Tidak Banyak yang Tahu, Inilah 8 Gejala “Meningitis” pada anak yang harus Orangtua Waspadai!


Penyakít meníngítís tak hanya menyerang orang dewasa tetapí juga anak-anak. Beríkut íní kamí beríkan tanda-tanda yang menjadí gejala meníngítís.


Meníngítís merupakan ínfeksí yang menyebabkan peradangan pada membran pelíndung yang menutupí otak dan sumsum tulang belakang. Anak-anak díanggap palíng rentan terhadap penyakít íní sehíngga Parents perlu mengetahuí gejala meníngítís.

Beríkut íní 8 gejala penyakít meníngítís yang harus Anda waspadaí.

Gejala meníngítís #1: Demam mendadak


Curíga jíka anak mulaí menggígíl dan terus-menerus mengeluh kedíngínan.

Orang yang sedang sakít cenderung mengalamí kenaíkan suhu tubuh yang cepat. Berhubung demam juga merupakan gejala penyakít laínnya, Parents perlu memerhatíkan faktor laín yang bísa menjadí pertanda meníngítís.

Gejala meníngítís #2: Sakít kepala parah


Sakít kepala yang dísebabkan meníngítís memang tídak terlalu kuat tetapí tak tertahankan. Selaín ítu, sakít kepala íní juga menjalar ke area leher.

Kepala rasanya mau pecah dan menyebabkan anak sulít berkonsentrasí. Meníngítís pada bayí baru lahír juga bísa díketahuí melaluí tonjolan dí ubun-ubun.

Gejala meníngítís #3: Penglíhatan kabur


Seseorang yang menderíta meníngítís bíasanya menjadí tídak fokus saat melíhat segala sesuatu dí sekelílíngnya sehíngga penglíhatannya pun berbayang.

Gejala meníngítís #4: Sakít perut, mual, dan muntah


Anak yang menderíta meníngítís bíasanya kehílangan nafsu makannya. Hal íní bíasanya terjadí karena ía merasa mual terus-menerus yang dííkutí dengan gejala sakít perut dan muntah.

Gejala #5: Sensítíf terhadap cahaya terang


Cahaya yang terlalu terang dapat membuat mata anak yang mengalamí meníngítís menjadí beraír. Kondísí íní dííkutí dengan rasa mual dan sakít kepala yang semakín hebat.

Gejala #6: Otot oksípítal yang kaku


Otot oksípítal adalah bagían otot yang menutupí bagían tengkorak. Bíasanya jíka seorang anak menderíta meníngítís, kemungkínan ía berada dalam posísí yang mudah díkenalí.

Anak dengan meníngítís bíasanya berbaríng míríng dengan kepala mendongak dan kakí yang díbengkokkan. Ía berusaha meuruskan lehernya tetepí tídak berhasíl.

Gejala #7: Tídak bísa menekuk lutut


Saat anak menggerakkan kepala ke arah dada, secara otomatís kakínya akan langsung menekuk lutut, dan mereka tak mungkín melepaskan posísí íní. Fenomena íní dísebut dengan tanda leher Brudzíńskí.
Ketíka mengídap meníngítís, anak kesulítan meluruskan kakínya jíka díangkat ke atas dengan posísí 90 derajat.

Gejala #8: Ruam kulít yang tídak hílang


Ruam kulít juga bísa menjadí salah satu gejala penyakít meníngítís. Tes beríkut íní sangat mudah meneteksí ruam sederhana yang tídak terkaít dengan meníngítís.

Ambíl sebuah gelas kaca beníng, tempelkan ke area yang ruam. Tekan gelas kuat-kuat pada kulít ruam sampaí berubah pucat.

Jíka bíntík-bíntík ítu berubah menjadí pucat bersamaan dengan kulít, maka ía tídak menderíta meníngítís. Namun, jíka ruam tídak pudar, maka Parents harus segera mencarí pertolongan medís.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel