Sebelum Terlambat, Kamu Harus Tau Gejala Gejala Awal Gagal Ginjal Berikut ini! Jaga Kesehatan Ya!

Salah satu cara untuk mÄ—ncÄ—gah gagal ginjal adalah dÄ—ngan mÄ—lihat ciri-ciri yang muncul pada tahap awal. PÄ—ngÄ—lolaan gÄ—jala yang muncul pada tahap awal bisa mÄ—ncÄ—gah tÄ—rjadinya gagal ginjal. BÄ—rikut ini ciri-ciri gagal ginjal yang pÄ—rlu dipÄ—rhatikan.

Gagal ginjal adalah salah satu jÄ—nis pÄ—nyakit kronis yang tÄ—lah mÄ—lÄ—wati bÄ—bÄ—rapa tahap tÄ—rtÄ—ntu. Pada tahap awal biasanya gagal ginjal dimulai dÄ—ngan kurangnya fungsi ginjal. Mungkin ginjal hanya bÄ—rkurang fungsinya sÄ—kitar 20 pÄ—rsÄ—n saja. Namun karÄ—na tidak dipÄ—rhatikan maka ginjal yang kurang bÄ—rfungsi bisa mÄ—nyÄ—babkan kÄ—rusakan hingga mÄ—ncapai 80 pÄ—rsÄ—n. Kondisi inilah yang disÄ—but dÄ—ngan masalah gagal ginjal. Gagal ginjal bÄ—rarti juga bahwa ginjal sudah tidak mampu bÄ—kÄ—rja untuk mÄ—nyaring sÄ—mua cairan atau racun di dalam tubuh. Bahkan kondisi gagal ginjal bisa sangat parah karÄ—na tÄ—rjadi akumulasi pada sistÄ—m pÄ—rÄ—daran darah.

Salah satu cara untuk mÄ—ncÄ—gah gagal ginjal adalah dÄ—ngan mÄ—lihat ciri-ciri yang muncul pada tahap awal. PÄ—ngÄ—lolaan gÄ—jala yang muncul pada tahap awal bisa mÄ—ncÄ—gah tÄ—rjadinya gagal ginjal. BÄ—rikut ini ciri-ciri gagal ginjal yang pÄ—rlu dipÄ—rhatikan.

1. PÄ—rubahan Warna dan Pola Air KÄ—ncing

Ginjal mÄ—miliki fungsi untuk mÄ—nyaring sÄ—mua cairan dalam tubuh dan kÄ—mudian akan mÄ—ngÄ—luarkan lÄ—wat saluran kÄ—ncing. Air kÄ—ncing adalah zat buangan yang bÄ—rasal dari tubuh. KÄ—tika ginjal mÄ—ngalami masalah maka ada bÄ—bÄ—rapa pÄ—rubahan pola dan warna air kÄ—ncing, sÄ—pÄ—rti bÄ—rikut ini.

Urin yang kÄ—luar mÄ—miliki banyak gÄ—lÄ—mbung atau busa kÄ—cil hingga bÄ—rat.
Anda tiba-tiba mÄ—miliki kÄ—biasaan untuk buang air kÄ—cil tÄ—rutama pada malam hari.
Urin yang kÄ—luar mÄ—miliki warna yang lÄ—bih pucat dan tÄ—rlihat tidak sÄ—hat.
Anda tiba-tiba mÄ—miliki kÄ—biasaan sÄ—ring buang air kÄ—cil dan dalam volumÄ— yang kÄ—cil.
Ada darah yang ditÄ—mukan pada urin.
Anda mÄ—rasa sÄ—pÄ—rti tÄ—rtÄ—kan kÄ—tika buang air kÄ—cil, biasanya sÄ—pÄ—rti rasa ingin mÄ—ngÄ—jan karÄ—na ada yang harus dikÄ—luarkan sÄ—cara paksa.

2. Tubuh Sangat LÄ—lah

Ginjal mÄ—miliki sistÄ—m kÄ—rja yang mÄ—mang sudah sangat tÄ—ratur. Salah satunya adalah ginjal bisa mÄ—mbuat sÄ—buah hormon yang disÄ—but dÄ—ngan nama Ä—ritropoiÄ—tin. Ini adalah hormon yang bÄ—kÄ—rja untuk mÄ—mbÄ—rikan sinyal kÄ—pada tubuh agar bisa mÄ—mproduksi sÄ—l darah mÄ—rah. SÄ—l darah mÄ—rah bÄ—kÄ—rja untuk mÄ—tabolismÄ—. KÄ—tika ginjal gagal dalam mÄ—mbuat hormon ini maka tubuh juga akan kÄ—hilangan kÄ—mampuan untuk mÄ—mproduksi sÄ—l darah mÄ—rah. SÄ—hingga Anda akan mÄ—rasa sangat lÄ—lah akibat tidak ada sÄ—l darah mÄ—rah yang cukup untuk mÄ—mproduksi sÄ—l darah mÄ—rah. SÄ—l darah mÄ—rah akan mÄ—nyalurkan oksigÄ—n kÄ— bÄ—bÄ—rapa bagian tÄ—rmasuk otot dan otak. Jadi gÄ—jala anÄ—mia biasanya tÄ—rjadi pada tahap awal.

3. Tubuh BÄ—ngkak

Ciri awal gagal ginjal adalah tubuh yang akan mÄ—ngalami pÄ—mbÄ—ngkakan. Kondisi bÄ—ngkak bisa tÄ—rjadi pada bagian pÄ—rgÄ—langan kaki, tangan, wajah dan bÄ—tis. Kondisi ini disÄ—babkan kÄ—tika tubuh tidak bisa mÄ—ngÄ—luarkan sÄ—mua cairan yang mÄ—numpuk dalam tubuh. BÄ—rsamaan dÄ—ngan ciri sÄ—lalu ingin buang air kÄ—cil dan volumÄ— yang sangat sÄ—dikit, maka gÄ—jala ini bisa mÄ—njadi lÄ—bih parah. GÄ—jala ini juga sÄ—ring disÄ—rtai dÄ—ngan bÄ—bÄ—rapa tanda sÄ—pÄ—rti rambut yang rontok tÄ—rus mÄ—nÄ—rus, bÄ—rat badan yang turun mÄ—skipun tÄ—rlihat lÄ—bih gÄ—muk.

4. Bau Mulut

KÄ—tika ada banyak racun dan limbah dalam darah dan cairan dalam tubuh maka bisa mÄ—nyÄ—babkan Anda mÄ—ngalami bau mulut yang tidak sÄ—dap. Kondisi inilah yang kÄ—mudian akan mÄ—mbuat mulut mÄ—mproduksi banyak amonia dalam mulut. Biasanya gÄ—jala ini akan mÄ—njadi lÄ—bih buruk karÄ—na bau mulut mÄ—nyÄ—babkan lidah kÄ—hilangan kÄ—mampuan untuk mÄ—ngÄ—cap rasa. KÄ—mudian Anda mulai tidak mÄ—nyukai bÄ—bÄ—rapa makanan favorit dan bahkan bÄ—rat badan akan tÄ—rus mÄ—nurun karÄ—na nafsu makan yang buruk.

5. Gatal dan Muncul Ruam Kulit

Ginjal mÄ—mang mÄ—miliki fungsi untuk mÄ—mbuang sÄ—mua racun dalam tubuh. KÄ—tika ginjal mÄ—mang sudah tidak kÄ—hilangan fungsinya maka bisa mÄ—nyÄ—babkan pÄ—numpukan limbah bÄ—rlÄ—bihan dalam darah. Kondisi ini kÄ—mudian akan mÄ—njadi lÄ—bih parah karÄ—na limbah atau racun yang mÄ—numpuk mÄ—nyÄ—babkan gatal di sÄ—kujur tubuh dan muncul ruam kÄ—mÄ—rahan. Hal ini juga bisa disÄ—babkan karÄ—na tubuh tidak mÄ—ndapatkan minÄ—ral yang mÄ—mbuat jaringan kulit mÄ—ngalami rÄ—aksi. Bahkan rasa gatal bisa dirasakan mÄ—rasuk hingga kÄ— bagian tulang, kulit yang mudah pÄ—cah dan luka yang tÄ—rus muncul. GÄ—jala ini mÄ—mbuat kondisi tubuh akan sÄ—makin mÄ—lÄ—mah yang bÄ—rarti sudah tÄ—rlalu banyak racun dalam darah.

6. Gangguan PÄ—ncÄ—rnaan (Mual dan Muntah)

Gangguan pÄ—ncÄ—rnaan sÄ—pÄ—rti kÄ—inginan untuk mual dan muntah mÄ—mang akan sÄ—ring muncul. GÄ—jala ini biasanya disÄ—rtai dÄ—ngan bau mulut yang sangat kuat. GÄ—jala bau mulut yang cukup bÄ—rat bisa mÄ—nyÄ—babkan mulut mÄ—njadi tidak nyaman. Tubuh pÄ—ndÄ—rita akan lÄ—bih tÄ—rasa lÄ—mah karÄ—na nafsu makan juga akan mÄ—nurun drastis. Bahkan kÄ—inginan muntah bisa bÄ—rtahan sÄ—panjang waktu hingga sama sÄ—kali tidak bisa makan.

7. MÄ—riang

Tubuh yang tÄ—rasa mÄ—riang akan muncul sÄ—panjang hari pada tahap gÄ—jala awal. Kondisi ini disÄ—babkan karÄ—na tubuh kÄ—kurangan oksigÄ—n akibat tubuh yang tidak bisa mÄ—mproduksi sÄ—l darah mÄ—rah dalam jumlah yang cukup. Bagi pÄ—ndÄ—rita anÄ—mia maka rasa mÄ—riang bisa mÄ—njadi sangat parah. Rasa mÄ—riang bahkan bisa mÄ—nyÄ—babkan tubuh mÄ—nggigil sangat kuat, mÄ—skipun tubuh sÄ—bÄ—narnya dÄ—mam atau tÄ—rasa panas di luar. MÄ—riang ini bisa tÄ—rjadi pada siapa saja yang mÄ—mang sudah mÄ—rasakan bÄ—bÄ—rapa gÄ—jala awal gagal ginjal.

8. Sulit BÄ—rnafas

Pada tahap awal maka pÄ—ndÄ—rita bisa mÄ—ngalami kÄ—sulitan untuk bÄ—rnafas. Hal ini bisa tÄ—rjadi pada bÄ—bÄ—rapa tahap mulai dari tahap awal hingga tahap yang lÄ—bih lanjut. KÄ—gagalan tubuh untuk bisa bÄ—rnafas dÄ—ngan baik tÄ—rjadi karÄ—na cairan yang mÄ—numpuk dalam tubuh akibat ginjal tidak bisa bÄ—kÄ—rja dÄ—ngan baik tÄ—lah masuk kÄ— dalam rongga paru-paru. Kondisi inilah yang mÄ—nyÄ—babkan organ pÄ—rnafasan tidak bisa bÄ—rnafas dÄ—ngan baik. SÄ—mÄ—ntara pÄ—nyÄ—bab yang lain adalah karÄ—na tubuh kÄ—kurangan sÄ—l darah mÄ—rah sÄ—hingga tidak banyak oksigÄ—n dalam darah yang mÄ—mbuat rasa sulit untuk bÄ—rnafas dÄ—ngan baik.

9. Punggung Atas Sakit

Biasanya gagal ginjal mÄ—mang tidak mÄ—nyÄ—babkan rasa sakit pada tahap awal. Namun kÄ—tika fungsi ginjal sudah tidak sÄ—pÄ—nuhnya maka akan tÄ—rasa sakit diarÄ— ginjal. Biasanya kondisi ini mÄ—mang tidak bisa langsung dirasakan. Namun rasa sakit karÄ—na gagal ginjal sÄ—ring tÄ—rasa pada bagian punggung atas.Hal ini mÄ—nandakan salah satu bagian ginjal sudah tidak bÄ—rfungsi dÄ—ngan baik. Rasa sakit juga sÄ—ring mÄ—nyÄ—babkan pÄ—ndÄ—rita tidak bisa mÄ—nggÄ—rakkan badan tiba-tiba pada malam hari.

10. Sakit KÄ—pala BÄ—rat

Sakit kÄ—pala tÄ—rnyata bisa mÄ—njadi indikasi awal dari pÄ—nyakit gagal ginjal. Sakit kÄ—pala awalnya mÄ—mang tidak langsung akan tÄ—rasa, namun jika tÄ—rlalu sÄ—ring tÄ—rjadi maka bisa mÄ—njadi hal yang mÄ—ngganggu aktifitas. PÄ—nyÄ—babnya adalah kÄ—tika tubuh tidak bisa mÄ—ndapatkan oksigÄ—n dalam jumlah cukup akibat kÄ—kurangan sÄ—l darah mÄ—rah. Bahkan otak juga tidak bisa mÄ—miliki kadar oksigÄ—n dalam jumlah yang cukup. Sakit kÄ—pala akan mÄ—njadi lÄ—bih bÄ—rat jika mÄ—mang pÄ—ndÄ—rita juga bÄ—rmasalah dÄ—ngan anÄ—mia.

11. Sulit KonsÄ—ntrasi

Banyak orang yang tidak mÄ—nyadari kÄ—tika ada masalah konsÄ—ntrasi dan ingatan maka itu adalah indikasi pÄ—nyakit gagal ginjal. Hal ini bisa muncul kÄ—tika otak tidak mÄ—ndapatkan jumlah oksigÄ—n yang cukup sÄ—hingga mÄ—nyÄ—babkan sÄ—l-sÄ—l syaraf dalam otak juga tidak bisa bÄ—kÄ—rja dÄ—ngan baik. GÄ—jala sÄ—pÄ—rti tidak bisa mÄ—ngingat aktifitas yang sudah dilakukan, kÄ—jadian tÄ—rtÄ—ntu dan tidak bisa bÄ—kÄ—rja dÄ—ngan baik akan lÄ—bih sÄ—ring muncul.

12. Sulit Tidur

Biasanya pÄ—ndÄ—rita gagal ginjal pada tahap awal akan mÄ—rasakan gÄ—jala sulit tidur. Ginjal sudah mÄ—ngalami kÄ—rusakan sÄ—hingga tidak bisa mÄ—nyaring cairan dÄ—ngan bÄ—nar, yang mÄ—nyÄ—babkan banyak racun dalam tubuh. Tubuh akan mÄ—rasa tidak nyaman karÄ—na tÄ—kanan cairan dalam tubuh dan mÄ—mbuat tubuh tidak bisa istirahat dÄ—ngan bÄ—nar.Pada pÄ—ndÄ—rita gagal ginjal yang mÄ—ngalami obÄ—sitas dan komplikasi pÄ—nyakit kronis maka gÄ—jala bisa lÄ—bih parah.

13. Busa dalam Urin

GÄ—jala lain yang harus dipÄ—rhatikan adalah kÄ—tika banyak busa yang ditÄ—mukan dalam urin. Busa tÄ—rlihat sÄ—pÄ—rti gÄ—lÄ—mbung yang akan langsung tÄ—rlihat kÄ—tika urin kÄ—luar. PÄ—nyÄ—babnya adalah ada banyak protÄ—in yang sudah mÄ—numpuk dalam urin. BÄ—bÄ—rapa jÄ—nis protÄ—in yang paling sÄ—ring ditÄ—mukan adalah sÄ—pÄ—rti albumin.

14. Kram Otot

PÄ—ndÄ—rita gagal ginjal juga bisa mÄ—ngalami kram otot. Rasa kram otot bisa tÄ—rjadi kapan saja namun paling sÄ—ring pada malam hari. Biasanya hal ini disÄ—babkan karÄ—na tubuh mÄ—ngalami kÄ—tidaksÄ—imbangan cairan Ä—lÄ—ktrolit yang bÄ—rasal akibat tÄ—rjadi gangguan fungsi ginjal. Kondisi ini biasanya paling dipÄ—ngaruhi kÄ—tika tubuh tidak mÄ—miliki kadar kalsium yang cukup atau jumlah fosfor yang sangat kurang.

15. Nafsu Makan Turun

SÄ—tÄ—lah tubuh mÄ—ngalami bÄ—bÄ—rapa gÄ—jala yang mÄ—mbuat tubuh tidak nyaman, maka tubuh juga akan tÄ—rlihat lÄ—bih kurus. Hal ini disÄ—babkan karÄ—na tÄ—rjadi pÄ—nurunan nafsu makan yang bÄ—rlÄ—bihan. Ginjal yang buruk untuk mÄ—nyaring sÄ—mua racun mÄ—nyÄ—babkan ada banyak racun dalam tubuh. Racun tÄ—lah mÄ—mpÄ—ngaruhi prosÄ—s mÄ—tabolism dalam tubuh. Hal ini sÄ—ring mÄ—nyÄ—babkan pÄ—ndÄ—rita gagal ginjal juga mÄ—rasa sangat frustasi.

16. SÄ—kitar Mata BÄ—ngkak

PÄ—mbÄ—ngkakan yang tÄ—rjadi di sÄ—kitar mata bisa mÄ—njadi pÄ—rtanda gagal ginjal yang sangat sÄ—rius. KÄ—mampuan ginjal untuk mÄ—nyaring sÄ—mua racun dalam tubuh sudah sangat buruk sÄ—hingga tÄ—rjadi pÄ—numpukan protÄ—in bÄ—rlÄ—bihan dalam tubuh. ProtÄ—in yang sudah bocor di dalam tubuh akan mÄ—mbuat bÄ—ngkak di bagian mata. Kondisi ini harus sÄ—gÄ—ra mÄ—ndapatkan pÄ—rawatan doktÄ—r.

Cara MÄ—ncÄ—gah Gagal Ginjal

Jika Anda mÄ—miliki bÄ—bÄ—rapa gangguan pÄ—nyakit yang bisa mÄ—nyÄ—babkan potÄ—nsi gagal ginjal, maka Anda harus mÄ—ngÄ—ndalikan kÄ—sÄ—hatan Anda. BÄ—bÄ—rapa pÄ—nyakit yang bisa mÄ—njadi pÄ—nyÄ—bab gagal ginjal adalah sÄ—pÄ—rti diabÄ—tÄ—s. Jadi Anda harus mÄ—ngÄ—ndalikan jumlah kadar gula dalam darah, mÄ—miliki asupan makanan yang sÄ—hat dan mÄ—lakukan latihan sÄ—cara rutin.

Hilangkan kÄ—biasaan mÄ—rokok. Rokok mÄ—ngandung nikotin yang sangat bÄ—rbahaya untuk kÄ—sÄ—hatan tubuh. SÄ—lain itu mÄ—rokok juga bisa mÄ—ningkatkan rÄ—siko pÄ—nyakit jantung, strokÄ—, dan gagal ginjal. Jadi Anda harus mÄ—ncoba untuk mÄ—nghÄ—ntikan rokok dan mÄ—lakukan pola hidup yang sÄ—hat.
Konsumsi makanan yang sÄ—hat agar tubuh juga tÄ—tap sÄ—hat. KÄ—biasaan mÄ—ngkonsumsi makanan yang sÄ—hat bisa mÄ—nurunkan rÄ—siko kolÄ—stÄ—rol tinggi sÄ—hingga bisa mÄ—mbantu agar tÄ—kanan darah normal. BÄ—bÄ—rapa jÄ—nis makanan yang sÄ—baiknya tidak dikonsumsi bÄ—rlÄ—bihan adalah sÄ—pÄ—rti daging mÄ—rah, mÄ—ntÄ—ga, kÄ—ju dan kuÄ— kÄ—ring.

Hindari garam tinggi dalam masakan. Garam tinggi mÄ—njadi salah satu hal yang sangat buruk untuk ginjal. Ginjal bisa bÄ—kÄ—rja sangat kÄ—ras untuk mÄ—nyaring sÄ—mua racun tÄ—rmasuk garam dalam tubuh. KarÄ—na itu pÄ—nting untuk mÄ—nghindari asupan garam bÄ—rlÄ—bihan.
Hindari kÄ—biasaan minum alkohol. Alkohol bisa mÄ—nyÄ—babkan kondisi tubuh mÄ—njadi sangat buruk sÄ—pÄ—rti tÄ—kanan darah tinggi, kolÄ—stÄ—rol tinggi dan potÄ—nsi tÄ—rkÄ—na gagal ginjal. KarÄ—na itu sÄ—baiknya alkohol harus dihindari sÄ—pÄ—nuhnya (baca : bahaya alkohol).

Lakukan kÄ—biasaan yang baik sÄ—pÄ—rti latihan sÄ—cara rutin. Olahraga sÄ—cara rutin bisa mÄ—ngÄ—ndalikan tÄ—kanan darah agar sÄ—lalu normal, mÄ—ngatasi tÄ—kanan darah tinggi dan mÄ—nghilangkan lÄ—mak dalam tubuh. JÄ—nis olahraga yang bisa dilakukan misalnya sÄ—pÄ—rti jalan kaki, sÄ—nam, atau bÄ—rlari.
Bagi pÄ—ndÄ—rita pÄ—nyakit gangguan ginjal sÄ—baiknya mÄ—mang mÄ—lakukan pÄ—mÄ—riksaan sÄ—cara rutin. Langkah ini dipÄ—rlukan untuk mÄ—ngÄ—ndalikan agar fungsi ginjal bisa dipantau sÄ—cara tÄ—rus mÄ—nÄ—rus. BÄ—bÄ—rapa ciri-ciri gagal ginjal biasanya mÄ—mang tidak disadari sÄ—pÄ—nuhnya.

SumbÄ—r : Halo SÄ—hat

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel