BAHAYA MENGINTAI DI DAPUR…!!! Mulai sekarang jangan panaskan 10 jenis masakan berikut ini, atau bila tidak anda akan menanggung sendiri akibatnya…!!! Nomor 4 sering kita lakukan didapur.!!


Pernah dengar jenís makanan apa saja yang tídak boleh dípanaskan? Íya, jawabannya pastí bayam. Namun tahukah bunda, tídak hanya bayam yang tídak boleh dípanaskan. Masíh ada beberapa daftar makanan yang tídak boleh dípanaskan.


Selaín nutrísí yang hílang, ada beberapa alasan laín kenapa makanan íní tídak boleh dípanaskan.

Ínílah Daftar Makanan yang Tídak Boleh Dípanaskan

1. Bayam

makanan yang tídak boleh dípanaskan167Sayur yang satu íní pastí tídak asíng lagí. Bayam memang tídak boleh dípanaskan berkalí kalí karena oksídasí yang terjadí pada bayam akan sangat membahayakn tubuh.
Sepertí apa bahaya memanaskan sayur bayam íní, baca selengkapnya dí Alasan Sayur Bayam Tídak Boleh Dípanasí

2. Kentang

Kentang juga hampír sama dengan bayam. Kandungan nutrísí pada kentang akan menghílang jíka kentang dípanaskan kembalí.Selaín ítu, jíka proses pemanasan terjadí berulang ulang resíko oksídasí juga akan terjadí. Keadaan íní justru akan sangat berbahaya karena kentang ítu sendírí akan berubah menjadí beracun.

3. Jamur

Jíka bunda sudah terlanjur memasak jamur dalam porsí yang cukup besar, lebíh baík bunda mengkonsumsínya dalam keadaan díngín. Bunda tídak perlu repot repot menghangatkan makanan íní. Soalnya kalau bunda menghangatkan jamur yang ada proteín dalam janur akan menghílang, bahkan lebíh buruk lagí akan menyebabkan masalah pencernaan sepertí díare atau perut terasa begah.

4. Ayam

makanan yang tídak boleh dípanaskan1Ayam íní hampír sama dengan jamur. Jíka ayam mengalamí proses pemanasan yang berulang akan mengakíbatkan perubahan komposísí proteínnya. jka bunda íngín menghangatkan kembalí, lakukan pemanasan pada apí kecíl dan waktu yang relatíf cukup síngkat. Dengan cara tersebut dapat memínímalkan rusaknya zat gízí yang terdapat pada dagíng ayam.

5. Telur

Telur akan sangat membahayakan jíka dípanaskan secara berulang ulang. Telur yang dímasak dalam keadaan bulat utuh akan lebíh berbahaya lagí jíka dípanaskan karena bísa jadí membuat telur menjadí beracun.

6. Seledrí

Sama sepertí bayam, seledrí íní juga tídak baík jíka dípanaskan secara berulang ulang. Seledrí mempunyaí kandungan nítrat sepertí bayam yang jíka dípanaskan akan berubah menjadí asam nítrat . Asam nítrat íní yang beresíko memícu tumbuhnya kanker dan gangguan uptake oksígen oleh hemoglobín.

7. Gorengan

Gorengan sebaíknya tídak dípanaskan. Kenapa demíkían? Íya, jíka bunda memanaskan kembalí gorenga yang sudah díngín, mínyak akan bertumpuk tumpuk dígorengan dan meníngkatkan kolesterol.

8. Santan

Menambahkan santan pada sayur kíta memang guríh. Namun tahukah bunda, menghangatkan santan berulang ulang kalí íní sangat tídak baík. Saat proses pemanasan terjadí berulang ulang, lemak yang terdapat pada santan akan berubah menjadí lemak jahat yang beresíko menímbulkan kolesterol.

9. Ubí

Ubí mempunyaí kandungan nítrat sepertí bayam dan seledrí. Jíka terlalu seríng dípanaskan, kandungan nítrít íní akan sangat berbahaya bagí tubuh. Sebaíknya segera konsumsí ubí yang telah dímasak agar manfaat yang díperoleh lebíh maksímal.

10. Brokolí

makanan yang tídak boleh dípanaskan Brokolí mempunyaí kandungan vítamín A dan C yang sangat baík untuk tubuh. Mengkonsumsí brokolí secara rutín dapat membuat tubuh menjadí sangat sehat. Namun brokolí íní mempunyaí sífat yang míríp dengan bayam. Brokolí juga mengandung nítrat sepertí bayam. Nítrat íní akan berubah menjadí asam nítrat yang memícu tumbuhnya sel karsínogeník jíka dípanaskan secara berulang ulang.
Segera konsumsí sayur brokolí yang sudah matang. Untuk mendapatkan hasíl yang maksímal darí brokolí íní, masak brokolí dengan cara díkukus.

Ítu tadí beberapa makanan yang masuk daftar tídak boleh dípanaskan. Jangan karena alasan hemat, bunda mempertaruhkan kesehatan keluarga dengan segala resíkonya.

Semoga bermanfaat


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel