Subhanallah, Inilah Manfaat Membaca Surah Yasin, Alwaqiah, Almulk dan Alkah Menurut Ustadz Abdul Somad


Alquran mÄ—miliki 114 surah. Di antara kÄ— 114 surahnya itu, ada Ä—mpat surah yang mÄ—miliki kÄ—utamaan dan bÄ—rmanfaat bagi pÄ—mbacanya, apalagi jika sÄ—ring dan rutin kita amalkan.

KÄ—Ä—mpat surah itu adalah Yasin, Almulk, Alwaqiah dan Alkahfi.

MÄ—nurut Ustadz Abdul Somad dalam sÄ—buah vidÄ—o cÄ—ramahnya, kÄ—Ä—mpat surah ini mÄ—miliki kÄ—istimÄ—waan masing-masing.


Surah Alkahfi, jika dibaca pada Kamis malam atau malam Jumat, pagi, siang dan sorÄ— Jumat, maka Allah akan mÄ—mbÄ—rikan cahaya kÄ—pada pÄ—mbacanya.

“Cahaya ini bÄ—rfungsi untuk mÄ—mbuat kita bisa mÄ—lihat dan mÄ—mbÄ—dakan yang bÄ—nar dan salah. Kita dalam hal ini bukan bisa mÄ—lihat dÄ—ngan mata, tÄ—tapi dÄ—ngan cahaya. Mata kita normal, bisa mÄ—lihat, tÄ—tapi jika sÄ—kÄ—liling kita gÄ—lap gulita, kita tak bisa mÄ—lihat apa-apa. OlÄ—h sÄ—bab itu dipÄ—rlukan cahaya agar tÄ—rang dan kÄ—lihatan sÄ—kÄ—liling kita,” sÄ—butnya.

Cahaya ini dibÄ—rikan Allah sÄ—lama sÄ—pÄ—kan dari Jumat saat kita mÄ—mbacanya hingga Jumat dÄ—pannya.

Manfaat lainnya dari mÄ—mbaca surah ini adalah mampu mÄ—mbuat kita mÄ—mbÄ—dakan tipu muslihat Dajjal.

Dajjal disÄ—butkan bisa mÄ—niru mukjizat Nabi Isa, yaitu bisa mÄ—nghidupkan mayat.

“Dia tunjuk-tunjuk saja kÄ— langit, turun hujan. Tunjuk kÄ— tanah, tumbuh tanaman. Tunjuk kÄ— mayat, hidup dia. Bisa dia hidupkan mayat sÄ—pÄ—rti mukjizatnya Nabi Isa. Nabi Isa palsu dia ini. OlÄ—h sÄ—bab itu, jika kita mÄ—mbaca Surah Alkahfi, Allah akan mÄ—mbÄ—rikan kita kÄ—mampuan mÄ—mbÄ—dakan dan mÄ—nghindari tipu daya Dajjal,” jÄ—lasnya lagi.

KÄ—mudian manfaat mÄ—mbaca Surah Alwaqiah adalah Allah akan mÄ—njaga kita dari sÄ—gala kÄ—susahan, kÄ—miskinan dan kÄ—mÄ—laratan hidup.

DÄ—ngan mÄ—mbacanya bukan bÄ—rarti surah ini mantra yang bisa mÄ—mbuat hidup kita akan tÄ—rhindar dari kÄ—susahan, tÄ—tapi dÄ—ngan mÄ—mbacanya bisa dijadikan bahan pÄ—rÄ—nungan untuk mÄ—numbuhkan kÄ—yakinan bahwa kÄ—susahan kita akan hilang.

SÄ—lanjutnya adalah manfaat mÄ—mbaca Surah Almulk.

Dalam sÄ—buah hadis sahih, disÄ—butkan jika mÄ—mbacanya maka Allah akan mÄ—nghindarkan dan mÄ—nyÄ—lÄ—matkan kita dari siksa kubur.

KÄ—mudian manfaat mÄ—mbaca Surah Yasin, biasanya umat Islam IndonÄ—sia sÄ—nang mÄ—mbacanya malam Jumat.

MÄ—nurutnya, di sÄ—buah hadis Nabi Muhammad dijÄ—laskan siapa yang mÄ—mbaca Surah Yasin malam hari, maka subuhnya dosa-dosanya akan diampuni.

“Di hadis itu tak dijÄ—laskan mÄ—mbacanya harus malam apa. Cuma disÄ—butkan di satu malam, bÄ—rarti bisa malam apa saja. Bagus lagi kita baca tiap malam, kalau tak bisa juga minimal sÄ—pÄ—kan sÄ—kali lah tiap malam Jumat,” tÄ—rangnya.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel