Cara Membuat Perangsang Akar dari Bonggol Pisang dan Air Leri

Sahabat Inspirasi Berkebun bisa menggunakan bahan-bahan yang sederhana yang ada di sekitar Sahabat Inspirasi Berkebun untuk membuat pupuk perangsang akar, salah satu bahan yang ada di sekitar Sahabat Inspirasi Berkebun dan mudah di temukan adalahan bonggol pisang.

Pada tulisan kali ini kami akan mencoba membahas bagaimana cara membuat pupuk perangsang akar dari bonggol pisang dan air leri. Cara membuatnya sangat mudah dan bahan-bahannya mudah ditemukan disekitar Sahabat Inspirasi Berkebun, silahkan Sahabat Inspirasi Berkebun mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk membuatnya.

Cara pembuatan pupuk perangsang akar dari bonggol pisang ini sangat mudah, sederhana, bahan-bahannya mudah ditemukan dan sangat murah. Untuk itu Sahabat Inspirasi Berkebun silahkan persiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan.

Bahan-bahan yang diperlukan
Air cucian beras atau air leri sebanyak 2 liter
Bonggol pisang sebanyak 10 kg
Air gula atau tetes tebu sebanyak 20% dari total bahan
Air kelapa sebanyak 2 liter
Air bersih

Alat-alat yang diperlukan
Botol air
Dirigen
Selang Kecil

Cara Pembuatan Pupuk Perangsang Akar
Pertama ambil bonggol pisang dari tanaman pisang yang belum pernah berbuah, haluskan atau tumbuk sampai halus, kemudian setelah halus campurkan air leri atau air cucian beras, tetes tebu dan air kelapa, aduk-aduk sampai semua bahan tercampur secara merata.

Kedua masukan semua bahan yang telah tercampur secara merata tadi kedalam derigen, setelah dimasukan pada bagian tutup derigen buatlah lubang untuk memasang selang. Ujung selang satu di pasang pada ujung derigen yang berisi campuran bahan-bahan tadi dan ujung selang satunya lagi masukan kedalam botol yang telah diisi air bersih.
Cara Membuat Pupuk Perangsang Akar dari Bonggol Pisang dan Air Leri
Terakhir biarkan proses fermentasi berjalan selama 2 minggu kurang lebih prosesnya. Ciri-ciri pupuk perangsang akar yang sudah jadi adalah baunya seperti bau aroma tape, apabila baunya busuk berarti ada kebocoran pada saat proses fermentasi dan berarti pupuk perangsang akarnya gagal alias tidak jadi.

Demikian tulisan kami mengenai bagaimana cara membuat pupuk perangsang akar dari bonggol pisang dan air leri. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat untuk Sahabat inspirasi Berkebun untuk merangsang tanaman kesayangan Sahabat inspirasi Berkebun. Silahkan bagikan tulisan ini ke halaman facebook Sahabat inspirasi Berkebun untuk menyimpan tulisan ini.

Sumber: kaba rtani. com/cara- membuat- pupuk -cair- perangsang- akar- dari- bonggol- pisang- dan- air-cucian- beras .html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel