Cara Membuat Media Tanam dengan Unsur Hara Komplit

Pada tulisan kali ini kami akan sedikit membahas bagaimana cara membuat media tanam dengan unsur hara komplit. Langsung saja Sahabat Inspirasi Berkebun ikuti langkah-langkah yang akan kami paparkan dibawah ini.

Bahan-Bahan yang di Perlukan 
Sekam Bakar
Sekam bakar dan ranting bambu kering sebanyak 1 karung. Fungsinya untuk campuran media tanam sebagai penggembur supaya media tidak keras dan metan lebih porous atau berpori agat dapat menyimpan cadangan air supaya tidak cepat kering dan sirkulasi udara di metan tetap terjaga sehingga akar tanaman akan tumbuh dengan baik dan perakaran tanaman akan kuat dan kokoh.

Pupuk kandang 
Pupuk kandang kambing atau pupuk kandang ayam atau pupuk kandang kelinci atau pupuk kandang sapi dengan jumlah 1 karung. Fungsinya sebagai pupuk dasaran cadangan hara bagi tanaman .

Dedaunan hijauan 
Dedaunan hijauan bisa berupa sayuran afkiran atau bisa juga rumput kering atau kiambang atau jerami cacah halus atau jika ada kompos dengan jumlah 1 karung. Fungsinya adalah untuk tambahan plus hara biasanya mengandung kadar Nitrogen yang cukup tinggi untuk masa pertumbuhan vegetatif tanaman.

Kapur Dolomit Pertanian 
Kapur dolomit pertanian biasanya harga per karung dengan berat sekitar 50 kg sekitar 20 ribu, gunakan yang murah saja dan gunakan sekitar 1 kilo. Fungsinya selain menaikan ph juga bisa sebagai pupuk mikro yang sangat di perlukan oleh tanaman.

Bakteri EM 4
Bakteri EM 4 sebanyak satu gelas. EM4 bisa di peroleh atau di beli pada toko pertanian dengan harga 17 ribu perbotol dengan identik warna kuning.

Gula 
Gula sebanyak 2,5 ons, cairkan dengan menggunakan 2 liter air bersih.

Cara Membuat Media Tanam dengan Unsur Hara Komplit
Pertama siapkan media untuk fermentasi, dengan cara buat bendengan di tanah alasi dengan plastic. Aduk hingga rata sekam, pupuk kandang atau kompos kemudian taburi dengan kapur dolomit hingga merata.
Cara Membuat Media Tanam dengan Unsur Hara Komplit
Campurkan air gula dan bakteri EM4 kemudian semprotkan atau siramkan atau cipratkan secara merata ke media dan aduk kembali hingga merata. Setelah di aduk tutup bahan media tanam tersebut dengan plastik sampai tertutup rapat semua usahakan jangan ada celah udara dengan tujuan supaya si media tanam yang Sahabat Inspirasi Berkebun buat akan mengalami proses dekomposisi oleh suhu dan bakteri EM4 tersebut.

Dalam waktu 14 hari pertama balikan adonan yang sudah dibuat tadi dan siram kembali dengan menggunakan bakteri EM4 dan air gula sesuai dengan dosis diatas, Sahabat Inspirasi Berkebun harus berhati-hati pada saat membalikan media karena suhu bisa mencapai hingga 40 derajat Celcius dengan proses ini akan meminimalisir mikroba dan jasat yang tidak baik.

Proses pembuatan media tanam dengan unsur hara komplit minimal memakan waktu selama s30 hari, setelah 30 hari media tanam akan siap untuk digunakan, dapat di ayak supaya media tanam lebih halus dan lembut serta siap untuk digunakan.

Semoga tulisan ini dapat bermanfaat untuk Sahabat Inspirasi Berkebun dalam membuat media tanam dengan unsur hara komplit. Silahkan bagikan tulisan ini ke halaman facebook Sahabat Inspirasi Berkebun untuk menyimpan tulisan ini.

Sumber : Kang Yunas Syifa & Inspirasiberkebun.blogspot.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel