Ingat Puding Biskuit Marie Regal yang Jadul dan Masih Dicintai ini?? Ini Lho Cara Membuatnya

Cara Membuat Puding Biskuit Marie Regal – Setelah digegerkan dengan adanya puding hijau dan merah yang menyerupai lumut dan pantai merah. Kini muncul lagi kreasi puding jadul yang mulai booming dan populer kembali karena keunikan tampilan dan rasanya yang enak. Bernama resep puding biskuit marie regal, puding jadul ini kini menjadi bahan pembicaraan bunda-bunda di grup masakan.
Cara Membuat Puding Biskuit Marie Regal
Cara Membuat Puding Biskuit Marie Regal

Dulu Resep puding biskuit marie jadul hanya dibuat dari agar-agar lalu dilapisi dengan tumpukan roti marie regal saja. Namun kini puding marie dapat dikreasikan dengan agar-agar dan nutrijell aneka rasa yang membuat puding ini semakin istimewa. Jadi tidak cuma 1 lapis puding saja, tapi kini akan kita buat menjadi 3 lapisan puding biskuit marie regal yang lebih kaya rasa.

Yang pertama puding lapisan marie, yang kedua puding lapisan kuning dan yang terakhir lapisan puding cokelat. Untuk lapisan marie terbuat dari agar-agar bubuk putih / plain (tidak ada rasa) dan bahan lainnya lalu direbus hingga mendidih. Tata biskuit marie regal kedalam loyang lalu tunggu hingga dingin. Kepingan biskuit akan muncul cantik yang menjadi ciri khas dari resep puding biskuit marie regal.

Lalu untuk puding lapisan kuning terbuat dari agar-agar plain yang masak dengan susu kental manis, kuning telur, gula pasir dan air. Masak hingga mendidih lalu didiamkan hingga mengeras. Sedangkan untuk lapisan cokelat terbuat dari dark cooking chocolate, cokelat bubuk, agar-agar coklat dan air, yang kemudian diproses sama seperti olahan puding lainnya.

Bahan 1 Lapisan Marie :
Agar-agar bubuk putih 1 bungkus
Air 800 mili liter
Gula pasir 10 sendok makan (bisa disesuaikan dengan selera)
Biskuit / biscuit marie regal 1 pak (bungkus)

Bahan 2 Lapisan Kuning :
Agar-agar bubuk putih 1 bungkus
Air 600 mili liter
Gula pasir 6 sendok makan
Susu kental manis 4 sendok makan atau 2 sachet
Kuning telur 1 butir

Bahan 3 Lapisan Cokelat :
Agar-agar coklat 1 bungkus
Coklat bubuk 3 sendok teh
Gula pasir 10 sendok makan
Dark cooking chocolate 100 gram (jika tidak ada, bisa diganti dengan cokelat bubuk lagi tak apa-apa)
Air 800 mili liter

Langkah Membuat Puding Biskuit Marie Regal Coklat :
Pertama-tama siapkan cetakan agar-agar. Sisihkan.
Selanjutnya masak Bahan 1 seperti agar-agar, gula dan air untuk lapisan marie hingg mendidih, angkat dan biarkan uap panasnya hilang.
Setelah itu susun biskuit marie di loyang melingkar atau segi empat sesuai selera, tuangkan adonan agar-agar perlahan yang bertujuan agar biskuit marie tidak mengapung. Biarkan hingga mengeras permukaannya.
Sementara itu langsung saja buat untuk lapisan kuningnya. Silahkan didihkan bahan 2 seperti agar-agar, air, susu dan gula. Kemudian kocok telur dalam mangkuk, lalu masukkan adonan panas-panas sebanyak 2 sendok sayur ke dalam kocokan telur, aduk rata. Dan tuangkan kembali ke dalam adonan agar-agar, aduk rata.
Angkat, hilangkan uap panasnya, lalu tuang di atas lapisan puding marie yang sudah 1/2 mengeras.
Langkah berikutnya segera siapkan lapisan cokelat. Rebus semua bahan 3 hingga mendidih, angkat dan biarkan uap panasnya hilang. Tuang perlahan ke atas adonan kuning yang 1/2 mengeras.
Simpan di lemari es hingga semua bagian puding mengeras dan set.
Balikkan agar-agar di atas piring saji, potong-potong, sajikan dingin lebih mantap. Nyeeesss banget, cocok untuk camilan, hidangan penutup (dessert) dan menu takjil buka puasa yang segar.

Menurut saya dimakan tanpa menggunakan vla susu atau vla santan rasanya sudah enak banget. Lembut dan lumer dimulut biskuitnya, cocok nih untuk camilan anak-anak. Mereka pasti suka, awas ketagihan ya bun! heheheh :) . Selain menggunakan biskuit marie, resep puding biskuit marie regal ini cocok juga diganti dengan biskuit lain. Misal dengan biskuit roma kelapa, biskuit keju, oreo dan lain sebagainya.

Sumber : http://resephariini.com/resep-puding-biskuit-marie-regal/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel