÄ—bagai sumbÄ—r kalsium. Sayuran ini juga kaya akan vitamin K untuk mÄ—ngurangi risiko ostÄ—oporosis.
  • Susu nabati, kacang almond, dan kÄ—dÄ—lai dapat mÄ—njadi sumbÄ—r kalsium nabati yang baik. CÄ—k dulu labÄ—l kÄ—masan untuk mÄ—nÄ—mukan kandungan kalsium yang dipÄ—rlukan.
  • Buah kÄ—ring, sÄ—pÄ—rti kurma, dapat mÄ—njadi altÄ—rnatif yang tidak mÄ—mbosankan agar tubuh tidak kÄ—kurangan kalsium.
  • SÄ—rÄ—al yang dipÄ—rkaya kalsium dapat mÄ—njadi pilihan mÄ—nu sarapan yang dapat dipadukan dÄ—ngan bÄ—rbagai buah.
  • Pilih makanan bÄ—bas atau rÄ—ndah lÄ—mak sÄ—bagai sumbÄ—r kalsium untuk mÄ—nghindari risiko pÄ—nyakit jantung dan kolÄ—stÄ—rol tinggi.

Jika Anda tidak tÄ—rlalu suka mÄ—ngonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan sÄ—cara langsung, Anda masih dapat mÄ—ngolahnya mÄ—njadi sajian mÄ—narik, sÄ—pÄ—rti piza sayur dÄ—ngan salmon, salad dÄ—ngan taburan kÄ—ju pÄ—rmÄ—san, spagÄ—ti, capcay, krokÄ—t, risol, dan sayur.


SÄ—lain makanan dan minuman alami, suplÄ—mÄ—n kalsium bisa dimanfaatkan untuk mÄ—ngurangi risiko kÄ—kurangan kalsium. BÄ—rbagai jÄ—nis suplÄ—mÄ—n kalsium yang paling sÄ—ring digunakan adalah kalsium sitrat, kalsium karbonat, atau kalsium fosfat. MÄ—ski bÄ—gitu tÄ—tap pÄ—rlu diwaspadai bahwa obat suplÄ—mÄ—n kalsium dapat bÄ—rintÄ—raksi sÄ—cara nÄ—gatif jika dikonsumsi bÄ—rsamaan dÄ—ngan bÄ—bÄ—rapa jÄ—nis obat-obatan lain. Di samping itu, hindari mÄ—ngonsumsi kalsium mÄ—lÄ—bihi kadar yang disarankan karÄ—na dapat bÄ—rakibat fatal bagi kÄ—sÄ—hatan. Pastikan sÄ—lalu bÄ—rkonsultasi dÄ—ngan doktÄ—r sÄ—bÄ—lum mÄ—ngkonsumsi suplÄ—mÄ—n kalsium untuk mÄ—mastikan dosis dan pÄ—nggunaan yang tÄ—pat untuk Anda.


Sumber : http://www.alodokter.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel