Tukar Uang Menjelang Lebaran Bisa Jadi Dosanya Lebih Besar Setara Dengan Riba Bahkan Lebih Besar!


Telah menjadí tradísí menukar uang díbulan Ramadhan, pecahan 100ríbu dengan 10ríbu atau 5ríbu, dan kebanyakan dengan ímbalan. Maka íní menurut syaríat bísa dísebut ríba’.


Dan Allah mengíngatkan kepada orang yang beríman, agar setíap kalí terjadí benturan antara aturan syaríat dengan tradísí, mereka harus mengedepankan aturan syaríat.

Alah berfírman,

فَلَا وَرَبِّكَ لَا يُؤْمِنُونَ حَتَّىيُحَكِّمُوكَ فِيمَا شَجَرَ بَيْنَهُمْثُمَّ لَا يَجِدُوا فِيأَنْفُسِهِمْ حَرَجًا مِمَّا قَضَيْتَوَيُسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

Demí Tuhanmu, mereka (pada hakekatnya) tídak beríman híngga mereka menjadíkan kamu hakím terhadap perkara yang mereka perselísíhkan, kemudían mereka tídak merasa dalam hatí mereka sesuatu keberatan terhadap putusan yang kamu beríkan, dan mereka meneríma dengan sepenuhnya.” (QS. an-Nísa: 65).

Dalam ílmu hukum, kíta díajarkan, jíka hukum yang lebíh rendah bertentangan dengan hukum yang lebíh tínggí, maka hukum yang lebíh tínggí harus díkedepankan.

Hukum syaríat datang darí Allah, sementara hukum tradísí buatan manusía. Secara usía, dí tempat kíta, hukum syaríat lebíh tua, día dítetapkan 14 abad sílam. Sementara tradísí, umumnya datang jauh setelah ítu.

Secara híerarkí, hukum syaríat jauh lebíh tínggí. Karena Allah yang menetapkan.
Karena ítulah, tradísí yang melanggar syaríat, tídak boleh dípertahankan. Sekalípun ítu tradísí príbumí.

Tukar-menukar Uang

Díkutíp darí konsultasísyaríah, bahwa dalam kajían ekonomí íslam, kíta díperkenalkan dengan ístílah barang ríbawí (ashnaf ríbawíyah). Dan barang ríbawí ítu ada 6: Emas, perak, gandum halus, gandum kasar, kurma, dan garam.

Keenam benda ríbawí íní dísebutkan dalam hadís darí Ubadah bín Shamít radhíyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaíhí wa sallam bersabda,

Jíka emas díbarter dengan emas, perak dítukar dengan perak, gandum bur (gandum halus) dítukar dengan gandum bur, gandum syaír (kasar) dítukar dengan gandum syaír, korma dítukar dengan korma, garam díbarter dengan garam, maka takarannya harus sama dan tunaí. Jíka benda yang díbarterkan berbeda maka takarannya boleh sesuka hatí kalían asalkan tunaí” (HR. Muslím 4147).

Dalam ríwayat laín, Darí Abu Saíd al-Khudrí radhíyallahu ‘anhu, Nabí shallallahu ‘alaíhí wa sallam bersabda,

Jíka emas dítukar dengan emas, perak dítukar dengan perak, gandum dítukar dengan gandum, sya’ír (gandum kasar) dítukar dengan sya’ír, kurma dítukar dengan kurma, dan garam dítukar dengan garam, takaran atau tímbangan harus sama dan díbayar tunaí. Síapa menambah atau memínta tambahan, maka ía telah melakukan transaksí ríba. Baík yang mengambíl maupun yang memberínya sama-sama berada dalam dosa.” (HR. Ahmad 11466 & Muslím 4148)

Juga dísebutkan dalam ríwayat darí Ma’mar bí Abdíllah radhíyallahu ‘anhu, belíau mendengar Nabí shallallahu ‘alaíhí wa sallam bersabda,

Jíka makanan díbarter dengan makanan maka takarannya harus sama”. Ma’mar mengatakan,
Makanan pokok kamí dí masa ítu adalah gandum syaír” (HR. Muslím 4164).

Berdasarkan hadís dí atas,

Darí keenam benda ríbawí dí atas, ulama sepakat, barang ríbawí díbagí 2 kelompok:

1. Kelompok Pertama

Emas dan Perak. Díqíyaskan dengan kelomok pertama adalah mata uang dan semua alat tukar. Sepertí uang kartal dí zaman kíta.

2. Kelompok Kedua

Bur, Sya’ír, Kurma, & Garam. Díqíyaskan dengan kelompok kedua adalah semua bahan makanan yang bísa dísímpan (al-qut al-muddakhar). Sepertí beras, jagung, atau thíwul.

Aturan Baku yang Berlaku

Darí hadís dí atas, Nabí shallallahu ‘alaíhí wa sallam memberíkan ketentuan

Pertama

Jíka tukar menukar ítu dílakukan untuk barang yang sejenís, ada 2 syarat yang harus dípenuhí, wajíb sama dan tunaí.

Mísalnya: emas dengan emas, perak dengan perak, rupíah dengan rupíah, atau kurma jenís A dengan kurma jenís B, dst. dalam hadís dí atas, Nabí shallallahu ‘alaíhí wa sallam menegaskan, harus

مِثْلاًبِمِثْلٍ سَوَاءً بِسَوَاءٍ يَدًابِيَدٍ

takarannya harus sama, ukurannya sama dan darí tangan ke tangan (tunaí).
Dan jíka dalam transaksí ítu ada kelebíhan, statusnya ríba. Nabí shallallahu ‘alaíhí wa sallam menegaskan,

فَمَنْزَادَ أَوِ اسْتَزَادَ فَقَدْأَرْبَى الآخِذُ وَالْمُعْطِى فِيهِسَوَاءٌ

Síapa menambah atau memínta tambahan, maka ía telah melakukan transaksí ríba. Baík yang mengambíl maupun yang memberínya sama-sama berada dalam dosa.”

Kedua

Jíka barter dílakukan antar barang yang berbeda, namun masíh satu kelompok, syaratnya satu: wajíb tunaí. Mísal: Emas dengan perak. Boleh beda berat, tapí wajíb tunaí. Termasuk rupíah dengan dolar. Sama-sama mata uang, tapí beda nílaínya. Boleh dílakukan tapí harus tunaí.

Dalam hadís dí atas, Nabí shallallahu ‘alaíhí wa sallam menegaskan,

فَإِذَااخْتَلَفَتْ هَذِهِ الأَصْنَافُ فَبِيعُواكَيْفَ شِئْتُمْ إِذَا كَانَ يَدًابِيَدٍ

Jíka benda yang díbarterkan berbeda maka takarannya boleh sesuka hatí kalían asalkan tunaí”
Terdapat kaídah,

إذا بيع ربوي بجنسهوجب التماثل والتقابض، وبغيرجنسه وجب التقابض فقط

Apabíla barang ríbawí dítukar dengan yang sejenís, wajíb sama dan tunaí. Dan jíka dítukar dengan yang tídak sejenís, wajíb tunaí.

Ketíga

Jíka barter dílakukan untuk benda yang beda kelompok. Tídak ada aturan khusus untuk íní. Sehíngga boleh tídak sama dan boleh tídak tunaí. Mísalnya, jual belí beras dengan díbayar uang atau jual belí garam díbayar dengan uang. Semua boleh terhutang selama salíng rídha.

Tukar Menukar Uang Receh

Tukar menukar uang receh yang menjadí tradísí dí masyarakat kíta, dan dí sítu ada kelebíhan, termasuk ríba. Rp 100rb dítukar dengan pecahan Rp 5rb, dengan selísíh 10rb atau ada tambahannya.

Íní termasuk transaksí ríba.Karena berartí tídak sama, meskípun dílakukan secara tunaí. Karena rupíah yang dítukar dengan rupíah, tergolong tukar menukar yang sejenís, syaratnya 2: sama nílaí dan tunaí. Jíka ada tambahan, hukumnya ríba.

Nabí shallallahu ‘alaíhí wa sallam menegaskan,

فَمَنْزَادَ أَوِ اسْتَزَادَ فَقَدْأَرْبَى الآخِذُ وَالْمُعْطِى فِيهِسَوَاءٌ

Síapa menambah atau memínta tambahan, maka ía telah melakukan transaksí ríba. Baík yang mengambíl maupun yang memberínya sama-sama berada dalam dosa.”

Ríba Tetap Ríba, Sekalípun Salíng Rídha

Bagaímana jíka ítu dílakukan salíng rídha? Bukankah jíka salíng rídha menjadí díperbolehkan. Karena yang dílarang jíka ada yang terpaksa dan tídak salíng rídha.

Dalam transaksí haram, sekalípun pelakunya salíng rídha dan íkhlas, tídak mengubah hukum. Karena transaksí íní díharamkan bukan semata terkaít hak orang laín. Tapí día díharamkan karena melanggar aturan syaríat.

Orang yang melakukan transaksí ríba, sekalípun salíng rídha, tetap dílarang dan nílaínya dosa besar. Transaksí jual belí khamr atau narkoba, hukumnya haram, sekalípun pelaku transaksí salíng rídha.

Bagaímana dengan fírman Allah,

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا لَا تَأْكُلُوا أَمْوَالَكُمْبَيْنَكُمْ بِالْبَاطِلِ إِلَّا أَنْ تَكُونَتِجَارَةً عَنْ تَرَاضٍ مِنْكُمْ

Haí orang-orang yang beríman, janganlah kamu salíng memakan harta sesamamu dengan jalan yang batíl, kecualí dengan jalan perníagaan yang berlaku dengan salíng rídha dí antara kalían.” (QS. an-Nísa: 29)

Jawab:

Ayat íní kíta yakíní benar. aturannya juga benar. Namun salíng rídha yang menjadí syarat halal transaksí yang dísebutkan dalam ayat íní, berlaku hanya untuk transaksí yang haram.

Sepertí jual belí barang dan jasa. Sementara trasaksí haram, sepertí ríba, tídak berlaku ketentuan salíng rídha. Karena semata salíng rídha, tídak mengubah hukum.

Bíla Dísebut Sebagaí Upah Penukaran Uang

Ada yang beralasan, kelebíhan ítu sebagaí upah karena día telah menukarkan uang dí bank. Día harus ngantrí, harus bawa modal, dst. jadí layak dapat upah.

Jelas íní alasan yang tídak benar. Karena yang terjadí bukan mempekerjakan orang untuk nukar uang dí bank, tapí yang terjadí adalah transaksí uang dengan uang. Dan bukan upah penukaran uang. Upah ítu ukurannya volume kerja, bukan nomínal uang yang dítukar.

Mísalnya, Pak Bos memínta Paíjo menukarkan sejumlah uang ke bank. Karena tugas íní, Paíjo díupah Rp 50 rb. Kíta bísa memastíkan, baík Pak Bos menyerahkan uang 1 juta untuk dítukar atau 2 juta, atau 3 juta, upah yang díserahkan ke Paíjo tetap 50 rb.

Karena upah berdasarkan volume kerja Paíjo, menukarkan uang íní ke bank dalam sekalí waktu.
Sementara kasus tukar menukar íní níaínya flat, setíap 100rb, harus ada kelebíhan 10rb atau 5rb. Íní transaksí ríba, dan bukan upah.

Sayangí Pahala Puasa Anda

Ríba termasuk salah satu dosa besar. Bahkan salah satu dosa yang díancam dengan perang oleh Allah.

Allah berfíman,

فَإِنْلَمْ تَفْعَلُوا فَأْذَنُوا بِحَرْبٍ مِنَ اللَّهِ وَرَسُولِهِ

Jíka kalían tídak menínggalkan ríba, maka umumkan untuk berperang dengan Allah dan Rasul-Nya” (al-Baqarah: 279)

Íbnu Abbas menjelaskan ayat íní,

يُقَالُيَومَ القِيَامَةِ لِآكلِ الرِّبَا: خُذْسِلَاحَكَ لِلحَرْبِ

Besok dí harí kíamat para pemakan ríba akan dípanggíl, “Ambíl senjatamu, untuk perang!” (Tafsír Íbnu Katsír, 1/716)

Dalam hadís, dosa ríba dísetarakan sepertí berzína dengan íbunya. Darí Íbnu Mas’ud radhíyallahu ‘anhu, Nabí shallallahu ‘alaíhí wa sallam bersabda,

الرِّبَاثَلَاثَةٌ وَسَبعُونَ بَابًا أَيسَرُهَا مِثْلُأَنْ يَنْكِحَ الرَّجُلُ أُمَّه

Ríba ítu ada 73 píntu. Píntu ríba yang palíng ríngan, sepertí seorang lelakí yang berzína dengan íbunya. (HR. Hakím 2259 dan díshahíhkan ad-Dzahabí).

Karena ítulah, para salaf menyebut dosa ríba lebíh parah darí pada zína. Ada pernyataan Ka’ab al-Ahbar,

دِرْهَمُرِبًا يَأْكُلُهُ الرَّجُلُ وَهُوَ يَعْلَمُ أَشَدُّمِنْ سِتَّةٍ وَثَلاَثِينَ زَنْيَةً

Satu dírham ríba yang dímakan seseorang, sementara día tahu, lebíh buruk darí pada 36 kalí berzína. (HR. Ahmad 21957, dan ad-Daruquthní 2880)

Sementara dosa dan maksíat adalah sumber terbesar kegagalan puasa manusía. Dosa merupakan sebab pahala yang kíta mílíkí berguguran.

Ketíka ramadhan kíta penuh dengan dosa, puasa kíta menjadí sangat tídak bermutu. Bahkan sampaí Allah tídak butuh dengan íbadah puasa yang kíta kerjakan.

Semacam ínílah yang pernah dííngatkan Rasulullah Shallallahu ‘alaíhí wa sallam dalam hadís shahíh ríwayat Bukharí dan yang laínnya, darí sahabat Abu Huraírah radlíallahu ‘anhu, bahwa belíau shallallahu ‘alaíhí wa sallam bersabda,

مَنْ لَمْ يَدَعْ قَوْلَالزُّورِ وَالْعَمَلَ بِهِ فَلَيْسَ لِلَّهِحَاجَةٌ فِى أَنْ يَدَعَطَعَامَهُ وَشَرَابَهُ
Síapa yang tídak menínggalkan ucapan dusta, dan semua perbuatan dosa, maka Allah tídak butuh dengan amalnya (berupa) menínggalkan makanan dan mínumannya (puasanya).” (HR. Bukharí 1903)

Ketíka ada orang yang berzína dí malam ramadhan, apa yang bísa díbayangkan dengan nasíb puasanya? Bísa jadí hílang semua pahalanya.

Apa yang bísa anda bayangkan, ketíka orang melakukan transaksí ríba, yang dosanya lebíh berat darí pada zína, dílakukan terang-terangan dí síang bolong ramadhan? Astagfírullah


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel