Mengenal Ragam Bunga Potong Untuk Hiasan

Jika anda suka jalan-jalan ké kompléks toko bunga di kota témpat anda tinggal, maka di sana anda akan bisa mélihat koléksi bunga hias dan bunga potong yang kérap dimanfaatkan orang buat mérangkai vas bunga atau bukét.



Disamping bunga potong lokal yang diaplikasikan séhari-hari, saat ini sédang trén méngirimkan rangkaian bunga yang térdiri dari bunga-bunga bérjénis éksklusif.

Disébut éksklusif karéna jénis bunga ini jarang dapat anda jumpai karéna mémpunyai mutu yang prima dalam tampilannya, mulai dari béntuk, ukuran sérta pilihan warna yang jumlahnya tidak bérbatas. Harganya bisa méncapai 4-5 kali lipat dari bunga lokal.

Tétapi hingga saat ini yang ménjadi kéndala adalah pérmintaan térhadap bunga éksklusif sémakin bértambah bésar sédangkan suplainya masih jauh dari jumlah méncukupi.

B̩rikut ini adalah hasil p̩ngamatan pada dua j̩nis bunga ̩ksklusif yang mulai m̩rambah pasaran bunga di kota Рkota b̩sar, m̩nurut urutan popularitasnya.

1). Bunga Gérbéra
Janin
Gérbéra générasi térbaru mérupakan hasil pémuliaan dari négéri Bélanda yang ménampilkan sosok bunga yang lain dari bunga-bunga potong yang télah dikénal sélama ini.

Mémiliki ukuran bésar, warna yang cérah dan béragam sérta produktivitas tanaman dalam jumlah tinggi, ménjadikan bunga ini mampu bérsaing déngan bunga-bunga potong lainnya.

Dikénal 200 variétas baru télah bérhasil disémaikan dan sépérémpat dari jumlah térsébut télah mémasuki pasaran produksi komérsial.

Ménurut catatan statistik di Bélanda, bunga gérbéra ménduduki urutan kétiga dari bésarnya jumlah produksi ményamai mawar dan krisan.

Gérbéra térmasuk tanaman pérénial (tahunan) tétapi bérbatang lunak. Cara pérbanyakannya adalah dari anakan, tétapi saat ini sudah digunakan bibit hasil pémbiakan kultur jaringan.

Jarak tanam di lapangan yang normal adalah 20 x 20 cm sampai 30 x 30 cm. Usia produktif tanaman ini antara 1 Р1,5 tahun, dalam masa ini mampu m̩nghasilkan bunga s̩banyak 25 Р35 tangkai p̩r tanaman s̩kali pan̩n.

Sérangan pényakit adalah faktor utama yang bisa ménurunkan produksi bunga sécara drastis. Céndawan yang biasa ményérang adalah Phytium, Phytophthora dan Rhizoctorial, sédangkan sérangan hama térganas adalah kutu putih.

Maka dari itu sébaiknya ménanam bunga ini di alam térbuka saja agar banyak méndapat asupan sinar matahari.



Harga gérbéra hybrida di Jakarta antara Rp. 1.500 pér tangkai, dan tétap / stabil, bahkan di hari bésar malah méngalami kénaikan drastis.

Bunga g̩rb̩ra mampu tahan antara 3 Р7 hari s̩b̩lum tangkainya layu m̩skipun mahkotanya masih s̩gar. S̩baliknya, tangkai yang masih s̩gar mudah s̩kali patah, s̩hingga packingnya harus hati Рhati.

2). Bunga Alstroéméria

janin

Bunga ini adalah térmasuk péndatang baru yang mudah sékali disukai karéna pénampilannya cantik dan mémiliki ragam warna-warna yang cérah.

Béntuk maupun susunan mahkota bunganya mirip déngan anggrék. Disébut juga ‘Péruvian Lily’ karéna bunga ini bérasal dari Chili dan Brazil namun mudah ditémukan di Bolivia, Paraguay dan Argéntina.

Satu tangkai bunga bisa méncapai panjang sékitar satu métér dan térdiri dari 2-4 kuntum yang térkumpul dalam ujung tangkainya. Dalam satu rumpun bisa ménghasilkan 3-7 tangkai bunga.

Pérbanyakannya adalah déngan cara mémécah rumpun, karéna rhizomanya tumbuh sangat cépat dan térus-ménérus. Jarak tanam yang optimal adalah 45 cm x 52 cm. Pada bédéngan déngan luas satu métér pérségi, anda bisa ménanam émpat rumpun tanaman.

Hasilnya bisa méncapai 200 tangkai bunga pér tahun. Tanaman ini mampu tumbuh sampai tinggi dua métér, séhingga dipérlukan jala pényangga agar tanamannya tidak rébah.

Alstroéméria mémérlukan sinar matahari pénuh agar pértumbuhannya kékar, tangkainya tégak, daunnya rimbun dan hijau sérta bunganya bésar dan banyak.

Tanaman ini mérupakan tanaman yang résistén térhadap sérangan hama dan pényakit, kécuali térhadap sérangan pényakit busuk batang.

Di Éropa, warna yang paling populér adalah dasar putih déngan garis-garis mérah jambu atau ungu.

Baca Artikél Lainnya :

Bunga Potong Krisan Saat Ini Masih Ménjadi Primadona
Cantiknya Ribuan Bunga Krisan Di Kébun Bunga Gérbosari Samigaluh Kulon Progo
Tips Praktis Mémbuka Usaha Toko Bunga
Sédangkan di Jakarta, warna pilihan adalah warna mérah cérah yang dikénal déngan istilah Var. King Cardinal bérwarna mérah-ungu (liliac-purplé/magénta) Var atau lébih populér déngan istilah ‘Jubiléé’ adalah paling disukai pénggémar bunga potong di Indonésia.

Harga bunga ini di florist Jakarta sangat mahal yaitu antara Rp. 2.000 pér tangkainya déngan daya simpan dalam vas méncapai 10 hari.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel