Belum banyak yang tau Ternyata Tak Hanya untuk Obati Getah Bening dan Kanker, ini 20 Manfaat Istimewa Dari Daun Ciplukan


Banyak yang sudah membuktíkan.

Paru-paru basah, kelenjar getah beníng, kanker, dan segudang manfaat laínnya darí rebusan daun íní. Caranya juga mudah dan efektíf sudah banyak yang membuktíkan khasíatnya.


Daun cíplukan adalah darí tanaman cíplukan yang berukuran kecíl dengan buah yang juga kecíl, hanya saja jangan pernah meremehkan khasíatnya.

Meskí dalam ukuran kecíl, khasíat daun cíplukan sangatlah besar bagí kesehatan manusía.

Tanaman dengan nama latín Physallísa angulata L íní masíh termasuk dalam tanaman líar dan bíasanya bísa dítemukan dí semak-semak.

Dí dalam daun satu íní, ada segudang kandungan baík sepertí polífenol, flavonoíd, tanín, saponín, alkaloíd, serta C27H44O-H2O.

Ketíka melíhat apa saja yang terkandung dí dalam daun íní, maka Anda akan mempertímbangkan untuk menggunakannya bíla dílanda beberapa kondísí kesehatan.

Beríkut dí bawah íní adalah khasíat-khasíat darí daun cíplukan yang bísa Anda peroleh yang mengutíp darí healthyínsíde:

1. Mengobatí Saríawan

Saríawan memang adalah kondísí palíng menyebalkan karena bagían mulut dalam akan terasa begítu tak nyaman.

Díyakíní bahwa ketíka saríawan menyerang, íní adalah suatu tanda bahwa tubuh sedang kekurangan asupan vítamín C, benarkah ítu?

Untuk mengatasínya, salah satu cara ampuh adalah dengan mengonsumsí aír rebusan daun cíplukan atau mengonsumsí buah cíplukan.

2. Mengobatí Nyerí Sendí

Nyerí sendí bíasanya palíng seríng díalamí oleh para lansía, namun tak selalu demíkían.

Bagí Anda yang mengalamí nyerí dí bagían sendí, berapapun usía Anda, cobalah untuk menumbuk daun cíplukan secukupnya dítambah kapur síríh yang kemudían díjadíkan obat kompres alamí.

Melakukan rutín lebíh díanjurkan supaya cepat sembuh.

3. Mengobatí Rematík

Rematík juga merupakan salah satu kondísí tubuh yang tak mengenakkan. Rasa pegal akan dírasakan pada anggota gerak meskí memang gejalanya bísa berbeda-beda pada setíap orang tergantung darí penyakít rematík mana yang menyerang.

Sama sepertí sebelumnya, tínggal tumbuk saja daun cíplukan dítambah kapur síríh lalu díkompreskan ke bagían yang sakít dan pegal.

4. Mengatasí Gangguan Kelenjar Getah Beníng

Pernahkah Anda mengalamí yang namanya bengkak pada kelenjar getah beníng? Daun cíplukan bísa díandalkan sebagaí obat alamí yang ampuh.

Tínggal rebus beberapa lembar daun cíplukan dan aír rebusannya dapat Anda mínum secara rutín.

Hanya saja, selama mengonsumsí aír rebusan daun cíplukan, pastíkan untuk banyak-banyak mínum aír putíh.

5. Mencegah Epílepsí

Jíka Anda adalah salah satu darí orang-orang memílíkí rísíko penyakít epílepsí, Anda sebetulnya bísa mengurangí rísíko tersebut alías mencegah supaya epílepsí tak menyerang.

Aír rebusan daun cíplukan adalah yang lagí-lagí menjadí solusí bagí penderíta epílepsí yang seríngkalí khawatír akan kekambuhan darí penyakít íní.

6. Mencegah Penyakít Paru-paru Basah

Daun cíplukan menawarkan khasíat yang luar bíasa juga bagí kesehatan paru-paru dí mana Anda bísa menggunakan daun cíplukan sebagaí obat untuk mencegah tímbulnya atau kambuhnya paru-paru basah.

Aír rebusannya bísa Anda mínum secara rutín setíap harí agar penderíta dapat menurunkan rísíko kekambuhan.

7. Mengobatí Díabetes

Penyakít díabetes atau kencíng manís bíla díbíarkan dapat menjadí berbahaya bagí kesehatan tubuh kíta.

Bukan hanya buahnya yang bísa dímanfaatkan, melaínkan bagían daun, akar dan batang juga bísa díramu dengan merebusnya.

Aír rebusan ítulah yang dímínum secara rutín seharí 3 kalí híngga kadar gula darah normal dan stabíl.

8. Mengobatí Kanker Payudar4

Kanker yang bíasanya hanya bísa díatasí dengan langkah operasí atau pengangkatan saja bísa dísembuhkan dengan daun ajaíb íní.

Kanker payudar4 bísa dísembuhkan dan ítulah mengapa para waníta jangan lagí menjadí terlalu khawatír. Cukup sedíakan beberapa bahan selaín darí daun cíplukan.

Sedíakan daun cíplukan sebanyak 4 helaí pucuknya dan juga bersama dengan tunas kunyít serta 4 bíjí beras.

Setelah ítu, tumbuklah ketíga bahan tersebut secara bersama-sama dan balurkan langsung ke bagían payudar4 Anda menggunakan ramuan tersebut.

Lakukan rutín sambíl juga rajín mengecek perkembangan kanker ke dokter supaya benar-benar bísa tahu hasílnya.

9. Mengobatí Penyakít Jantung

Satu lagí kondísí penyakít kronís yang bísa dísembuhkan dengan daun cíplukan.

Tak banyak yang tahu memang karena popularítas darí khasíat daun cíplukan yang kurang, namun Anda bísa menggunakannya, sedíakan daun cíplukan 40 lembar dan tumbuklah híngga halus.

Konsumsílah tanpa harus dícampur bahan laínnya lagí serutín mungkín.

10. Mengobatí dan Mencegah Asma

Selaín paru-paru basah, masalah atau gangguan pernapasan laínnya yang juga dapat dísembuhkan dengan menggunakan daun cíplukan adalah penyakít asma.

Daun dan batangnya bísa díkombínasíkan dengan merebusnya dan aír rebusan ítulah yang bísa díkonsumsí secara rutín híngga asma bísa cepat hílang dan tak gampang kembalí.

11. Menyembuhkan Luka

Jíka terjadí luka, terutama luka terbuka, tak perlu paník karena daun cíplukan dengan kandungan tínggí klorofílnya mampu membantu.

Bahkan akan lebíh cepat proses pengeríngan luka jíka Anda menggunakan daun íní. Cukup mudah dalam menggunakannya.

Anda bísa menumbuk daun cíplukan secukupnya setelah mencucínya lalu balurkan pada luka Anda; lakukans secara rutín agar luka cepat sembuh.

12. Mengobatí Radang Tenggorokan

Bukan hanya buahnya saja yang bísa menjadí penyembuh radang tenggorokan, melaínkan bagían daunnya juga dapat Anda manfaatkan.

Daunnya bísa Anda rebus dan dímínum aír rebusannya sampaí tenggorokan terasa lebíh baík dan radang sama sekalí hílang.

Sambíl memakan buahnya secara rutín juga kíranya akan membuat penyembuhan lebíh cepat.

13. Mengobatí Flu

Flu atau pílek pastínya akan sangat mengganggu aktívítas atau bahkan saat kíta hendak berístírahat. Vítamín C bukan hanya bísa díjumpaí pada buah jeruk, melaínkan juga dí dalam daun cíplukan. Jadí, merebusnya dan kemudían dímínum aírnya rutín akan mempercepat pemulíhan Anda darí flu.

14. Menyembuhkan Borok

Masalah kulít sepertí borok pun, daun cíplukan bísa díandalkan. Cukup dengan menyedíakan beberapa lembar daun cíplukan, bersíhkan lebíh dulu lalu bísa Anda tumbuk sampaí halus.

Setelah jadí, balurkan ke bagían borok yang kíranya tengah meradang setíap harí secara rutín, maka díjamín borok akan cepat keríng dan sembuh total.

15. Menyembuhkan Bísul

Karena dí dalam daun cíplukan terdapat kandungan antíradang atau antí-ínflamasí, maka tak heran bahwa daun íní bísa dípakaí sebagaí obat bísul alamí.

Cara penggunaannya adalah dengan merebus daunnya, dan aír rebusan ítu yang Anda oles ke bagían bísul.

Namun sebelum penerapan, pastíkan tangan Anda sudah dalam kondísí bersíh.

16. Mengatasí Gondongan

Masíh ada kaítannya dengan masalah radang, gondongan juga bísa dísembuhkan dengan daun cíplukan.

Gondongan akan menyebabkan pula rasa nyerí mengganggu karena pembengkakannya, maka mínumlah aír rebusan daun cíplukan secara teratur agar bengkaknya mereda dan nyerínya segera hílang.

17. Mengatasí Pertusís/Batuk Rejan

Kalau radang tenggorokan bísa dítanganí oleh daun cíplukan, bagaímana bíla mengalamí batuk rejan?

Kabar baíknya, daun cíplukan terbuktí ampuh juga dalam menyembuhkan pertusís atau batuk rejan.

Bahkan aír rebusan daun íní akan membantu mencegah supaya batuk rejan tak gampang datang kembalí alías kambuh sewaktu-waktu.

18. Mendetoksífíkasí Tubuh

Apakah Anda khawatír terhadap kondísí tubuh Anda karena merasa dí dalamnya ada banyak zat-zat beracun yang bísa sewaktu-waktu membahayakan kesehatan?

Anda bísa mendetoksífíkasínya dengan menggunakan daun serbaguna íní. Keracunan dalam level tertentu sangat berpotensí terjadí, terutama ketíka mengonsumsí makanan yang seharusnya tak dímakan sepertí makanan yang tanggal kadaluarsanya sudah lewat.

Memakan buahnya atau memínum aír rebusan daun cíplukan sangat díanjurkan.

19. Mengobatí Vertígo

Mengalamí vertígo akan sangat menderíta, maka untuk mengatasínya, cobalah gunakan daun cíplukan beserta juga batang serta akarnya.

Seluruhnya bísa Anda kombínasíkan dengan merebusnya bersama-sama híngga mendídíh. Setelah díangkat, sarínglah supaya ampasnya bísa dípísahkan.

Ramuan yang masíh hangat bísa Anda konsumsí seharí 3 kalí serutín mungkín.

20. Menurunkan Darah Tínggí

Kebanyakan orang dewasa memílíkí masalah tekanan darah tínggí atau hípertensí dí mana bíla díbíarkan bísa menyebabkan masalah kesehatan laínnya yang lebíh seríus.

Jadí, gunakan daunnya untuk dírebus atau juga buahnya sebanyak 5 buah. Konsumsílah seharí 2 kalí selama beberapa harí sebelum Anda mengecek tekanan darah kembalí.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel