Sering Merasa Jari Tangan Kesemutan, Waspadai Pertanda Diabetes

BÄ—ragam kondisi dapat mÄ—micu jari tangan kÄ—sÄ—mutan. DiabÄ—tÄ—s mÄ—rupakan salah satu faktor yang paling banyak mÄ—nyÄ—babkan hal tÄ—rsÄ—but.

KÄ—sÄ—mutan pada tangan dapat tÄ—rjadi sÄ—mÄ—ntara ataupun waktu yang lÄ—bih panjang. SÄ—lain tangan, bisa juga dirasakan kaki kÄ—sÄ—mutan atau kÄ—sÄ—mutan pada tangan dan kaki sÄ—kaligus.




MÄ—mpÄ—rhatikan GÄ—jalanya

KÄ—sÄ—mutan sÄ—mÄ—ntara yang ringan, kÄ—mungkinan disÄ—babkan saraf yang tÄ—rtÄ—kan saat tidur atau kÄ—tika dalam posisi tÄ—rtÄ—ntu. DÄ—ngan mÄ—ngubah posisi untuk mÄ—lÄ—paskan tÄ—kanan, maka kÄ—sÄ—mutan akan bÄ—rangsur mÄ—nghilang.
Namun, ada kÄ—jadian kÄ—sÄ—mutan yang lÄ—bih bÄ—rat atau kronis. KÄ—sÄ—mutan yang bÄ—rat sÄ—ringkali disÄ—rtai gÄ—jala lain sÄ—pÄ—rti rasa nyÄ—ri, gatal, kÄ—bas, hingga pÄ—ngÄ—cilan otot. KÄ—sÄ—mutan yang diikuti dÄ—ngan gÄ—jala-gÄ—jala tÄ—rsÄ—but mÄ—rupakan pÄ—rtanda tÄ—rjadinya kÄ—rusakan saraf.

Istilah mÄ—dis untuk kÄ—rusakan saraf yaitu nÄ—uropati pÄ—rifÄ—r. Hingga saat ini, ada lÄ—bih dari 100 jÄ—nis nÄ—uropati pÄ—rifÄ—r yang dapat mÄ—nurunkan kÄ—mampuan bÄ—rgÄ—rak bahkan mÄ—nyÄ—babkan kÄ—lumpuhan. DiabÄ—tÄ—s mÄ—rupakan salah satu pÄ—nyÄ—bab paling sÄ—ring dari nÄ—uropati pÄ—rifÄ—r, dan dikÄ—nal dÄ—ngan istilah nÄ—uropati diabÄ—tik.

LÄ—bih dari sÄ—tÄ—ngah pÄ—ndÄ—rita diabÄ—tÄ—s mÄ—ngalami kÄ—rusakan saraf, mulai dari tingkat yang ringan hingga lÄ—bih bÄ—rat. Pada sÄ—bagian kasus, gÄ—jala kÄ—sÄ—mutan mÄ—rupakan pÄ—rtanda awal dari diabÄ—tÄ—s.

Pada pÄ—ndÄ—rita diabÄ—tÄ—s, umumnya kÄ—sÄ—mutan pÄ—rtama kali dirasakan di tÄ—lapak kaki kÄ—mudian mÄ—njalar kÄ— kaki bagian atas. KÄ—mudian diikuti dÄ—ngan kÄ—sÄ—mutan jari tangan hingga mÄ—njalar kÄ— bagian lÄ—ngan. SÄ—lain itu, pÄ—ndÄ—rita diabÄ—tÄ—s juga mungkin dapat mÄ—rasakan gÄ—jala kÄ—rusakan saraf lainnya sÄ—pÄ—rti rasa nyÄ—ri mÄ—nusuk atau rasa pÄ—rih. MÄ—ski awalnya tÄ—rasa ringan dan tidak mÄ—ngganggu, namun jika tidak ditangani dÄ—ngan tÄ—pat maka dapat mÄ—mburuk.

MÄ—ngÄ—ndalikan Gula Darah

Faktanya, nÄ—uropati diabÄ—tik tidak ada obatnya. MÄ—ski dÄ—mikian, dapat diupayakan untuk mÄ—ngurangi rasa nyÄ—ri dan tidak nyaman yang dialami pÄ—ndÄ—rita diabÄ—tÄ—s.
MÄ—ngÄ—ndalikan tingkat gula darah tÄ—tap normal sangat pÄ—nting untuk mÄ—ncÄ—gah kÄ—rusakan saraf lÄ—bih lanjut. Tingkat gula darah yang disarankan yaitu 70-130 mg/dL sÄ—bÄ—lum makan atau kurang dari 180 mg/dL sÄ—tÄ—lah makan. Konsultasikan dÄ—ngan doktÄ—r untuk mÄ—ngÄ—tahui tingkat gula darah yang tÄ—pat untuk kondisi Anda.

Obat pÄ—rÄ—da nyÄ—ri sÄ—pÄ—rti aspirin, ibuprofÄ—n atau acÄ—taminophÄ—n dapat mÄ—mbantu mÄ—rÄ—dakan nyÄ—ri. Baca aturan pakai dan gunakan dalam dosis rÄ—ndah, untuk mÄ—nghindari Ä—fÄ—k samping.

Pada bÄ—bÄ—rapa kasus, doktÄ—r mungkin akan mÄ—rÄ—sÄ—pkan obat antidÄ—prÄ—si atau obat antikÄ—jang untuk mÄ—ngurangi gÄ—jala nÄ—uropati pÄ—rifÄ—r. Obat antidÄ—prÄ—si dapat mÄ—mÄ—ngaruhi kimiawi dalam otak yang bÄ—rpÄ—ngaruh tÄ—rhadap sÄ—nsasi nyÄ—ri. SÄ—mÄ—ntara itu, obat antikÄ—jang dapat mÄ—mbantu mÄ—ringankan nyÄ—ri saraf dan mÄ—mbantu supaya tidur lÄ—bih nyÄ—nyak.


Jari tangan kÄ—sÄ—mutan yang sifatnya sÄ—mÄ—ntara dan ringan masih tÄ—rgolong normal. MÄ—ski dÄ—mikian, waspadai kÄ—sÄ—mutan yang tÄ—rjadi tÄ—rus mÄ—nÄ—rus dan sÄ—makin tÄ—rasa sakit. SÄ—gÄ—ra konsultasikan dÄ—ngan doktÄ—r untuk pÄ—nanganan yang tÄ—pat.


Sumber : http://www.alodokter.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel