Info Penting!! Ternyata Jangan Langsung Mandi Setelah Bangun Tidur, Ini yang Akan Terjadi Pada Kesehatan Tubuh Anda!!

banyak orang yang cenderung langsung mandi segera setelah bangun tidur agar bisa segera bersiap diri untuk berangkat ke tempat kerja atau ke sekolah. Memang, dengan langsung menyegerakan mandi, tubuh bisa menjadi lebih segar dan kantuk pun cepat hilang. Namun, mandi setelah bangun tidur ternyata bisa memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan.


Meskipun terlihat sepele, mandi setelah bangun tidur ternyata bisa membuat kaget tubuh. Kaget yang dimaksud disini adalah saraf-saraf tubuh yang cenderung kaget. Hal ini ditandai dengan kecenderungan semakin berdebarnya tubuh setelah kita mandi. Kondisi ini disebabkan karena banyak saraf yang belum mampu memberikan keseimbangan untuk bergerak namun sudah dikagetkan dengan aktifitas mandi. 

Cara termudah untuk mengantisipasi hal – hal yang tidak diinginkan yakni dengan memberikan waktu bagi tubuh tetap berbaring lalu duduk perlahan. Dengan memberikan jeda ketika bangun tidur untuk tidak segera beranjak atau mandi akan meminimalisir gejala postural hipotensi.

Berikut beberapa bahaya bangun tidur langsung mandi :

1. Tekanan Darah Tidak Stabil
Kondisi tubuh ketika tidur akan berada pada posisi rileks dimana tekanan darah akan tersuply dengan merata keseluruh bagian tubuh terutama otak. Ketika terbangun dari tidur lalu langsung beranjak mandi maka darah akan menuju kaki secara mendadak. Akibatnya kinerja dan fungsi refleks sistem saraf yang mengendalikan organ tubuh akan teraganggu.

2. Tubuh Gagal Merespon
Ketika kondisi tubuh berada pada keadaaan yang baik maka mandi yang dilakukan secara langsung ketika bangun tidur tidak akan menunjukan gejela gangguan secara langsung, karena sistem tubuh mempunyai sirkulasi serta kekebalan yang tangguh. Namun kondisi tersebut biasanya tidak bertahan lama sehingga nantinya juga berpotensi menyebabkan kegagalan tubuh dalam merespon kondisi tubuh seperti munculnya rasa pusing, keringat dingin, pandangan kabur dan rasa lelah lesu serta kesemutan pada bagian tertentu.

3. Jantung Berdebar Lebih Kencang
Tekanan darah yang tidak stabil dapat menyebabkan minimnya supply darah menuju otak dan jantung. Hal ini sering mengakibatkan rasa pusing serta berjalan dengan tidak seimbang ketika beranjak dari bangun tidur langsung mandi. Sel – sel khusus atau barorecepators yang terdapat berada disamping jantung dan artetri yang terdapat pada leher akan berusaha menurunkan tekanan darah.
Proses penetralan dapat dilakukan dengan cara memompa darah lebih banyak, guna menstabilkan kembali tekanan darah agar normal kembali. Dampak dari proses ini yaitu adanya debar jantung yang lebih kencang dari biasanya.

4. Dislokasi Tulang pinggul
Diskolasi tulang pinggul merupak gejela dimana tulang pinggul mengalami pergeseran pada tempat yang tidak seharusnya. Sering kali peregeseran ini diakibatkan benturan keras pada tubuh. Namun tidak menutup kemungkinan dengan gaya hidup yang salah seperti langsung beranjak ketika terbangun dari tidur juga berpotensi terancam dislokasi tulang pingul. Sebaiknya jangan terburu – buru beranjak dari tempat tidur untuk mandi, berikan jeda waktu sebentar bagi tubuh untuk berfungsi secara normal kembali.

5. Kematian Mendadak
Untuk sebagian orang yang mempunyai keterbatasan waktu untuk istirahat atau tidur sebaiknya tidak mandi pagi harinya, Misal dalam Semalam Anda hanya mempunyai waktu istirahat hanya satu jam maka sebaiknya jangan terburu – buru mandi setelah bangun tidur.
Kondisi tubuh yang bekerja terus – menerus akan mengakibatkan suhu bagian tubuh dalam mengalami pemanasan sehingga ketika secara mendadak tersiram air yang dingin akan menyebabkan kondisi tubuh tidak stabil yang disebabkan penurunan suhu tubuh secara spontan. Jika daya tahan seseorang berada pada kondisi yang kurang baik dapat menyebabkan kematian mendadak akibat serangan jantung.

Hal yang Harus Dilakuan Setelah Tidur Berikut ini :

1. Biarkan mata Anda terbuka seutuhnya dan tetaplah berbaring beberapa saat.
2. Duduk ditempat tidur dan tarik nafas dalam – dalam untuk merelaksasi tubuh.
3. Lakukan peregangan ringan sebelum beranjak bangun.
4. Minum segelas air putih guna membantu merangsang sistem saraf dan melancarkan kinerja sistem pencernaan tubuh.
5. Setelah tekanan darah dalam tubuh telah seimbang, mandi dapat mengembalikan kebugaran dan kesegaran tubuh.
6. Lakukan olah raga sederhana seperti berjalan santai atau senam untuk peregangan otot – otot kaki.


Akibat bangun tidur langsung mandi harus anda perhatikan, karena efeknya bagi tubuh cukup berbahaya. Sebaiknya anda menghindari agar tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel