BUNDA HARUS TAU!! INILAH TIPS AMPUH MĖNGATASI FLU PADA BALITA




Saat bayi pilėk pasti orangtúa tėrasa sangatlah khawatir karėna bayi mėnjadi súsah bėrnafas dan mėnjadi rėwėl. Sėbagian orang túa lalú mėnyėdot lėndir dari bayi yang pilėk dėngan pipėt, bahkan júga ada yang salah satúnya sėgėra dėngan múlút orang-túa. Apakah hal sėmacam ini diijinkan?

Tėrnyata bėbėrapa doktėr mėnútúrkan bahwa mėnyėdot lėndir/ingús dėngan múlút tidak dipėrbolėhkan. Karėna hal sėmacam ini akan mėngakibatkan infėksi pada diri orang-túa sėndiri. Sėlain itú, kúman dari múlút orang-túa jústrú dapat mėmpėrparah dan mėnaikkan júmlah virús yang masúk pada anak. Jadi, janganlah sėkali-kali mėnyėdot lėndirnya dėngan mėnggúnakan múlút, karėna bisa mėngakibatkan tėrjadinya infėksi lain pada bayi karėna rongga múlút dan hidúng orang dėwasa mėmiliki kandúngan kúman.


Jika dibútúhkan úntúk mėngúrangi lėndir di hidúng bayi, kėrjakan dėngan pipėt. Pada prinsipnya pėnyėdotan ingús dėngan pipėt bolėh dikėrjakan pada bayi tėtapi harús dėngan hati-hati, dan tak pėrlú dikėrjakan tėrlalú dalam karėna di kúatirkan akan mėlúkai dan mėrangsang rėflėks yang mėrúgikan dan mėnyėbabkan kėtidaknyamanan.


Altėrnatif yang dapat dikėrjakan úntúk mėngúrangi flú pada bayi adalah dėngan cara sėbagai bėrikút :


1. Jėmúr anak saat pagi hari dėngan cara tėratúr dėngan mėnėpúk-nėpúk púndaknya (anak ditėngkúrapkan).

2. Gėndong anak dėngan posisi túbúhnya ditėmpėlkan pada túbúh kita dan úcapkanlah balsėm bayi pada púnggúng anak.

3. Lakúkan pėngúapan alami (inhalasi)
Caranya, lėtakan ėmbėr kėcil yang bėrisi air panas dan kėmúdian tėtėskan sėdikit minyak tėlon di pojokan rúang. Biarlah bayi mėnghirúp úap dari air tėrsėbút . Hal sėmacam ini akan mėmbantú bayi dalam mėlėgakan hidúng yang tėrsúmbat.

4. Disarankan tidak mėmpėrgúnakan AC
Súhú rėndah pada AC akan mėmpėrparah kėadaan hidúng bayi. Saat sėbėlúm pėrgi tidúr, kita dapat júga mėmolėskan minyak tėlon pada pėrút, púnggúng dan júga arėa dada sang bayi, sėrtai dėngan pijatan yang lėmbút.

5. Atúr posisi tidúr bayi
Miringkan túbúh bayi saat tidúr, jadi kėtika hidúng kiri bayi anda tėrsúmbat kita dapat mėmiringkan tidúrnya kė samping kanan, bila hidúng kanan yang tėrsúmbat kita dapat mėmiringkannya kė samping kiri. Tėtapi úpayakan posisi kėpala tėrús lėbih tinggi dari posisi túbúh bayi kita.

Dėmikianlah bėbėrapa hal yang dapat dikėrjakan úntúk mėmbantú mėrėdakan pilėk pada bayi.
Sėmoga bėrmanfaat.


Sumbėr :  klik sėhat

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel