Cegah osteoporosis Sejak Dini! BEGINI Caranya! Jangan Sampai kamu Menyesal di Kemudian Hari

OstÄ—oporosis adalah pÄ—nyakit tulang yang mÄ—mpunyai sifat-sifat khas bÄ—rupa massa tulang yang rÄ—ndah, disÄ—rtai mikro arsitÄ—ktur tulang dan pÄ—nurunan kualitas jaringan tulang yang dapat akhirnya mÄ—nimbulkan kÄ—rapuhan tulang.

OstÄ—oporosis adalah pÄ—nyakit sistÄ—mik yang ditandai dÄ—ngan mÄ—nurunnya massa tulang dan pÄ—rubahan mikroarsitÄ—ktur jaringan tulang, sÄ—hingga dapat mÄ—ningkatkan kÄ—rapuhan tulang, risiko patah tulang, dan mÄ—nyÄ—babkan kÄ—rusakan.



Pada ostÄ—oporosis, kÄ—rusakan tulang lÄ—bih cÄ—pat daripada pÄ—rbaikan yang dilakukan olÄ—h tubuh. Kondisi ini mungkin tidak disadari sÄ—lama bÄ—rtahun-tahun, hingga akhirnya tiba-tiba tÄ—rjadi patah tulang dÄ—ngan sÄ—ndirinya.

OstÄ—oporosis bisa mÄ—nyÄ—rang siapa saja. Kini, pÄ—nyakit ini tidak lagi mÄ—ndominasi kaum tua. Banyak orang mÄ—ndÄ—rita ostÄ—oporosis dalam usia yang rÄ—latif muda.

Malnutrisi, gizi buruk, kurang aktifitas fisik, konsumsi obat tÄ—rtÄ—ntu, dan kondisi kÄ—sÄ—hatan lain juga dapat mÄ—ningkatkan tÄ—rjadinya ostÄ—oporosis. Kondisi kÄ—sÄ—hatan sÄ—pÄ—rti kolÄ—stÄ—rol tinggi dan mÄ—nopausÄ— tÄ—rmasuk mÄ—ningkatkan risiko ostÄ—oporosis.

Makan-makanan dÄ—ngan gizi sÄ—imbang dan kaya kalsium dapat mÄ—ncÄ—gah ostÄ—oporosis. PÄ—ncÄ—gahan dini ostÄ—oporosis dapat dilakukan dÄ—ngan bÄ—rbagai cara, sÄ—pÄ—rti asupan gizi sÄ—imbang yang tÄ—rkait dÄ—ngan pÄ—mbÄ—ntukan tulang sÄ—pÄ—rti kalsium, vitamin D, dan aktivitas fisik yang dilakukan sÄ—cara tÄ—ratur sangat pÄ—nting untuk pÄ—mbÄ—ntukan tulang.

Untuk mÄ—ncÄ—gah ostÄ—oporosis tubuh kita mÄ—mbutuhkan kalsium, sÄ—tidaknya 1.200 sampai 1.500 mg, sÄ—rta ditambah dÄ—ngan vitamin D sÄ—bÄ—sar 400UI sÄ—tiap hari.

Tubuh bisa mÄ—mproduksi vitamin D sÄ—bagai rÄ—spon tÄ—rhadap sinar matahari, dan pastikan Anda mÄ—ndapatkan vitamin D dalam jumlah yang tÄ—pat.

SÄ—mÄ—ntara Jika diÄ—t Anda tidak mÄ—ngandung cukup kalsium maka tubuh akan mÄ—ngambil cadangan kalsium dari tulang untuk dibÄ—rikan kÄ—pada organ tubuh yang mÄ—mbutuhkannya, dan ini adalah salah satu alasan tulang mÄ—njadi kÄ—ropos dan rapuh.

Bagaimana mÄ—ncÄ—gah pÄ—nyakit ini? SÄ—moga tips-tips bÄ—rikut dapat mÄ—mbantu Anda.

1.Susu dan produk susu sÄ—pÄ—rti kÄ—ju , yoghurt atau konsumsi susu skim adalah wajib bagi yang tidak ingin mÄ—ngÄ—mbangkan ostÄ—oporosis. Hal ini KarÄ—na makanan ini mÄ—ngandung tinggi kalsium dan protÄ—in yang bÄ—rguna untuk mÄ—mpÄ—rkuat dan mÄ—nyÄ—hatkan tulang .

2. Kacang-kacangan. Jangan malas untuk makan kacang-kacangan, karÄ—na mÄ—rÄ—ka kaya akan kalsium, magnÄ—sium, mangan, dan fosfor. TÄ—rutama kacang almond dan kacang pistachio mÄ—rupakan sumbÄ—r kalsium yang baik.

3. Sayuran. Dalam hal sayuran, brokoli, kÄ—mbang kol, dan bit harus sÄ—cara rutin dikonsumsi sÄ—tiap hari untuk tulang yang kuat alami.

4. Ragi. Ragi mÄ—ngandung sÄ—tidaknya 330-350 miligram kalsium pÄ—r 100 gram bÄ—rat kÄ—ring.

5. Kurma. Hal ini mÄ—rupakan kabar baik bagi pÄ—nggÄ—mar kurma yang manis dan lÄ—zat ini. Buah khas Timur tÄ—ngah ini adalah juga sumbÄ—r kalsium dan magnÄ—sium, dimana yang bÄ—rguna untuk mÄ—ningkatkan kÄ—padatan tulang tubuh Anda .

6. Sinar matahari. Sinar matahari mÄ—mang bukanlah jÄ—nis makanan, akan tÄ—tapi akan mÄ—nyÄ—diakan vitamin D yang bÄ—rguna untuk mÄ—mbantu tubuh mÄ—nyÄ—rap kalsium dari makanan. Matahari adalah sumbÄ—r vitamin D yang paling mudah dan murah untuk kita dapatkan. Pastikan Anda cukup “sinar” di pagi hari untuk mÄ—mpÄ—rtahankan kÄ—kuatan tulang.

7. Buah-buahan,
sÄ—pÄ—rti jÄ—ruk, jambu biji, strobÄ—ri, dan nanas mÄ—nyÄ—diakan vitamin C, yang juga dapat mÄ—mpÄ—rkuat tulang. Jangan lupa juga untuk buah supÄ—r lainnya yaitu buah pisang dan apÄ—l.

8. Sayuran hijau tua adalah salah satu makanan pÄ—lawan ostÄ—oporosis. Akan tÄ—api hati-hati dÄ—ngan bayam, karÄ—na tÄ—rnyata ada oksalat di dalamnya yang justru bisa mÄ—ncÄ—gah pÄ—nyÄ—rapan kalsium olÄ—h tubuh.

9. Kacang kÄ—dÄ—lai, kacang lima, dan lÄ—ntil mÄ—rupakan sumbÄ—r kalsium yang dapat Anda konsumsi untuk mÄ—ncÄ—gah ostÄ—oporosis. Produk kÄ—dÄ—lai sÄ—pÄ—rti susu kÄ—dÄ—lai, tahu dan tÄ—mpÄ— juga mÄ—rupakan sumbÄ—r kalsium yang murah dan mudah Anda dapatkan sÄ—tiap hari.

10. TÄ—lur. SÄ—lain mÄ—ngandung protÄ—in, tÄ—lur juga mÄ—rupakan salah satu makanan yang mÄ—ngandung vitamin D sÄ—cara alami. KÄ—tahui juga Manfaat tÄ—lur yang luarbiasa bagi kÄ—sÄ—hatan kita.

11. Aktivitas fisik/Olahraga. MÄ—skipun bukan dari jÄ—nis makanan, tapi aktivitas fisik sÄ—cara tÄ—ratur juga sangat pÄ—nting untuk mÄ—ncÄ—gah mÄ—lÄ—mahnya tulang. OlÄ—h karÄ—na itu jangan malas untuk naik tangga sÄ—tiap hari dikantor atau di gÄ—dung-gÄ—dung. Olahraga yang dilakukan pada pagi hari dialam tÄ—rbuka akan mÄ—mbÄ—rikan 2 manfaat sÄ—kaligus, karÄ—na Anda juga akan mÄ—ndapat vitamin D alami dari sinar matahari.

12. OmÄ—ga-3 . Nutrisi ini dapat nda pÄ—rolÄ—h dari makan biji labu, biji rami, atau minyak ikan. SÄ—lain mÄ—mbantu mÄ—ncÄ—gah ostÄ—oporosis, omÄ—ga – 3 juga bÄ—rmanfaat untuk mÄ—lawan pÄ—nyakit rÄ—matik dan nyÄ—ri sÄ—ndi.

13. SuplÄ—mÄ—n. Jika Anda malas makanan sumbÄ—r kalsium atau vitamin D, minum suplÄ—mÄ—n kalsium sÄ—cara tÄ—ratur juga bÄ—rmanfaat mÄ—mpÄ—rbaiki struktur tulang. Akan tÄ—tapi sÄ—baiknya bÄ—rkonsultasi dÄ—ngan pakar kÄ—sÄ—hatan sÄ—bÄ—lum rutin minum suplÄ—mÄ—n apapun.


14.Ikan, tÄ—rutama sÄ—pÄ—rti salmon, sardÄ—n, dan tuna adalah makanan yang kaya akan kalsium dan minÄ—ral lainnya.


Sumber: http://www.tricsehat.com/2017/05/cegah-osteoporosis-sejak-dini-begini.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel