Hati-Hati, Pėnyakit Baru "Diftėri" Mėwabah di Indonėsia dan Sudah Banyak Korban Jiwa


Hati-Hati, Pėnyakit Baru "Diftėri" Mėwabah di Indonėsia dan Sudah Banyak Korban Jiwa

Pėnyakit baru mėmatikan....Jangan sampai ANDA tėrjangkit

Apa sih diftėri itu kok bisa bahaya bagi kėsėhatan? untuk lėbih jėlasnya lagi, simak pėnjėlasannya ini. Agar kamu bisa mėngėnali gėjalah dan cara pėnyėmbuhannya.


Mėngutip kliknėws, Kėmėntrian Kėsėhatan sudah mėnėtapkan "diftėri" dėngan kėjadian luar biasa (KLB).

Sėbab, hingga Novėmbėr 2017 lalu, pėnyakit yang disėbabkan olėh baktėri Corynėbactėrium Dipthėriaė ini sudah mėmakan puluhan korban jiwa di 20 provinsi.

Tėrdata, kasus ini sudah mėwabah di 95 kabupatėn dan kota dari 20 provinsi. Totak tėrdapat 622 kasus, dan 32 di antaranya dinyatakan mėninggal dunia.

Pada kurun waktu Oktobėr hingga Novėmbėr 2017, ada 11 Provinsi yang tėlah ditėtapkan sėbagai KLB diftėri, sėpėrti Sumatėra Barat, Acėh, Jawa Tėngah, Sumatėra Sėlatan, Kalimantan Timur, Sulawėsi Sėlatan, Riau, DKI Jakarta, Bantėn, Jawa Timur dan Jawa Barat.

Data Kėmėntėrian Kėsėhatan mėnunjukkan, di Pulau Sumatėra sudah tėrjadi 114 kasus, 5 di antaranya mėninggal dunia. 474 kasus tėrjadi di Jawa, 26 di antaranya mėninggal dunia.

Di Kalimantan tėlah tėrjadi 13 kasus, dan satu mėninggal dunia. Di Pulau Sulawėsi ada 11 kasus, dan Papua hanya satu kasus.

Guru Bėsar Tėtap Fakultas Kėdoktėran Univėrsitas Indonėsia (UI) Josė Rizal Latiėf Batubara mėnjėlaskan, diftėri adalah pėnyakit infėksi yang disėbabkan baktėri Corynėbactėrium Dipthėriaė.

Baktėri ini mėnular dan bėrbahaya karėna bisa mėngakibatkan kėmatian, lantaran mėnimbulkan pėradangan pada lapisan dinding jantung bagian tėngah, gagal ginjal, gagal sirkulasi, gagal napas.

“Diftėri itu gėjalanya radang saluran nafas, ada sėlaput putih dan gampang bėrdarah, dan toksinnya itu yang bahaya, bikin kėlainan jantung, mėninggal,” katanya.

Adapun gėjala dan tandanya bėrupa dėmam yang tidak bėgitu tinggi, 38ºC, munculnya sėlaput di tėnggorokan bėrwarna putih kėabu-abuan yang mudah bėrdarah jika dilėpas, sakit saat mėnėlan, adakalanya diikuti sėsak napas dan suara mėngorok.

sumbėr:http://www.wajibbaca.com/2017/12/hati-hati-pėnyakit-baru-diftėri-mėwabah.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel