Cara Budidaya Bunga Lavender di Pot

Bunga lavender merupakan salah satu tumbuhan perdu dengan bunga yang sangat wangi. Tumbuhan tersebut merupakan salah satu tumbuhan menahun, bunga lavender juga sering ditanam menjadi tumbuhan semusim.

Bunga lavender sangat menyukai daerah yang kering dan bunga lavender tidak menyukai dengan tingkat kelembaban yang tinggi (kecuali jenis Lavandula dentata dan jenis Lavandula stoechas), sehingga untuk daerah tropis sebaiknya ditanam dengan menggunakan pot atau kontainer.

Pada tulisan kali ini kami akan sedikit membahas mengenai bagaimana cara budidaya bunga lavender. Langsung saja Sahabat Inspirasi Berkebun mengikuti langkah-langkah yang akan kami jabarkan dibawah ini.

Media
Media tanam haruslah mempunyai drainase yang bagus, sebaiknya pasir menjadi unsur dominan dalam media tanam. Bunga lavender lebih menyukai tanah yang basa dengan pH 7,1, jadi sangat kami anjurkan untuk menambahkan banyak kapur dolomit apabila tanah agak asam.

Pemupukan
Sangat tidak dianjurkan untuk menambahkan banyak pupuk apabila Sahabat Inspirasi Berkebun menginginkan aroma harum bunga lavender. Apabila terlalu banyak pupuk, tumbuhan bunga lavender tidak akan mau untuk berbunga.

Cahaya
Bunga lavender sangan menyukai cahaya matahari yang penuh dengan sirkulasi udara yang bagus. Usahakan tanaman bunga lavender mendapat minimal enam jam sinar matahari setiap harinya.
Cara Budidaya Bunga Lavender di Pot
Pengairan
Bunga lavender hanya membutuhkan sedikit air. Bunga lavender jangan sampai terkena hujan secara terus-menerus, kecuali media tanamnya mampu membuang air hujan tersebut dengan segera tanpa tergenang lama.

Panen
Bunga tanaman lavender paling harum adalah pada saat bunga-bunga kecilnya mulai membuka. Cara pemanenan bunga lavender adalah dengan cara potong batang bunga kemudian dikeringkan dengan sinar matahari.

Demikian tulisan kami mengenai bagaimana cara budidaya bunga lavender. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat untuk Sahabat Inspirasi Berkebun dalam berbudidaya tanaman bunga lavender. Silahkan bagikan tulisan ini ke halaman facebook Sahabat Inspirasi Berkebun untuk menyimpan tulisan ini.

Sumber: sambada farm. com/ cara- tanam/ cara- perawatan- lavender/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel