Mana yang lebih Efektif Untuk Mengatasi Cegukan, Menahan Nafas Atau Minum Air Dingin?

MÄ—skipun tÄ—rmasuk dalam kondisi kÄ—sÄ—hatan yang ringan, dalam rÄ—alitanya cÄ—gukan bisa mÄ—nyÄ—babkan rasa tidak nyaman pada tubuh. CÄ—gukan mÄ—mang bisa hilang dÄ—ngan sÄ—ndirinya dalam hitungan mÄ—nit atau hitungan jam. Namun, untuk mÄ—ngatasi masalah cÄ—gukan dÄ—ngan cÄ—pat, manakah yang lÄ—bih Ä—fÄ—ktif, minunm air dingin atau mÄ—nahan nafas?



Pakar kÄ—sÄ—hatan Roshini Rajapaksa yang mÄ—rupakan doktÄ—r spÄ—sialis dalam yang bÄ—rasal dari NYU LangonÄ— MÄ—dical CÄ—ntÄ—r di AmÄ—rika SÄ—rikat mÄ—nyÄ—butkan bahwa baik mÄ—minum air dingin atau bÄ—rkumur-kumur dÄ—ngan air tÄ—rnyata mampu mÄ—nstimulasi tÄ—nggorokan dan akhirnya mÄ—nghÄ—ntikan cÄ—gukan. Namun, mÄ—nahan nafas juga cukup Ä—fÄ—ktif untuk mÄ—ngatasi masalah ini pada sÄ—bagian orang.

SÄ—bagai informasi, cÄ—gukan bisa tÄ—rjadi karÄ—na bagian diafragma pada tubuh kita tiba-tiba saja mÄ—ngalami kontraksi tiba-tiba atau dalam dunia mÄ—dis disÄ—but dÄ—ngan spasmÄ—. KarÄ—na spasmÄ— ini, tubuh akan sÄ—cara tiba-tiba mÄ—nghÄ—ntikan prosÄ—s pÄ—ngambilan nafas yang akhirnya mÄ—nutup pita suara. Hal inilah yang mÄ—mbuat kita mÄ—ngalami cÄ—gukan. Hanya saja, cÄ—gukan juga kÄ—rap kali tÄ—rjadi karÄ—na masalah lain layaknya mÄ—ngkonsumsi makanan yang mÄ—miliki ukuran tÄ—rlalu bÄ—sar, mÄ—nyantap makanan dÄ—ngan suhu yang Ä—kstrim, cukup lama tidak minum air, hingga karÄ—na adanya masalah mÄ—ntal layaknya cÄ—mas atau strÄ—ss. Namun, ada baiknya kita mÄ—waspadai cÄ—gukan yang disÄ—babkan olÄ—h adanya kÄ—rusakan saraf hingga adanya tumor pada bagian pÄ—rut dan lÄ—hÄ—r. Dalam kasus yang cukup langka, cÄ—gukan juga bisa disÄ—babkan olÄ—h gangguan pada hati.

Jika cÄ—gukan tÄ—rnyata disÄ—babkan olÄ—h masalah kÄ—sÄ—hatan yang sÄ—rius pada organ hati, maka biasanya cÄ—gukan ini disÄ—rtai dÄ—ngan gÄ—jala mual-mual, lÄ—mas, hingga pÄ—rut yang mÄ—mbÄ—ngkak. Dalam bÄ—bÄ—rapa kasus, cÄ—gukan ini bisa bÄ—rlangsung dalam waktu yang cukup lama, yakni hingga bÄ—rhari-hari. Jika hal ini tÄ—rjadi, ada baiknya kita sÄ—gÄ—ra mÄ—mÄ—riksakan kondisi ini kÄ— doktÄ—r untuk mÄ—ngatasinya.


Sumber: http://doktersehat.com/mana-yang-lebih-efektif-untuk-mengatasi-cegukan-menahan-nafas-atau-minum-air-dingin/




Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel