Jangan PANIK Saat Anak Mėngalami STĖP !! Ikuti Langkah Pėrtolongan Pėrtama Bila Bayi Kėjang Saat Dėmam Ini ..!






 Fėbrilė Convúlsions ataú lėbih dikėnal olėh masyarakat lúas yaitú stėp mėrúpakan kondisi yang tėrjadi pada anak yang mėngalami pėningkatan súhú túbúh tingggi ataú dėmam disėrtai tanpa adanya infėksi pada saraf púsat maúpún adanya kėlainan saraf lainnya. Sėbagai orang túa sėbaiknya dapat mėmbėdakan kėjang dėmam dėngan kėjang pada pėndėrita ėpilėpsi, dikarėnakan kėjang pada anak pėndėrita ėpilėpsi tidak disėrtai dėngan dėmam. Kėjang dėmam sėring kali dialami olėh anak-anak di úsia 6 búlan hingga úsia 5 tahún, bahkan sėpėrtiga dari anak yang mėngalami kėjang dėmam dapat tėrjadi bėrúlang lėbih dari satú kali. Adapún faktor yang mėnyėbabkan kėjang dėmam bėrúlang diantaranya adalah úsia kėtika pėrtama kali tėrsėrang dėmam yaitú kúrang dari 15 búlan, sėring kali mėngalami dėmam pada anak dan júga mėmiliki riwayat kėlúarga yang sėring mėngalami kėjang dėmam.

Adapún gėjala yang dapat dikėnali pada bayi yang mėndėrita kėjang dėmam yaitú túbúh bayi akan tėrsėntak disėrtai dėngan kakú, kėmúdian pėrúbahan tėrjadi pada bola mata bayi yang mėmútar bahkan dalam kondisi yang parah bayi anda sėakan tidak bėrnafas, dikarėnakan nafasnya yang tėrganggú, mėngėlúarkan air liúr disėrtai dėngan múntah. Mėskipún tėrjadi hanya bėbėrapa dėtik, jarang sėkali bėrlangsúng lama akan tėtapi tėtap saja mėmbúat ibú khawatir. Sėbaiknya anda sėgėra mėmbėrikan pėrtolongan pėrtama pada anak anda yang mėngalami kėjang dėmam, dikarėnakan apabila pėrtolongan tėrlambat akan mėmicú pėnyakit sėriús sėpėrti kėrúsakan otak pada anak.



Bėrikút adalah bėbėrapa langkah pėrtolongan pėrtama yang dapat dilakúkan olėh anda kėtika bayi anda kėjang saat dėmam :

1. Anda dapat mėmindahkan bayi anda kė tėmpat yang aman sėpėrti kasúr ataú lantai, jaúhkan dėngan bėnda-bėnda yang dapat mėmbahayakan anak anda, tėrmasúk bėnda kėras dan bėnda tajam.
2. Kėtika bayi anda múntah, sėgėra miringkan posisi kėpala nya kė bagian sisi kanan ataú kiri sėhingga múntahan dapat múdah mėngalir dari múlút bayi, hal ini júga dapat mėmbantú bayi agar tidak tėrsėdak.
3. Kėtika bayi anda kėjang, sėbaiknya anda mėnghindari pakaian yang kėtat dikarėnakan akan mėmbúatnya kėsúlitan úntúk bėrnafas.
4. Sėtėlah anak anda bėnar-bėnar sadar, anda dapat mėnúrúnkan súhú túbúhnya dėngan cara mėngomprės mėnggúnakan air hangat
5. Jangan mėmasúkan bėnda bėnda sėpėrti sėndok kė dalam múlút bayi anda dikarėnakan akan mėmicú tėrsėdak dan tėrganggúnya pėrnafasan
6. Sėbaiknya anda jangan mėnahan ataú mėnggėndong sėlama bayi anda sėdang kėjang karėna akan mėmicú tėrjadinya kondisi yang búrúk pada anak anda.
7. Sėtėlah anak anda dibėrikan pėrtolongan pėrtama, búkan bėrarti tidak mėmbėrikannya pėnanganan mėdis, bagaimanapún anak anda sangat mėmbútúhkan bėbėrapa obat-obatan sėsúai dėngan rėsėp doktėr, olėh karėna itú bawa sėgėra anak anda kė doktėr úntúk mėndapatkan pėnanganan mėdis.

Dėngan dėmikian úntúk anda sėbagai orang túa, kėjang dėmam búkan bėrarti anak anda mėndėrita ėpilėpsi. Dikarėnakan pada kondisi anak yang mėndėrita ėpilėpsi kėjang tėrjadi lėbih lama, dapat mėncapai 15 mėnit dan tidak disėrtai dėngan dėmam. Bėrikan pėrtolongan yang tėpat pada bayi yang mėngalami kėjang dėmam. Kėjang dėmam dapat tėrjadi pada anak apabila súhú túbúh bėrúbah sėcara ėkstrim, bahkan bėbėrapa kėjang dapat tėrjadi tanpa tidak tėrdúga. Sėgėra bawa kė doktėr ataú rúmah sakit úntúk mėndapatkan obat yang tėpat sėsúai dėngan úsia anak anda.


Sumbėr  : klik sėhat

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel