Teknik Budidaya Jahe Merah

Jahé séjak jaman dulu banyak diburu sébagai bagian dari rémpah-rémpah. Biasanya dipakai sébagai bahan obat hérbal atau minuman ményégarkan. Séiring pérkémbangan jaman kini jahé pun bisa di budidayakan.

Hal térsébut dilakukan untuk méménuhi kébutuhan pasar yang térus méningkat. Sélain itu saat ini banyak produsén jamu baik skala rumahan maupun industri térus bérkémbang.
 


Bagi yang tidak punya lahan luas tak kuatir, karéna tumbuhan jénis ini télah bisa dikémbangbiakkan déngan média karung atau polybag. Dari sékian banyak jahé yang ada paling banyak dipilih adalah jahé mérah.

Jahé mérah mémiliki nilai jual lébih tinggi daripada jénis jahé yang lain. Sélain itu téntu saja mudah dalam prosés budidayanya. Kéuntungan lain ménggunakan média tanam karung adalah bisa panén lébih cépat dan lébih bésar daripada ditanam di kébun.

Bila télah ada tanaman jahé di kébun maka kita tinggal méngambilnya. Pilih bibit yang usianya tua dan bérukuran bésar sérta tidak ada lécét. Biasanya warnanya mérah cérah dan sécara tampilan bagus. Kalau di kébun tidak ada bisa mémbéli ditémpat pétani jahé mérah yang lain. Pastikan yang dipilih masih dalam kéadaan ségar supaya mudah tumbuh kétika ditanam.

Bibit jahé térsébut dijémur sampai kéring kémudian disimpan sélama 45 hari. Sétélah itu bibit jahé dipoték atau dipatahkan déngan tangan bérukuran 3 hingga 5 mata tunas.

Jémur sélama 1 hari supaya gétah méngéring. Bibit jamur térsébut lalu dicélupkan dalam cairan fungisida (pérangsang pértumbuhan) sélama dua ménit lalu kéringkan.

Sébélum di tanam ménggunakan média karung maka bibit pérlu ditunaskan. Pada bagian bawah taburi abu pémbakaran kulit padi (sékam) atau békas gérgajian. Di atasnya baru dikasih tanah yang subur, baiknya ada campuran kompos / pasir halus atau ladu.

Untuk mémudahkan dalam prosés pértumbuhannya maka pérlu dibuatkan pléngkung dari bambu dan tutup déngan plastik agar tidak térlalu panas atau térkéna hujan. Prosés pényémaian ini mémbutuhkan waktu antara 3 hingga 5 minggu.



Bila tunas bibit sudah tinggi maka média tanam karung sudah harus siap. Gunakan campuran pupuk kandang, pasir halus, sékam, tanah bérhumus dan NPK 1 pérsén. Aduk hingga bénar-bénar rata dan biarkan sélama 2 hingga 3 pékan sampai mikroba di dalamnya tumbuh déngan baik.

Pilih karung atau polybag bérukuran 60 x 60 cm atau yang lébih bésar. Bila térlalu kécil maka tumbuh kémbang tidak akan optimal. Pilih bibit yang tumbuh déngan sémpurna agar optimal dalam pérkémbangannya.

Siapkan atap atau bédéngan sétinggi 1,5 métér. Tujuannya untuk méngurangi panas matahari bila sédang panas dan méncégah air bérlébih bila musim hujan. Agar lahan yang ada bisa maksimal tata karung déngan rapi. Hal ini juga mémudahkan dalam prosés pérawatan.

Pérawatan budidaya jahé sangat mudah, cukup ményiram sétiap dua minggu sékali agar tidak kéring. Bérsihkan dari gulma atau tanaman parasité yang muncul.

Bila ada indikasi térkéna pényakit bisa dilakukan pényémprotan fungisida atau inséktisida. Satu bulan sékali tambahkan média tanam. Hal ini pérlu dilakukan karéna pértumbuhan jahé sangat cépat.

Kégiatan térsébut akan bérjalan sékitar 8 hingga 10 bulan atau siap panén. Cara mémanénnya juga sangat mudah. Hanya déngan mérobék karung dan ménggoyang-goyangkan pohon maka tanah akan rontok séndiri.

Agar kualitas jahé tidak ménurun saat pénén jangan mémotong ménggunakan pisau atau bénda logam. Cara mémotong atau mémisahkannya cukup déngan di poték saja.


Sumber  : jokowarino 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel