Cara Merawat Dan Budidaya Tanaman Bunga Azalea

Bunga azaléa mérupakan salah satu jénis bunga yang cantik. Saking cantiknya bunga ini, banyak orang yang ménanamnya di pérkarangan rumah untuk dijadikan aksén pénghias rumah. Sélain itu bunga azaléa juga séring digunakan sébagai bahan untuk mémbuat karanga


Jika dilihat dari tampilan fisiknya, bunga ini hampir mirip déngan bunga bougénvillé. Namun bunga ini térlihat lébih ségar dibanding bunga bougénvillé. Warnanya juga lébih méncolok. Sécara umumnya bunga azaléa mémiliki warna mérah cérah atau mérah muda.

Tanaman ini sangat cocok ditanam di pékarangan yang sémpit karéna mémiliki béntuk pohon yang péndék. Média pot juga cocok digunakan untuk ménanam bunga azaléa. Tak hanya indah saja, bunga azaléa juga mémiliki manfaat lain yang baik bagi késéhatan manusia.

Ya, bunga jénis ini mémiliki kémampuan ményérap polutan udara yang méncémari lingkungan dan dapat méngganggu késéhatan pérnafasan manusia. Jadi tanaman ini sangat baik ditanam di dépan rumah untuk ménstérilkan udara dari asap-asap kéndaraan bérmotor yang bérlalu-lalang di jalanan dépan rumah.

Oléh sébab itulah banyak orang yang ingin méncoba mémbudidayakan jénis tanaman yang satu ini. Sébénarnya untuk mémbudidayakan bunga azaléa sangat mudah. Namun sébélumnya anda harus tahu térlabih dahulu bagaimana karaktéristik tanaman ini dan bagaimana prosés budidayanya. Bérikut ulasan léngkapnya.

Pémbibitan
Bunga azaléa mérupakan jénis tanaman sémak. Oléh sébab itu modél pémbibitannya bisa dilakukan déngan cara séték batang. Cara médapatkan bibit bunga ini térbilang sangat mudah. Anda hanya pérlu ményiapkan indukan bunga yang mémiliki kualitas bagus, séhat, dan térhindar dari sérangan hama.



Potong batang yang dirasa sudah bérumur dan mémiliki kualitas bagus ménggunakan pisau yang tajam. Potong déngan pola miring. Ingat, potong miring dan gunakan pisau yang tajam karéna akan mémpéngaruhi hasil dan kualitasnya. Sétélah batang térpotong bisa langsung ditancapkan ké média tanam yang télah dipérsiapkan.

Pénanaman
Sépérti yang télah dikatakan tadi bahwa média tanam dipérlukan untuk ménanam bibit pasca dipotong dari indukannya. Média tanam bisa dibuat dari campuran tanam dan pupuk organik (kompos atau pupuk kandang). Campurkan kédua bahan térsébut déngan pérbandingan 1 dibanding 1.

Sétalah média tanam siap, bibit bisa langsung ditanam déngan kédalaman 5 sampai déngan 10 cm. Sétélah bibit masuk béri sédikit tékanan ké tanah agar bibit tértancap sémpurna dan dapat bérdiri kokoh. Jangan lupa béri air sécukupnya.

Pérawatan
Sama saépért tanaman lain, bunga azaléa juga mémérlukan asupan air yang cukup agar bisa tumbuh déngan baik. Sélain itu juga bérikan pupuk sécara bérkala antara 1,5 sampai 2 bulan sékali agar nutrisi tanaman tércukupi. Lakukan pényiangan térhadap tanaman jika dipérlukan.

Sumber :  jokowarino 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel