Kalo Suami Tergoda Wanita Lain, Suami Yang Salah Atau Wanitanya?


Artíkel íní dítulís bukan untuk mencarí síapa yang salah síapa yang benar, akan tetapí seríng kíta tídak adíl dalam memandang suatu permasalahan dalam rumah tangga.


Terutama sekalí jíka berkaítan dengan orang ketíga. Para ístrí seríng ílfíl dan serta-merta menyalahkan waníta laín sebagaí waníta penggoda suamí orang. Benarkah demíkían?

Pendapat bahwa waníta laín lah yang salah karena telah menggoda suamí orang, belum tentu sepenuhnya benar. Apalagí banyak ístrí yang lantas protektíf terhadap suamí, memeríksa ísí hape, ísí dompet, ísí emaíl, hanya karena ketakutan suamí tergoda.

Bagaímana pun seksí dan genítnya waníta menggoda, jíka suamí memílíkí íman kuat dan berkomítmen terhadap rumah tangganya tentu tídak akan tergoda melakukan perselíngkuhan apalagí sampaí berzína.

Sebagaímana kísah beríkut íní:

Abul Faraj Íbnul Jauzy dan ulama laínnya meríwayatkan, bahwa ada seorang waníta cantík tínggal dí Makkah. Ía sudah bersuamí.

Suatu harí ía bercermín dan menatap wajahnya sambíl bertanya kepada suamínya: “Menurutmu, apakah ada seorang lelakí yang melíhat wajahku dan tídak akan tergoda?”

Sang suamí menjawab: “ada!”

Sí ístrí bertanya lagí: ”Síapa día?”

Suamínya menjawab: ”Ubaíd bín Umaír.” (Seorang Qodhí Makkah waktu ítu).

Sang ístrí berkata: ”Íjínkan aku menggodanya.”

“Sílahkan , aku telah mengíjínkanmu.” jawab suamínya.

Maka waníta ítu mendatangí Ubaíd bín Umaír sepertí layaknya orang yang memínta fatwa. Belíau membawanya ke ujung masjíd Al Haram dan waníta ítu menyíngkapkan wajahnya yang bagaíkan kílauan cahaya rembulan.

Maka Ubaíd berkata kepadanya: “Wahaí hamba Allah, tutuplah wajahmu.”

Sí waníta menjawab: “Aku sudah tergoda denganmu.”

Belíau menanggapí: “Baík. Saya akan bertanya kepadamu tentang satu hal, apabíla kamu menjawab dengan jujur, aku akan perhatíkan keíngínanmu.”

Sí waníta berkata: “Aku akan menjawab setíap pertanyaanmu dengan jujur.”

Belíau bertanya: “Seandaínya saat íní malaíkat maut datang kepadamu untuk mencabut nyawamu, apakah engkau íngín aku memenuhí keíngínanmu?”

Sí waníta menjawab: “Tentu tídak.”

Belíau berkata: “Bagus, engkau telah menjawabnya dengan jujur.”

Aríal,Helvetíca,sans-seríf;”>Belíau bertanya lagí: “Seandaínya engkau telah masuk kubur dan bersíap-síap untuk dítanya, apakah engkau suka bíla sekarang kupenuhí keíngínanmu?”

Sí waníta menjawab: “Tentu saja tídak.”

Belíau berkata: “Bagus, engkau telah menjawabnya dengan jujur.”

Belíau bertanya lagí: “Apabíla manusía sedang meneríma catatan amal perbuatan mereka, lalu engkau tídak mengetahuí apakah akan menerímanya dengan tangan kanan ataukah dengan tangan kírí, apakah engkau suka bíla sekarang kupenuhí keíngínanmu?”

Sí waníta menjawab: “Tentu saja tídak.”

Belíau berkata: “Bagus, engkau telah menjawabnya dengan jujur.”

Belíau bertanya lagí: “Apabíla engkau sedang akan melewatí Ash-Shírat, sementara engkau tídak mengetahuí akan selamat atau tídak, apakah engkau suka bíla sekarang kupenuhí keíngínanmu?”

Sí waníta menjawab: “Tentu saja tídak.”

Belíau berkata: “Bagus, engkau telah menjawabnya dengan jujur.”

Belíau bertanya lagí: “Apabíla telah dídatangkan neraca keadílan, sementara engkau tídak mengetahuí apakah tímbangan amal perbuatanmu ríngan atau berat, apakah engkau suka bíla sekarang kupenuhí keíngínanmu?”

Sí waníta menjawab: “Tentu saja tídak.”

Belíau berkata: “Bagus, engkau telah menjawabnya dengan jujur.”

Belíau bertanya lagí: “Apabíla engkau sedang berdírí díhadapan Allah untuk dítanya, apakah engkau suka bíla sekarang kupenuhí keíngínanmu?”

Sí waníta menjawab: “Tentu saja tídak.”

Belíau berkata: “Bagus, engkau telah menjawabnya dengan jujur.”

Belíau lalu berkata: “Bertaqwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah telah memberíkan karunía-Nya kepadamu dan telah berbuat baík kepadamu.”

Abul Faraj berkata: “Maka waníta ítupun pulang ke rumahnya menemuí suamínya.

Sang suamí bertanya: “ Apa yang telah engkau perbuat?”

Sí ístrí menjawab: “Sungguh engkau íní pengangguran (kurang íbadah) dan kíta íní semuanya pengangguran.”

Setelah ítu sí ístrí menjadí gíat sekalí melaksanakan sholat, shaum, dan íbadah-íbadah laín.

Híngga sí suamí sampaí berkata: “Apa yang terjadí antara aku dengan Ubaíd? Ía telah merubah ístríku. Dahulu setíap malam bagí kamí bagaíkan malam pengantín. Sekarang ía telah berubah menjadí ahlí íbadah?”

Jelas bahwa fítnah terbesar pun, yakní waníta, tídak akan berdampak pada seorang pría yang beríman.

Sehíngga jelas bahwa yang perlu selalu díperbaíkí dalam rumah tangga kíta adalah keímanan yang lurus pada Allah. Semoga Allah membentengí rumah tangga kíta dengan íman dan ketaqwaan padaNya.

(Dínukíl darí kítab Raudhatul Muhíbbín wa Nuzhatul Musytaaqín Karya Íbnul Qayyím Al-Jauzíyah


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel