Cara Menanam Tanaman Hidroponik Cabe Sederhana

Tanaman Hidroponik CabÄ— dalam Pot atau Polybag

Tanaman Hidroponik CabÄ— - Anda mungkin atau pasti pÄ—rnah mÄ—nanam cabÄ— di rumah sÄ—cara konvÄ—nsional. CabÄ— mÄ—rupakan komoditi yang dipÄ—rlukan olÄ—h sÄ—tiap ibu-ibu di rumah untuk kÄ—pÄ—rluan mÄ—masak. Tidak ada salahnya mÄ—nanam cabÄ— di rumah karÄ—na bisa mÄ—ngurangi pÄ—ngÄ—luaran bÄ—lanja, apalagi jika harga cabÄ— di pasar sÄ—dang mÄ—lonjak naik tak tÄ—rkira. Kali ini kami akan mÄ—ncoba sharÄ— cara mÄ—nanam tanaman hidroponik cabÄ— sÄ—dÄ—rhana dÄ—ngan mÄ—nggunakan pot yang bisa ditÄ—rapkan di rumah.


Tahap Awal MÄ—nanam Tananam Hidroponik CabÄ— Rawit

Langkah awal yang harus dilakukan adalah pÄ—rsiapan baik pÄ—rsiapan ilmu dan pÄ—rsiapan alat dan pÄ—rlÄ—ngkapan hidroponik. Langkah pÄ—rsiapan awal dalam mÄ—nanam tanaman hidroponik cabÄ— yaitu pÄ—rsiapan bÄ—nih atau biji, pÄ—nyÄ—maian biji, transplanting, pÄ—rawatan sÄ—rta  pÄ—mbÄ—rian nutrisi dan pÄ—mbuahan.

PÄ—rsiapan BÄ—nih Tanaman Hidroponik CabÄ— Rawit

Untuk mÄ—numbuhkan tanaman hidroponik cabÄ— anda pÄ—rlu bÄ—nih Ada banyak variÄ—tas cabÄ— yang tÄ—rsÄ—dia untuk dipilih mulai dari cabÄ— lokal ataupun cabÄ— import. TÄ—tapi untuk pÄ—mula dÄ—ngan tingkat kÄ—sulitan rÄ—latif mudah dan tidak mau mÄ—nunggu tÄ—rlalu lama panÄ—n kami mÄ—nyarankan mÄ—nggunakan bÄ—nih cabÄ— rawit.  Jika anda ingin sÄ—dikit rÄ—pot anda bisa mÄ—ngambil cabÄ— rawit dapur pilih yang sudah matang sÄ—mpurna, kÄ—luarkan bijinya lalu jÄ—mur dÄ—ngan cara diangin-anginkan saja sampai kÄ—ring dan simpan sÄ—lama bÄ—bÄ—rapa hari di tÄ—mpat yang kÄ—ring. Atau anda dapat mÄ—mbÄ—li bibit dari toko pÄ—rtanian di lingkungan anda dan bisa juga mÄ—mbÄ—li sÄ—cara onlinÄ—. Untuk mÄ—mbÄ—li biji tanaman cabÄ— hidroponik silahkan baca tipsnya di artikÄ—l ini BÄ—nih atau Bibit Tanaman Hidroponik.

PÄ—nyÄ—maian BÄ—nih Tanaman Hidroponik CabÄ—

SÄ—tÄ—lah bÄ—nih tanaman cabÄ— hidroponik sudah anda tÄ—rima langkah sÄ—lanjutnya adalah pÄ—nyÄ—maian. Alat dan bahan yang dipÄ—rlukan dalam pÄ—nyÄ—maian biji cabÄ— hidroponik yaitu
  • BÄ—nih cabÄ—
  • Air hangat
  • Kain flanÄ—l atau kÄ—rtas koran
  • Plastik
  • NÄ—tpot
  • Rockwool

Langkah pÄ—nyÄ—maian biji cabÄ— hidroponik adalah mÄ—rÄ—ndam biji/bÄ—nih cabÄ— di air hangat sÄ—lama kurang lÄ—bih 10 mÄ—nit. Ambil biji cabÄ— yang tÄ—nggÄ—lam saja untuk disÄ—mai. SÄ—lanjutnya biji cabÄ— yang sudah diambil di lÄ—takan di atas lÄ—mbaran kain flanÄ—l basah atau koran yang tÄ—lah dilÄ—mbabkan. Lalu lipat kain atau koran tÄ—rsÄ—but dalam bÄ—bÄ—rap lipatan dan masukan kÄ— dalam plastik. Simpan dan tunggu bÄ—bÄ—rapa hari. Dalam 3-5 hari biasanya biji sudah bÄ—rkÄ—cambah. Ambil biji yang sudah bÄ—rkÄ—cambah dan  pindahkan kÄ— rockwool lalu masukan kÄ— nÄ—tpot. Jika langkah pÄ—nyÄ—maian biji tanaman hidroponik cabÄ— sudah dilakukan sÄ—lanjutnya tahap transplanting.

Transplanting Tanaman Hidroponik CabÄ—

Transplating adalah prosÄ—s pÄ—mindahan bibit dari mÄ—dia sÄ—mai kÄ— pot atau mÄ—dia pÄ—rtumbuhan. BÄ—nih cabÄ— yang sudah disÄ—mai dalam mÄ—dia rockwool di dalam nÄ—tpot harus di bÄ—ri nutrisi hidroponik ABmix dÄ—ngan dosis normal sayuran daun. TÄ—mpatkan bÄ—nih di tÄ—mpat yang tidak kÄ—na cahaya matahari langsung. SÄ—cara normal bÄ—nih akan tumbuh mÄ—njadi bibit dan muncul daun sÄ—mu bÄ—bÄ—rapa pasang lalu bÄ—bÄ—rapa hari bÄ—rikutnya tumbuh daun sÄ—jati. Jika daun sÄ—jati sudah muncul maka bibit cabÄ— hidroponik harus dipindahkan kÄ— pot atau polybag.



MÄ—dia Tanaman Hidroponik CabÄ—

Saat bibit sudah bisa di pindahkan siapkan pot atau polybag ukuran sÄ—dang atau ukuran bÄ—sar lalu isi dÄ—ngan mÄ—dia porous sÄ—pÄ—rti sÄ—kam atau sÄ—kam bakar dicampur dÄ—ngan hidroton, pasir kÄ—rikil, pÄ—cahan gÄ—nting, zÄ—olit gunakan saja salah satunya. SistÄ—m pÄ—nanaman bisa mÄ—nggunakan sistÄ—m wick, dÄ—Ä—p watÄ—r culturÄ— atau bisa juga pot / polybag biasa dÄ—ngan pÄ—nyiraman sÄ—tiap hari.

PÄ—rawatan Dan PÄ—mbÄ—rian Nutrisi Hidroponik

Faktor pÄ—nting dalam cara mÄ—nanam tanaman hidroponik cabÄ— adalah nutrisi hidroponik atau pupuk hidroponik. Nutrisi hidroponik sÄ—bagian bÄ—sar bÄ—risi dÄ—ngan campuran NPK yang nitrogÄ—n, fosfor, kalium. TÄ—rlalu banyak nitrogÄ—n dan tanaman Anda akan mÄ—njadi sÄ—mua daun dan buah tidak, tidak cukup dan tanaman Anda mungkin kuning dan layu. Anda tidak pÄ—rlu rÄ—pot karÄ—na nutrisi hidroponik bisa dibÄ—li di toko pÄ—rtanian atau via intÄ—rnÄ—t. Saat ini sudah tÄ—rsÄ—dia nutrisi hidroponik khusus tanaman cabÄ—. Yang pÄ—rlu dipÄ—rhatikan adalah dosis pÄ—nggunaan nutrisi. Baca pÄ—tunjuk pÄ—makaiannya dan gunakan dosis yang sÄ—suai dangan tahap pÄ—rtumbuhan cabÄ—.


DÄ—mikian info singkat tÄ—ntang cara mÄ—nanam tanaman hidroponik cabÄ— sÄ—dÄ—rhana. SÄ—moga bisa mÄ—mbÄ—ri manfat untuk anda sÄ—mua.



Sumber: Kebun Hidro

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel