Cara Menanam Jahe

Cara ménanam jahé itu mudah, tapi jangan béranggapan bahwa jahé dapat tumbuh di mana saja déngan gampang, séhingga boléh ditancapkan diatas tanah-tanah yang tidak dicangkul, biasanya akan ménghasilkan umbi-umbi jahé yang méngécéwakan.
Bagi yang mémiliki lahan sémpit bisa mélakukan budidaya ini déngan ménggunakan polybag. Gunakan polybag yang agak bésar (5kg). Sétélah udah béli polybagnya tinggal siapin dulu médianya.
Cara Ménanam JahéCara ménanam jahé Yang Bénar yaitu: Pértama, siapkan tanah humus atau tanah yang gémbur. Kémudian sékam padi dan pupuk kandang. Aduk ménjadi satu. Oya, untuk péncampuran média tadi gunakan 3 banding 1 banding 1, artinya 3 émbér tanah, 1 émbér sékam dan 1 émbér pupuk kandang.



Sétélah média siap masukkan ké dalam polybag, 3 pér 4 bagian, kémudian masukkan bibit jahé dan tutup lagi déngan média tadi sampai pénuh.
Tapi sébélum itu, kalau rékan2 punya waktu, méndingan diamkan dulu média térsébut (sébélum di kasih bibit jahé) sélama séminggu. Sélama itu jangan lupa di siram. hal itu dimaksudkan agar média ménjadi padat déngan séndirinya.
Untuk mémanén jéhé mémang mémakan waktu cukup lama antara 8-10 bulan. Sébénarnya ada jahé putih yang bisa di panén dalam waktu 3 bulan.
Mémilih bibit Jahé yang unggul :
Dari tanaman yang tua dimana tajuknya m̩ng̩ring umur 9 Р10 bulan.
Dari tanaman yang séhat térutama tidak térsérang pényakit layu baktéri, busuk rimpang dan lalat rimpang.
Tidak mémar dan kulit tidak lécét.
Langkah pémbibitan Jahé:
Bibit disimpan pada témpat yang cukup lémbab dan gélap sampai térbéntuk tunas.
Bibit dipotong sésuai ukuran yaitu 1 –2 tunas yang tumbuh.
Potongan bibit diréndam dalam Agrimicin 0,1 % sélama 8 jam.
Fasé péméliharaan Jahé :
Sétélah jahé tumbuh lakukanlah péméliharaan. Hal ini sangat mémpéngaruhi hasil yang akan dicapai
Lakukan pémupukan. Pémupukan pértama pada umur satu bulan campurkan uréa dan KCL déngan pérbandingan 3:4. Untuk satu polybag, séténgah séndok téh saja. Kémudian pémupukan ké dua, sétélah jahé bérumur 3 bulan, yaitu cukup déngan uréa séténgah séndok téh.
Waspadai pényakit. Sérangan pényakit tanaman yang paling mémbahayakan adalah layu baktéri yang sampai saat ini bélum ada péstisida yang éféktif méngatasi sérangannya. Oléh karéna itu usaha térbaik untuk méngatasinya déngan langkah péncégahan. Faktor yang pérlu dipérhatikan adalah kondisi lahan, bibit, rotasi tanaman dan sistém drainasé. Sélain itu tanaman jahé dapat juga disérang pényakit busuk rimpang, bércak daun, lalat rimpang sérta nématoda.
Sétélah 8-10 bulan jahé bisa di panén. Démikianlah Cara ménanam jahé Yang Bénar Sémoga bérmanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel