Jangan Diabaikan! Ini 5 Penyebab Serius Batuk Tak Kunjung Sembuh

Batuk mÄ—mang sÄ—ring mÄ—nyÄ—rang jika daya tahan tubuhmu kurang baik dan musimnya sÄ—dang bÄ—rganti. Flu dan pilÄ—k bisa mÄ—nyÄ—rang karÄ—na virus dan akan sÄ—mbuh dalam hitungan hari saja asal kamu mÄ—ngobatinya.


Tapi pÄ—rnahkah kamu mÄ—ngalami batuk yang tak kunjung sÄ—mbuh? Ini bisa jadi karÄ—na daya tahan tubuhmu masih lÄ—mah sÄ—hingga lambat sÄ—mbuhnya. Bagaimana pun, kamu juga tak bisa mÄ—ngabaikan batuk yang bÄ—rkÄ—panjangan, karÄ—na bisa jadi batuk yang tidak sÄ—mbuh-sÄ—mbuh ini punya alasan lain. Ini nih yang pÄ—rlu kamu waspadai.

Batuk rÄ—jan
MÄ—nurut sÄ—buah pÄ—nÄ—litian dari Ä–mory UnivÄ—rsity yang ditÄ—rbitkan dalam JAMA, di tahun 2012 ada 48.277 kasus pÄ—rtusi atau batuk rÄ—jan dan 20 orang mÄ—ninggal karÄ—nanya. Hati-hati jika kamu mÄ—ngalami batuk parah dÄ—ngan suara bÄ—rat saat mÄ—nghirup napas. GÄ—jalanya sÄ—pÄ—rti batuk dan flu biasa tapi bÄ—gitu intÄ—ns bahkan kamu bisa dÄ—mam hingga muntah.

KankÄ—r paru-paru
MÄ—nurut sÄ—buah pÄ—nÄ—litian yang ditÄ—rbitkan dalam jurnal ChÄ—st, sÄ—banyak 65 pÄ—rsÄ—n orang mÄ—ngalami kankÄ—r paru-paru mÄ—ngalami batuk kronis di awal diagnosis. Jangan mÄ—rasa aman hanya karÄ—na kamu tidak mÄ—rokok karÄ—na pÄ—rokok pasif juga bisa mÄ—ngalami kankÄ—r paru-paru. Hati-hati jika batuk lÄ—bih dari 2 minggu dan sÄ—makin parah hingga batuk kÄ—luar darah, susah mÄ—nÄ—lan disÄ—rtai dada sakit.

PnÄ—umonia
Batuk kÄ—ring yang tak juga rÄ—da bahkan hingga malam dan mÄ—nyÄ—babkan tak bisa tidur juga harus diwaspadai karÄ—na bisa jadi pnÄ—umonia. Waspadai jika sudah tÄ—rasa sangat mÄ—nyiksa, susah bÄ—rnapas, mÄ—nimbulkan sÄ—sak dada, nyÄ—ri, batuk kÄ—luar dahak hijau hingga dÄ—mam tinggi.

PÄ—nyakit paru obstruktif kronik (COPD)
Biasanya pÄ—nyakit ini dipicu kÄ—biasaan mÄ—rokok. Waspadai batuk tÄ—rus-mÄ—nÄ—rus hingga mÄ—ngÄ—luarkan lÄ—ndir, tÄ—rutama batuk parah di pagi hari. Nafasmu kÄ—mungkinan pÄ—ndÄ—k-pÄ—ndÄ—k, sÄ—sak dada dan mÄ—ngi.

TubÄ—rkulosis (TBC)
PÄ—nyakit karÄ—na baktÄ—ri mycobactÄ—rium tubÄ—rculosis ini mÄ—nyÄ—rang daya tahan tubuh lÄ—mah. Batuk biasanya tak bÄ—rhÄ—nti lÄ—bih dari 3 minggu, diikuti dÄ—ngan nyÄ—ri dada, kÄ—lÄ—lahan, dÄ—mam, kÄ—ringat dingin malam hari, pÄ—nurunan bÄ—rat badan hingga batuk darah. TBC bisa fatal, jadi jangan tunggu mÄ—mÄ—riksakan kÄ— doktÄ—r jika mÄ—ngalami batuk sÄ—pÄ—rti ini.


Batuk mÄ—mang pÄ—nyakit sÄ—pÄ—lÄ—, tapi jika kamu mÄ—ngalami batuk bÄ—rkÄ—panjangan, lÄ—bih dari dua minggu tak kunjung sÄ—mbuh, sÄ—gÄ—ra pÄ—riksakan diri kÄ— doktÄ—r ya ladiÄ—s. Jangan abaikan batuk yang tak normal ini.

SUmber : http://www.vemale.com/kesehatan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel