Cara Membuahkan Tabulampot Jambu Air

Untuk memperoleh buah jambu air yang manis, lebat, segar dan warnanya bagus ada beberapa faktor yang mempengaruhi dan dapat dikategorikan kedua macam, yakni faktor internal dan factor eksternal. 

Faktor internal yang mempengaruhi pertumbuhan dan hasil buah jambu air diantaranya ialah perlakuan kita terhadap tanaman jambu air, termasuk di dalamnya ialah pemupukan, penyiraman, penyiangan hama, perontokan, penyemprotan dan lain sebagainya sedangkan Faktor eksternal diantaranya ialah cuaca, iklim, musim, kondisi geografis tempat menanam buah jambu air, angin curah hujan dan lain sebagainya.
Cara Membuahkan Tabulampot Jambu Air  Agar berbuah Lebat
Untuk faktor eksternal tentunya Sahabat Inspirasi Berkebun tidak perlu mengubahnya, namun menyikapinya sesuai dengan kondisi yang terjadi. Misal pada saat musim penghujan maka Sahabat Inspirasi Berkebun tidak perlu menyirami tiap hari namun bisa 2 atau 3 kali sehari saja.

Dalam usaha agar buah jambu air berbuah lebat seperti yang Sahabat Inspirasi Berkebun harapkan maka tidak bisa lepas dari proses awal pertama kali menyiapkan bibit buah jambu air, menyiapkan media tanam hingga ke tehnik penanaman buah jambu air pada pot.

Pada tulisan kali ini kami akan sedikit membagi tips dan cara membuahkan tabulampot jambu air. Langsung saja Sahabat Inspirasi Berkebun ikuti tips dan cara seperti dibawah ini agar tanaman jambu Sahabat Inspirasi Berkebun berbuah lebat

Syarat yang harus diikuti pohon jambu air harus sudah dewasa artinya sudah siap untuk dibuahkan, paling tidak minimal tanaman pohon jambu air sudah berumur 1 tahun.

Caranya adalah pertama prunning daun tanaman jambu air dan tunas air, sisakan 2 helai hingga 4 helai dipucuk tanaman jambu air. Selanjutnya kocor dengan pupuk dengan unsur P dan K yang tinggi, dapat dengan menggunakan pupuk MKP atau kohe ayam diseling dengan poc kulit pisang seminggu dua kali atau bisa juga dengan air rendaman sabut kelapa, hentikan pemberian pupuk dengan unsur N.
Cara Membuahkan Tabulampot Jambu Air 
Setelah daun tanaman jambu air berwarna hijau tua, selanjutnya adalah tahap stress air, artinya tanaman jambu air jangan disiram selama 5 hari hingga 7 hari, setelah 5 hari hingga 7 hari siram lagi tanaman jambu air dengan pupuk yang memiliki kandungan unsur P dan Kk yang tinggi.

Selanjutnya lakukan penyiraman pada tanaman jambu air secara normal, apabila dalam dua minggu belum keluar calon bunga, lakukan stress air lagi dan begitu seterusnya hingga tanaman jambu air mengeluarkan calon bunga. 

Jangan tanya apakah metode ini berlaku pada pohon selain jambu, jawabannya kami tidak tahu, baru pada tanaman jambu air percobaan yang kami lakukan. Sahabat Inspirasi Berkebun silahkan mencobanya dan silahkan kirimkan hasil dari percobaanya di halaman fanspage facebook kami.

Demikian tulisan kami mengenai tips dan cara membuahkan tabulampot jambu air. Semoga tulisan ini dapat menambah ilmu untuk Sahabat Inspirasi Berkebun dalam bertabulampot. Silahkan bagikan kiriman ini ke halaman facebook Sahabat Inspirasi Berkebun untuk menyimpan tulisan ini.

Sumber: Group Belajar Bareng Berkebun ( 3B )

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel