Cara Membasmi Semut Pada Tanaman

Cara mengusir Semut pada tanaman ialah sesuatu hal yang cukup mudah, namun sering kali semut tersebut datang kembali pada tanaman, seperti debu dan membuat kita bosan dalam mengatasi semut tersebut. 

Pada tulisan kali ini kami akan membahas bagaimana cara membasmi semut pada tanaman. Langsung saja Sahabat Inspirasi Berkebun ikuti langkah-langkah cara mengusir semut dengan pencegahan maupun pembasmian berikuti ini.
Cara Membasmi Semut Pada Tanaman
Cara Pertama 
Waspadai kehadiran semut pada tanaman Sahabat Inspirasi Berkebun. Biasanya semut menjadi salah satu faktor keberadaan hama kutu putih pada tanaman Sahabat Inspirasi Berkebun. Untuk mengontrol semut secara organik, semprotkanlah air dengan campuran essense bawang putih rutin tiap pagi hari dan sore hari sampai semut tidak datang kembali.

Berilah jarak yang sesuai dengan pertumbuhan tanaman dari kecil sampai besar. Hindari tanaman pada kondisi yang sangat padat oleh satu jenis tanaman. Pastikan aliran udara lancar sampai ke bagian terkecil tanaman dan tidak terlalu lembab serta gelap. Pada umumnya kesamaan jenis tanaman dan kondisi lembap akan mempermudah dan mempercepat kehadiran serangga.

Bersegeralah Sahabat Inspirasi Berkebun untuk membuang kelopak bunga yang sudah layu pada tanaman. Hindari kelopak bunga yang layu dan tetap menempel pada ujung batang.

Gunakan mulsa untuk mengontrol gulma dan menjadikan gulma sebagai rumah bagi serangga laba-laba yang bisa memangsa hama pada tanaman.

Apabila tanaman Sahabat Inspirasi Berkebun telah mengalami serangan awal semut lakukan langkah pemangkasan dan buanglah sisa pemangkasan tersebut ke tempat yang jauh dari tanaman atau membakar pangakasan tersebut pada tempat yang aman.

Jika cara diatas sudah Sahabat Inspirasi Berkebun lakukan, namun semut tetap betah dan terus berkembang biak pada tanaman Sahabat Inspirasi Berkebun, lakukanlah cara kedua ini.

Cara Kedua
Banyak sekali resep yang bisa digunakan oleh Sahabat Inspirasi Berkebun untuk membuat makanan tertentu yang jika termakan oleh semut maka semut tersebut akan mati terbunuh, salah satunya ialah dengan mencampurkan gula dengan boraks atau gula dengan jagung. Kemudian letakan makanan tersebut di sekitar tanaman Sahabat Inspirasi Berkebun. 

Tiap gerombolan semut pada biasanya mempunyai jenis semut pemandu yang berfungsi untuk mencari makanan. Para gerombolan semut pemandu tersebut akan memberikan tanda kepada semut lain supaya bisa mengikuti jejaknya. 
Cara Membasmi Semut Pada Tanaman
Sahabat Inspirasi Berkebun bisa mengusir semut pada tanaman dengan cara menghapus jejak langkah semut pemandu tersebut. Sahabat Inspirasi Berkebun cukup mencari jalur yang sering dilewati semut pemandu tersebut kemudian letakan kain yang sudah direndam dengan larutan pemutih pakaian, diatas jalur tersebut.

Cara diatas cukup efektif juga untuk mengusir semut dari rumah Sahabat Inspirasi Berkebun dengan cara menghapus jejak menuju rumah Sahabat Inspirasi Berkebun. 

Perlu Sahabat Inspirasi Berkebun ketahui bahwa menuangkan larutan pemutih keatas tanah di sekitar tanaman sangat tidak dianjurkan karena bisa merusak tanaman.

Langkah terakhir ialah dengan cara menyemprotkan insektisida golongan peritroid sintetik secara hati-hati karena racun jenis ini sangat membahayakan.

Demikian tulisan kami mengenai bagaimana cara membasmi semut pada tanaman. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat untuk Sahabat Inspirasi Berkebun dalam mengusir semut pada tanaman. Silahkan bagikan tulisan ini ke halaman facebook Sahabat Inspirasi Berkebun untuk menyimpan tulisan ini.

Sumber: nusa tani. com/ 2016/ 05/ cara- membasmi- semut- pada- tanaman. html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel