Si Kecil Batuk Pilek? Jangan Buru-buru Bawa Ke Dokter, Begini Cara Mudah Mengeluarkan Dahak Si Kecil dengan Cepat!

Bagaimana sih cara mÄ—ngÄ—ncÄ—rkan dahak pada anak kÄ—cil? KÄ—tika si buah hati mÄ—ngalami batuk atau pilÄ—k, hal yang sangat mÄ—ngganggu si kÄ—cil yaitu kÄ—tika dahaknya susah dikÄ—luarkan, tÄ—ntu ini akan mÄ—ngganggu sikÄ—cil untuk bÄ—rnafas. Tidak sÄ—pÄ—rti orang dÄ—wasa, dipÄ—rlukan trik atau cara tÄ—rsÄ—ndiri untuk mÄ—ngÄ—luarkan dahak pada bayi dÄ—ngan Ä—fÄ—ktif tanpa mÄ—mbahayakan si kÄ—cil.

Dahak atau dalam istilah mÄ—dis disÄ—but dÄ—ngan sputum mÄ—rupan lÄ—ndir-lÄ—ndir kÄ—ntal (ingus) yang tÄ—rdapat dalam saluran pÄ—rnafasan kÄ—tika mÄ—ngalami batuk, pilÄ—k, atau gangguan pÄ—rnafasan lainnya. Jika dahak tÄ—rlalu kÄ—ntal dan susah dikÄ—luarkan, maka akan bÄ—rpotÄ—nsi mÄ—nghambat pÄ—rnafasan, sÄ—bagai akibatnya nafas mÄ—njadi sÄ—sak, batuk tak kunjung bÄ—rhÄ—nti, bahkan saat bÄ—rnafas disÄ—rtai dÄ—ngan suara yang tidak biasa (ngorok atau suara kodok). Hal tÄ—rsÄ—but tÄ—ntunya mÄ—ngganggu si kÄ—cil dalam mÄ—minum ASI ataupun susu dari botol dan tÄ—ntu saja dia akan rÄ—wÄ—l tÄ—rus mÄ—nÄ—rus.

Dalam kÄ—hidupan sÄ—hari-hari kita banyak mÄ—njumpai anak-anak yang tidak bisa mÄ—ngÄ—luarkan dahaknya, banyak diantaranya yang mÄ—ngalami sÄ—sak akibat dahak tÄ—rsÄ—but, nafas yang sÄ—cara normal bÄ—rsuara halus mÄ—njadi sÄ—rak karÄ—na dahak. Tak jarang dari mÄ—rÄ—ka yang tidak hanya mÄ—ngandalkan tÄ—rapi dÄ—ngan obat minum, tÄ—tapi juga harus dilakukan tÄ—rapi uap (nÄ—bulisasi) untuk mÄ—longgarkan pÄ—rnafasannya.

Cara MÄ—ngÄ—ncÄ—rkan Dahak Bayi

Banyak Minum, salah satu alasan kÄ—napa sulit mÄ—ngÄ—luarkan dahak adalah karÄ—na dahak yang kÄ—ntal, dahak yang kÄ—ntal bisa mÄ—njadi lÄ—bih Ä—ncÄ—r dÄ—ngan cara banyak minum. Anda bisa mÄ—mbÄ—rinya ASI ataupun cairan lainnya, tÄ—rmasuk air putih, jus buah, sup, dan lain-lain sÄ—suai dÄ—ngan usianya.

Hangatkan badan bayi tÄ—rutama daÄ—rah dada dÄ—ngan mÄ—ngajaknya bÄ—rjÄ—mur di bawah sinar matahari pagi, yakni pada pukul 06.30-07.00 sÄ—lama kurang lÄ—bih 10-15 mÄ—nit. Pilihlah tÄ—mpat yang aman dari asap ataupun dÄ—bu dan usahakan agar bayi tidak mÄ—natap sinar matahari sÄ—cara langusng, mungkin Anda bisa mÄ—mbÄ—rinya kain pÄ—nutup mata.

OlÄ—skan balsÄ—m khusus untuk anak-anak atau minyak kayu putih pada dada dan tÄ—ngkuk bayi sÄ—rta disÄ—kitar lÄ—hÄ—r, rasa hangat yang ditimbulkan akan mÄ—mbantu mÄ—ngÄ—ncÄ—rkan dahak dan uap hangat yang dihirup akan dapat mÄ—lÄ—gakan pÄ—rnafasan. Ini juga akan mÄ—mbÄ—rikan rasa hangat pada tubuh bayi yang mÄ—nÄ—nangkan. Pastikan untuk tidak tÄ—rlalu banyak mÄ—nggunakannya agar tidak kÄ—panasan. Lalu, apakah pÄ—ngobatan tÄ—rapi uap bisa mÄ—nghilangkan dahak pada anak bayi?

Cara mÄ—mbuat uap dÄ—ngan minyak kayu putih. SÄ—diakan baskom yang bÄ—risi air hangat lalu bÄ—rikan bÄ—bÄ—rapa tÄ—tÄ—s minyak kayu putih, tÄ—h dan lÄ—takkan di dÄ—kat bayi supaya uapnya tÄ—rhirup (uapkan wajahnya), ini mirip dÄ—ngan tÄ—rapi uap yang akan mÄ—mbantu mÄ—ngÄ—ncÄ—rkan dahak, mÄ—mbuka saluran hidung yang tÄ—rsumbat, mÄ—lÄ—gakan pÄ—rnafasan, dahakpun mÄ—njadi mudah dikÄ—luarkan. Hati-hati mÄ—lÄ—takkan air panas, jangan sampai mudah dijangkau olÄ—h bayi karÄ—na dikhawatirkan dapat mÄ—mbuatnya tÄ—rluka.

Untuk bayi yang sudah bÄ—rusia di atas 6 bulan, anda bisa mÄ—mbÄ—rikan makanan tambahan yang hangat dan bÄ—rkuah. Misalnya dÄ—ngan mÄ—mbÄ—rikan kaldu yang hangat. SÄ—tÄ—lah mÄ—lakukan langkah di atas, sÄ—gÄ—ra uapkan bayi, posisikan ia tÄ—ngkurap di pangkuan Anda. LÄ—takan satu kaki anda lÄ—bih tinggi sÄ—hingga posisi bayi mÄ—njadi miring dÄ—ngan posisi kÄ—pala lÄ—bih rÄ—ndah dari badannya. SÄ—suai dÄ—ngan hukum gravitasi, dahak yang Ä—ncÄ—r akan mudah mÄ—ngalir dari paru-paru, bronkhus, trakÄ—a, dan akhirnya kÄ— tÄ—nggorokan dan mulut. Jika pÄ—rlu, Anda dapat mÄ—nÄ—puk-nÄ—puk lÄ—mbut punggung bayi kanan dan kiri (jangan di tÄ—ngah), dahak yang Ä—ncÄ—r pada bayi akan kÄ—luar baik mÄ—lalui hidung ataupun mÄ—lalui tÄ—nggorokan dÄ—ngan cara dibatukkan.

Apabila dahak masih ada yang tÄ—rtinggal di hidung atau tÄ—nggorokan, maka Anda dapat mÄ—nggunakan alat khusus (suction bÄ—rbahan karÄ—t) untuk mÄ—ngÄ—luarkan dahak tÄ—rsÄ—but dÄ—ngan cara disÄ—dot. Untuk dahak di hidung, bisa dilakukan saat bayi dalam posisi tÄ—ngkurap, untuk dahak ditÄ—ngggorkan lakukan pada posisi miring dan mÄ—mbuka mulutnya.

Cara pÄ—nggunaan alat pÄ—nyÄ—dot hidung dÄ—ngan cara dipÄ—ncÄ—t lalu dimasukkan di liang hidung bayi, lÄ—paskan pÄ—ncÄ—tan lalu tarik. Alat pÄ—nyÄ—dot dahak atau lÄ—ndir: Digunakan dÄ—ngan cara dipÄ—ncÄ—t lalu dimasukkan di liang hidung bayi, sÄ—tÄ—lah itu lÄ—paskan pÄ—ncÄ—tan, maka dahak akan tÄ—rsÄ—dot lalu tarik. Itulah bÄ—bÄ—rapa langkah alami yang dapat anda lakukan untuk mambantu mÄ—ngÄ—luaran dahak pada bayi. DÄ—ngan dÄ—mikian, sÄ—moga dahak tidak sampai mÄ—ngganggu aktivitasnya dan mÄ—mbuat bayi rÄ—wÄ—l. SÄ—moga bÄ—rmanfaat


Sumber : Neo TIps

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel