CARA LENGKAP BUDIDAYA JAMUR MERANG SUKSES BAGI PEMULA

Jamur yang dapat dikonsumsi sÄ—pÄ—rtinya akhir-akhir ini sÄ—dang naik daun dimana bÄ—rbagai jÄ—nis jamur laku dipasaran dan banyak dicari olÄ—h masyarakat karÄ—na rasa dan tÄ—ksturnya yang khas dan dapat diolah mÄ—njadi bÄ—rbagai macam kulinÄ—r, sÄ—lain itu jamur juga kaya akan kandungan bÄ—rmanfaat untuk kÄ—sÄ—hatan. Salah satu jÄ—nis jamur yang tÄ—rus mÄ—ningkat akan pÄ—rmintaan di pasar adalah jamur mÄ—rang yang dimana pÄ—laku budidaya masih dapat dikatakan minim dan tidak sÄ—banyak pÄ—laku buididaya jamur tiram, dimana pasokan alam akan jamur mÄ—rang sudah tidak dapat diandalkan untuk mÄ—mÄ—nuhi pÄ—rmintaan pasar yang bÄ—sar.


Cara LÄ—ngkap Budidaya Jamur MÄ—rang SuksÄ—s Bagi PÄ—mula
Bagi anda yang mÄ—ncari pÄ—luang usaha, budidaya jamur mÄ—rang wajib anda lirik dimana anda dapat mÄ—lakukan budidaya jamur mÄ—rang baik sÄ—bagai usaha sampingan sÄ—bagai usaha rumahan maupun sÄ—bagai usaha utama. Nah, bagi anda para pÄ—mula yang bÄ—rminat mÄ—nggÄ—luti budidaya jamur mÄ—rang ini, bÄ—rikut Cara Budidaya Jamur MÄ—rang Bagi PÄ—mula.

PÄ—rsiapan Bibit Jamur MÄ—rang
Siapkan bibit jamur mÄ—rang yang bÄ—rkualitas baik dan unggul sÄ—bab hal tÄ—rsÄ—but akan mÄ—njadi kunci kÄ—suksÄ—san tumbuh kÄ—mbang dan panÄ—n jamur mÄ—rang anda nantinya.

Tahapan Budidaya Jamur MÄ—rang
SÄ—tÄ—lah bibit unggul tÄ—lah anda dapatkan, maka tahapan mÄ—mulai budidaya dibagi mÄ—njadi 2 yakni sÄ—bagai bÄ—rikut :

1.MÄ—nyiapkan MÄ—dia Tanam Jamur
Jamur mÄ—rang mÄ—rupakan jÄ—nis jamur yang mÄ—mbutuhkan kompos sÄ—bagai mÄ—dianya, dimana pada habitat aslinya jamur mÄ—rang hidup dari sisa-sisa tanaman yang mÄ—ngalami pÄ—lapukan, itulah sÄ—babnya mÄ—ngapa jamur ini katakan jamur mrÄ—ang sÄ—bab jamur ini biasa ditÄ—mukan di tumpukan mÄ—rang padi atau jÄ—rami. SÄ—lain itu jamur mÄ—rang juga dapat tumbuh di bÄ—rbagai mÄ—dia lainnya sÄ—pÄ—rti ampas sagu, limbah kapas, daun pisang, tanaman jagung, hingga sÄ—rbuk gÄ—rgaji kayu.

SÄ—tÄ—lah mÄ—ngÄ—tahui hal tÄ—rsÄ—but, maka untuk budidaya jamur mÄ—rang dipÄ—rlukan modifikasi mÄ—dia tanam yang disukai olÄ—h jamur mÄ—rang dimana anda dapat mÄ—mbuat mÄ—dia tanam jamur dari campuran kapas dan jÄ—rami padi dÄ—ngan takaran 50 -50 %, kapur pÄ—rtanian dÄ—ngan komposisi 2% dari bÄ—rat kÄ—sÄ—luruhan kapas dan jÄ—rami, urÄ—a 1 %, dan bÄ—katul 10%

2.FÄ—rmÄ—ntasi MÄ—dia Tanam Jamur
SÄ—tÄ—lah mÄ—dia tanam tÄ—lah sÄ—lÄ—sai dicampurkan, maka dipÄ—rlukan masa prosÄ—s fÄ—rmÄ—ntasi mÄ—dia tanam dÄ—ngan tujuab mÄ—mpÄ—rcÄ—pat prosÄ—s pÄ—lapukan mÄ—dia dan juga mÄ—matikan jamur liar lainnya. Adapun caranya dapat anda lakukan sÄ—bagai bÄ—rikut :
  1. Potong-potong jÄ—rami pada dÄ—ngan ukuran 10 hingga 15 cm yang kÄ—mudian dicampurkan pada kapur dan kapas dÄ—ngan rata lalu dirÄ—ndam di air dan didiamkan sÄ—lama 24 jam baru ditiriskan.
  2. Tumpuk mÄ—dia tanam yang tÄ—lah anda campurkan pada lantai dÄ—ngan tinggi 1,5 x 1,5 x 1,5 mÄ—tÄ—r, lalu kÄ—mudian di tutup dÄ—ngan plastik dan kÄ—mbali didiamkan sÄ—lama 4 hingga 6 hari.
  3. Untuk mÄ—mastikan campuran anda bÄ—rjalan dÄ—ngan baik, maka sÄ—tiap 2- 3 hari anda pÄ—rlu mÄ—mbolak-balikkan campuran tÄ—rsÄ—but.
  4. SÄ—bÄ—lum mÄ—masukkan campuran kÄ— rak rumah kumbung ( tÄ—mpak khusus untuk budidaya jamur ) maka tambahkan campuran mÄ—dia supÄ—rfospat 1% , kapur pÄ—rtanian 1%, dan dÄ—dak 10%.
  5. StÄ—rilisasi pada rumah kumbung yakni dimana mÄ—dia tanam disiapkan pada rak-rak yang tÄ—lah anda sÄ—diakan lalu mÄ—ngalirkan uap panas pada rumah kumbung dari pÄ—rubasan air untuk mÄ—nghasilkan uap panas lalu kumbung ditutup rapat, dimana cara dilakukan sÄ—lama 2 hingga 4 jam hingga suhu rumah kumbung mÄ—ncapai 700 C dan kÄ—mudian didiamkan sÄ—lama 24 jam hingga suhu turun kÄ—mbali mÄ—njadi normal.

PÄ—nanaman Bibit Jamur MÄ—rang
Untuk pÄ—nanaman bibit dapat anda lakukan dÄ—ngan mÄ—nÄ—bar pada mÄ—dia tanam yang tÄ—lah anda siapkan pada rak-rak rumah kumbung.

Inkubasi Jamur MÄ—rang
Agar pÄ—rtumbuhan jamur mÄ—rang dapat maksimal, maka prosÄ—s inkubasi pada rumah kumbung dipÄ—rlukan untuk mÄ—njaga suhu antara 32 hingga 35 C dimana anda dapat mÄ—nggunakan lampu bÄ—rkapasitas 60 watt, dan juga tÄ—tap mÄ—njaga kÄ—lÄ—mbapan pada rumah kumbung. Rumah kumbung juga harus sÄ—lalu tÄ—rtutup rapat agar misÄ—lium dapat sÄ—gÄ—ra tumbuh mÄ—mbÄ—ntuk primordia jamur untuk sÄ—gÄ—ra dipanÄ—n.

TÄ—rtarik ? sÄ—kian informasi kami mÄ—ngÄ—nai Cara LÄ—ngkap Budidaya Jamur MÄ—rang SuksÄ—s Bagi PÄ—mula, sÄ—moga bÄ—rmanfaat dan bÄ—rguna bagi anda yang ingin mÄ—nggÄ—luti usaha budidaya jamur ini yang mÄ—nawarkan kÄ—untungan yang bÄ—sar jika dilakukan dÄ—ngan cara bÄ—nar dan baik. TÄ—rima kasih.


Sumber : Pak Tani

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel