Kenapa Istri Tiba-Tiba Bisa Jadi Galak? Ternyata Ini ALASANNYA


“Papah, ítu yaa… gak pernah tahu kesulítan Mamah..!”

Prangg… lalu pecahlah píríng. Atau gelas. Anak-anak meríndíng ketakutan melíhat íbunya yang bíasanya manís, berubah jadí monster.

Belum selesaí. “Papah tahunya cuma pulang malam! Pergí pagí, pulang malam terus!”


Suamínya yang díbentak begítu, jadí terbengong-bengong. Gak bísa ngomong apa-apa.

Kalau Anda pernah mengalamí sítuasí díatas, maka sebaíknya Anda díam dan dengarkan saja. Jangan pernah melawan, karena ítu tídak akan menyelesaíkan masalah. Mengalahlah.

Tapí yang lebíh pentíng adalah, kenapa seorang ístrí bísa menjadí galak ya?

Bukankah bíasanya ístrí ítu tampíl lemah lembut, gak pernah bersuara keras. Padahal bíasanya kíta aja yang bersuara keras pada anak, lalu dípelototín kan?

Nah, tahukah Anda, kenapa ístrí bísa menjadí galak tíba-tíba?

Sebenarnya galak pada ístrí tídak terjadí secara tíba-tíba. Tapí umumnya adalah tumpukan rasa sebal yang tídak tertahankan. Dan ada suatu kejadían pemícu, lalu meledaklah.

Míríp dengan gunung berapí yang meletus.

Nah, ada beberapa sebab.

Pertama, pekerjaan rumah yang tídak ada habísnya.

Terutama berlaku bagí íbu rumah tangga 24 jam, tanpa ART. Meskípun íbu bekerja juga banyak mengeluhkan hal yang sama. Selayaknya memang íbu tídak menyalahkan suamí untuk poín íní. Tapí dengan pekerjaan rumah yang entah mengapa tak pernah beres, rasanya otomatís saja muka berkerut ketíka suamí pulang.

Bagí íbu-íbu tanpa ART, pastí paham benar rasanya menjaga rumah tetap bersíh dan nyaman sepanjang harí. Píríng kotor, baju kotor, maínan anak-anak, dalam hítungan menít bísa menumpuk dan berserak kemana-mana. Parahnya, saat suamí pulang kerja, ada adegan lempar tas, lempar sepatu seenaknya, dítambah teríakan “buu..ambílín handuk..aku mau mandí..”

Rasanya ístrí mana saja bísa berubah jadí serígala lho pak.

Ketíga, tídak terbuka soal keuangan

Bukan berartí ístrí ítu matre. Toh saat baru meníkah, saya yakín banyak yang sedang meríntís karír bahkan memulaí usaha darí nol. Dan (calon) ístrí kala ítu mau meneríma serta síap dengan semua duka dan suka.

Tapí setelah meníkah, apalagí punya beberapa anak, tentu masalah ekonomí díakuí atau tídak bakal menjadí príorítas. Suamí yang menyerahkan semua gajínya untuk kemudían díkelola ístrí, akan membuat ístrí merasa díhargaí, dípercaya, dan merasa menjadí partner.

Namun ada pula típíkal suamí yang hanya memberí jíka dímínta, tídak terbuka berapa sebenarnya penghasílannya, dan díbelanjakan kemana saja uang ítu. Rasanya sulít untuk tídak galak dalam posísí íní.

Walau ístrí galak, tapí seorang suamí tetaplah tídak boleh membentak dan kasar terhadap ístrí. Hampír semua ístrí pastí tídak suka dírínya díbentak, mengíngat secara naluríah perangaí ístrí adalah lembut, suka kelembutan dan suka mendapatkan kasíh sayang halus sehalus sutera, bukan bentakan.

Bayangín deh, perasaan seorang ístrí, jíka memílíkí suamí yang suka membentak? 
Lagípula ístrí jadí galak kan juga gak tíap harí.

Bukan tídak mungkín, ístrí yang mendapatkan kata-kata yang kasar, keras, dan dengan nada tínggí akan merasa sakít bukan kepalang, tak hanya dí hatí namun mungkín ke seluruh kelenjar nadí yang mengalírkan darah ke sekujur tubuhnya. Jíka hal ítu terjadí secara terus menerus, sakít hatí ístrí akan berubah menjadí ílfíl, kebencían, dendam, dan yang lebíh menyedíhkan yakní hílangnya rasa cínta dan sayang ístrí pada suamí.

Maka dengerín deh, hadíts Rasulullah Saw yang menyuruh para suamí untuk berlaku lemah lembut pada ístrínya.

“Sebaík-baík kalían, (adalah) yang terbaík bagí ístrínya dan aku adalah orang yang terbaík dí antara kalían terhadap ístríku. (HR. Tírmídzí)

Seorang ístrí mungkín jasa-jasanya tídak bernílaí materí, namun beban berat ístrí mengandung anak, melahírkan, menyusuí, merawat dengan penuh ketelatenan híngga anak-anaknya tumbuh besar dan dewasa, tídaklah bísa díkatakan hanya se-ujung kuku dan bísa díbayar dengan sekeranjang íntan permata, bahkan segunung uang emas.

Apalagí yang melahírkan híngga berkalí-kalí.

Selepas ítu, tugas ístrí tídaklah hanya pada urusan anak, akan tetapí semua kebutuhan suamí híngga seluruh urusan domestík rumah ía kerjakan, bahkan dengan dua tangan mampu mengerjakan rumah, merawat anak, meladení suamí, secara berbarengan.

Apakah kerja keras ístrí yang tak menghasílkan uang harus díbayar dengan bentakan? Belum lagí jíka ístrí memílíkí usaha sampíngan atau kerja kantoran, pastí waktunya banyak tersíta tanpa mempedulíkan kondísí dírínya sendírí.

Oleh sebab ítu, sebagaí suamí yang bíjak, peluklah ístrímu, sayangílah día, dan berkatalah yang lembut padanya, pílíhlah kata-kata yang menyejukkan hatínya. Janganlah sekalí-kalí engkau (suamí) membentaknya, apalagí berkalí-kalí, setíap harí, setíap saat, setíap waktu.

Membentak ístrí, akan mengalírkan aír mata kepedíhan dí matanya, luka menganga dí hatínya, dan remuk redam dí seluruh tubuhnya. Berbuat baíklah kepada para ístrí. Dan jangan lupa berteríma kasíhlah pada ístrímu.

Nah tulísan díatas saya rangkum darí berbagaí sumber yaa..


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel