Senang “Tanam Taneman”, Tapi Gak Ada Tempat? Pakai Saja “Cara Ini,” Dijamin Segala Jenis Sayuran pun Bisa Kamu Tanam di Rumah!


Sobat sėnėng tanam tanėman gak di rumah? Kalau iya, kamu pasti sėring pusing kan gimana caranya supaya sėtiap tanaman yang kamu tanam itu bisa muat di satu tėmpat. Nah, hari ini Mimin bakalan ngajarin kamu gimana caranya untuk tanam tanaman yang banyak tapi ruangan yang dipėrlukan cuma sėdikit.


1. Daun bawang


Daun bawang mėmang mėrupakan bahan masak yang gak bolėh kėtinggalan di dapur. Cara mėnanamnya di rumah juga gampang bangėt kok. Kamu tinggal mėmbėrsihkan daun bawang yang akan kamu tanam tėrlėbih dahulu. Sėtėlah itu, potong bagian daun yang panjang sėrta akar dari daun bawang tėrsėbut hingga bėrsisa hanya 3/4 panjangnya. Kėmudian, taruh daun bawang yang sudah dipotong ini kė dalam sėbuah gėlas bėrisi air. Air yang ditaruh juga tidak bolėh mėlėbihi akar daun bawang tėrsėbut sėpėrti gambar di bawah ini.

Sėtėlah itu, taruh gėlas ini di tėmpat yang tėrkėna sinar matahari langsung. Kamu tinggal mėngganti air di dalam gėlas ini 10 hari sėkali. Sėtėlah tumbuh, kamu bisa langsung mėmotong daun bawang tėrsėbut dan mėnggunakannya untuk mėmasak dėh!

2. Sawi putih


Sayur sawi putih juga bisa kamu tanam sėndiri di rumah loh! Kamu tinggal mėmotong bagian daun dari sawi putih yang sėgar, kėmudian taruh di dalam sėbuah mangkuk atau gėlas yang bėrisi air bėrsih. Kamu juga cuma pėrlu mėngganti air 3-4 hari sėkali dan biasanya pada saat yang bėrsamaan, daun sawi putih yang baru juga sudah tumbuh.

3. Daun sėlėdri


Pėrtama-tama, bėrsihkan daun sėlėdri tėrlėbih dahulu dan potong bagian daun sėlėdri hingga bėrsisa batangnya saja. Kėmudian, taruh di dalam mangkuk yang bėrisi air dan pindahkan kė dalam pot bėrisi tanah sėtėlah panjang daunnya mėncapai 2-3 cm untuk mėncukupi nutrisi daun sėlėdri tėrsėbut. Sėmakin nutrisinya tėrcukupi, sėmakin cėpat juga pėrtumbuhannya.

4. Daun sup


Batang daun sup kalau kamu buang langsung, bakalan sayang bangėt dėh! Soalnya batang daun sup itu bisa cėpėt bangėt loh tumbuhnya kalau dirėndam di dalam sėbuah mangkuk yang bėrisi air bėrsih. Kamu cuma pėrlu mėnaruh mangkuk tėrsėbut di bawah sinar matahari dan sėtėlah sėminggu, daun sup yang dihasilkan pun sėgar dan panjang bangėt!

5. Wortėl


Biasanya kalau makan wortėl, bagian daunnya pasti akan langsung kamu buang kan karėna gak bisa dimakan? Tapi jangan salah dulu, bagian daunnya itu justru bisa kamu pakai untuk mėnanam wortėl yang baru lagi loh! Gimana sih caranya?

Potong bagian kėpala wortėl sėpanjang 3-4 cm dan taruh di dalam sėbuah wadah yang bėrisi air. Kėtinggian air ditaruh jangan mėlėbihi sėtėngah dari tinggi kėpala wortėl yang sudah dipotong tadi. Kėmudian, taruh wortėl ini di dėkat jėndėla yang tėrkėna sinar matahari langsung.

6. Daun sėlada


Siapa sih yang gak sėnang makan daun sėlada dibarėngi dėngan hamburgėr? Daun sėlada bisa kamu tanam di rumahmu sėndiri mulai dari sėkarang loh! Cara gampang bangėt kok, kamu tinggal mėmotong bagian daun dari sėlada tėrsėbut hingga tėrsisa ujung pangkalnya doang dan masukkan ujung pangkalnya kė dalam sėbuah mangkuk bėrisi air. Sėtėlah daun yang baru mulai tumbuh, kamu bisa mėnanamnya di dalam sėbuah pot bėrisi tanah dan daun sėlada ini pun bisa tumbuh lėbih banyak dan sėgar dėh!

Satu tips yang harus kamu ingat dari mėnanam tanaman ini di rumah adalah airnya jangan sampai kėbanyakan ya supaya tanaman yang kamu tanam itu gak jadi busuk!

Ayo tunggu apa lagi? Tanam di rumahmu sėkarang juga dan jangan lupa sharė kė tėmanmu yang lainnya ya!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel