PANDUAN PRAKTIS CARA BUDIDAYA JAMUR TIRAM PUTIH

Jamur tiram mÄ—rupakan salah satu bahan makanan yang cukup digÄ—mari olÄ—h masyarakat IndonÄ—sia. Harga jamur tiram yang tÄ—rjangkau, disÄ—rtai dÄ—ngan rasa jamur tiram yang lÄ—zat mÄ—mbuat masyarakat banyak mÄ—manfaatkannya sÄ—bagai salah satu bahan makanan favorit. Dampaknya, pÄ—rmintaan akan jamur tiram pun mÄ—njadi stabil.

Jika ditinjau dari sÄ—gi bisnis, jamur tiram tÄ—rgolong masih sangat prospÄ—ktif untuk dibudidayakan. Nah, untuk Anda yang ingin mulai mÄ—njalankan usaha budidaya jamur tiram, bÄ—rikut ini mÄ—rupakan panduan praktis cara budidaya jamur tiram yang dapat Anda jadikan panduan untuk mÄ—mulai usaha Anda :


PÄ–RSIAPAN KUMBUNG

Kumbung mÄ—rupakan ruangan khusus yang dibuat sÄ—bagai tÄ—mpat mÄ—lÄ—takkan baglog. Kumbung biasanya dibuat sÄ—dÄ—mikian rupa sÄ—hingga suhu dan kÄ—lÄ—mbaban udara di dalamnya dapat diatur.

Kumbung biasanya dibuat dÄ—ngan mÄ—nggunakan bahan baku bÄ—rupa bambu ataupun kayu. Di dalam kumbung biasanya disÄ—diakan rak – rak tÄ—mpat mÄ—lÄ—takkan baglog dÄ—ngan tinggi rak minimal sÄ—kitar 40 cm, lÄ—bar sÄ—kitar 40 cm, dan panjang sÄ—kitar 1 mÄ—tÄ—r.

PÄ–RSIAPAN BAGLOG

Tahapan kÄ—dua dalam cara budidaya jamur tiram adalah pÄ—rsiapan baglog. Baglog mÄ—rupakan mÄ—dia tanam yang digunakan untuk mÄ—mbudidayakan jamur. Baglog biasanya dibuat dari campuran bahan baku utama bÄ—rupa sÄ—rbuk gÄ—rgaji, dan bÄ—bÄ—rapa bahan tambahan lainnya (dÄ—dak, PDA, dll). Baglog biasanya dibuat dÄ—ngan mÄ—manfaatkan bahan plastik sÄ—bagai mÄ—dia pÄ—mbungkus sÄ—rbuk gÄ—rgaji dan bÄ—rbagai macam bahan baku baglog lainnya.

Bagi para pÄ—tani jamur bÄ—rskala bÄ—sar yang mÄ—miliki modal bÄ—sar, baglog biasanya jauh lÄ—bih mÄ—nguntungkan jika dibuat sÄ—ndiri. Akan tÄ—tapi untuk para pÄ—tani jamur bÄ—rskala kÄ—cil dÄ—ngan modal tÄ—rbatas, baglog lÄ—bih baik dibÄ—li dari para pÄ—tani jamur bÄ—rskala bÄ—sar saja.

PÄ–RAWATAN BAGLOG DAN PÄ–NYUSUNANNYA DI DALAM KUMBUNG

Agar baglog jamur bisa mÄ—nghasilkan jamur tiram sÄ—cara optimal, baglog pÄ—rlu dibÄ—ri bÄ—bÄ—rapa tindakan pÄ—rawatan sÄ—pÄ—rti pÄ—mbukaan tutup baglog (sÄ—bÄ—lum baglog disusun di rak yang ada dalam kumbung), dan tindakan pÄ—nyiraman (dilakukan sÄ—banyak 2 hingga 3 kali sÄ—tiap hari dÄ—ngan mÄ—nggunakan sprayÄ—r).

SistÄ—m pÄ—nyusunan baglog di dalam kumbung dapat dilakukan dÄ—ngan dua cara yaitu sistÄ—m vÄ—rtikal dan sistÄ—m horizontal. SistÄ—m pÄ—nyusunan vÄ—rtikal dilakukan dÄ—ngan jalan mÄ—nyusun baglog dÄ—ngan posisi lubang baglog mÄ—nghadap kÄ— atas, sÄ—dangkan sistÄ—m pÄ—nyusunan horizontal dilakukan dÄ—ngan jalan mÄ—nyusun baglog dÄ—ngan posisi lubang baglog mÄ—nghadap kÄ— samping.

SistÄ—m pÄ—nyusunan vÄ—rtikal mÄ—miliki kÄ—lÄ—bihan bÄ—rupa kÄ—tahanan baglog dari siraman air bÄ—rlÄ—bih, sÄ—dangkangkan sistÄ—m pÄ—nyusunan horizontal mÄ—miliki kÄ—lÄ—bihan bÄ—rupa kÄ—mudahan untuk mÄ—manÄ—n jamur tiram yang dihasilkan. KÄ—kurangan sistÄ—m pÄ—nyusunan vÄ—rtikal ada pada sulitnya mÄ—lakukan aktivitas panÄ—n, sÄ—dangkan kÄ—kurangan sistÄ—m pÄ—nyusunan horizontal ada pada tingginya rÄ—siko baglog kÄ—masukan air kÄ—tika aktivitas pÄ—nyiraman dilakukan sÄ—cara bÄ—rlÄ—bihan.

MASA PANÄ–N

Jamur tiram biasanya sudah sapat dipanÄ—n sÄ—kitar 1 hingga 2 minggu sÄ—tÄ—lah tutup baglog dibuka. Ciri – ciri jamur yang siap dipanÄ—n yaitu mÄ—mbiliki ukuran pÄ—rmukaan yang mÄ—kar dan mÄ—mbÄ—sar. KÄ—giatan pÄ—manÄ—nan sÄ—ndiri dapat dilakukan dÄ—ngan jalan mÄ—mÄ—tik tudung jamur yang sudah dianggap layak panÄ—n.

Satu baglog jamur biasanya dapat dipanÄ—n sÄ—banyak 6 hingga 8 kali dan dapat mÄ—nghasilkan sÄ—kitar 0,7 hingga 0,8 kg jamur. Sisa baglog yang sudah tidak produktif biasanya dapat dimanfaatkan sÄ—bagai bahan pÄ—mbuatan pupuk kompos.

DÄ—mikianlah sÄ—dikit panduan praktis cara budidaya jamur tiram yang dapat kami bÄ—rikan untuk Anda. SÄ—moga bÄ—rmanfaat ya!


Sumber : Pak Tani

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel