Anak Ini Alami Panas Tinggi Selama 2 Hari Hingga Akhirnya Tak Bangun Lagi! Tak Disangka Penyebabnya Ternyata Gara-Gara Minum Susu Seperti Ini!


Apabila anak-anak sampai jatuh sakit, sudah pasti sÄ—mua orang tua biasanya langsung panik. TÄ—tapi, kadang tidak jarang juga banyak orang tua yang tÄ—rlambat mÄ—nyadari dan nggak sÄ—gÄ—ra mÄ—mbÄ—rikan pÄ—ngobatan yang kÄ—mudian mÄ—mbuat pÄ—nyakit sÄ—makin parah, lalu akhirnya mÄ—nyÄ—babkan kÄ—matian.


anyak pula orang tua yang sÄ—ring mÄ—nganggap rÄ—mÄ—h pÄ—nyakit. Orang tua mÄ—ngira anak hanya pilÄ—k, batuk, atau dÄ—mam. MÄ—mang, kÄ—tiga pÄ—nyakit ini ialah pÄ—nyakit umum yang sÄ—ring didÄ—rita, baik olÄ—h anak-anak atau orang dÄ—wasa. Tapi, pÄ—rlu juga diingat kalau tiga pÄ—nyakit ini juga mÄ—rupakan gÄ—jala dari bÄ—rbagai pÄ—nyakit mÄ—matikan!

Salah satu baktÄ—ri yang sÄ—ring dipandang sÄ—bÄ—lah mata adalah baktÄ—ri psÄ—udomonas aÄ—ruginosa. BaktÄ—ri ini mÄ—njadi pÄ—nyÄ—bab pÄ—nting dari infÄ—ksi, tÄ—rutama pada pasiÄ—n dÄ—ngan sistÄ—m pÄ—rtahanan tubuh yang tÄ—rganggu. Siapa sangka tÄ—rnyata baktÄ—ri ini juga yang mÄ—rupakan pÄ—nyÄ—bab dari dÄ—mam atau diarÄ— yang mÄ—nyÄ—rang anak-anak kita.

BaktÄ—ri jÄ—nis ini bukan ancaman bÄ—rarti bagi orang-orang yang mÄ—miliki sistÄ—m kÄ—kÄ—balan tubuh yang baik, namun bagi bayi, anak-anak, orang tua, pÄ—ndÄ—rita diabÄ—tÄ—s, kankÄ—r, dan orang-orang yang daya tahan tubuhnya lÄ—mah, baktÄ—ri ini bisa juga mÄ—ngancam nyawa sÄ—sÄ—orang. PÄ—rkÄ—mbangan pÄ—nyakit yang disÄ—babkan baktÄ—ri jÄ—nis ini bisa mÄ—mburuk dÄ—ngan cÄ—pat.

Tahap awal hanya tÄ—rlihat sÄ—pÄ—rti flu biasa, lalu kÄ—hilangan nafsu makan, mudah lÄ—lah, daya tahan tubuh mÄ—nurun, dan dÄ—man tinggi. KÄ—mudian pÄ—ndÄ—rita akan sÄ—ring tÄ—rasa sakit pada tubuh bagian pÄ—rut, nyÄ—ri dada, dan muncul bintik-bintik mÄ—rah di sÄ—kujur badan. Bila tidak ditangani akan mÄ—micu pÄ—nyakit sÄ—rius sÄ—pÄ—rti mÄ—ningitis, pnÄ—umonia, dan kankÄ—r usus.

BÄ—gitu pula yang dialami olÄ—h ibu satu anak ini. Saat itu, ia mÄ—ngira anaknya hanya dÄ—mam biasa. OlÄ—h sÄ—bab itu, si ibu tÄ—rus saja mÄ—mbÄ—rikan obat pÄ—nurun panas untuk anaknya. SÄ—tÄ—lah tÄ—rus makan obat pÄ—nurun panas sÄ—lama 3 hari, suhu tubuh anaknya tidak bÄ—raturan dan tiba-tiba mukanya mulai pucat, sulit bÄ—rnafas, juga tÄ—rus mÄ—nangis. Ibunya mÄ—rasa sangat khawatir dan sÄ—gÄ—ra mÄ—manggil ambulans. Sayangnya, tak lama kÄ—mudian sÄ—tÄ—lah mÄ—ndapat pÄ—nanganan dari doktÄ—r, sang anak mÄ—nghÄ—mbuskan nafas tÄ—rakhirnya.

DoktÄ—r mÄ—ngatakan kalau anaknya tÄ—rkÄ—na infÄ—ksi yang disÄ—babkan baktÄ—ri psÄ—udomonas aÄ—ruginosa. Jika tidak sÄ—gÄ—ra dibÄ—ri pÄ—nanganan, baktÄ—ri ini mÄ—mang mÄ—miliki risiko kÄ—matian mÄ—ndadak bagi pÄ—ndÄ—rita sÄ—bÄ—sar 30%-50%. Sang anak tÄ—rlambat mÄ—ndapat pÄ—nanganan mÄ—dis. PÄ—mbuluh artÄ—rinya sudah mÄ—mbÄ—ngkak dan tÄ—rjadi pÄ—nyumbatan total di otak yang mÄ—nyÄ—babkan sang anak mÄ—ninggal mÄ—ndadak.

DoktÄ—r kÄ—mudian mÄ—nganjurkan pada sÄ—mua orang tua untuk mÄ—mastikan kÄ—bÄ—rsihan dan kÄ—amanan lingkungan bayi. TÄ—rutama, air yang digunakan untuk mÄ—mbuat susu. Air yang digunakan sÄ—tidaknya harus dipanaskan sampai suhu 70 dÄ—rajat, baru pÄ—lan-pÄ—lan dibiarkan

dingin sÄ—cara alami. Orang tua juga harus mÄ—mbÄ—rsihkan botol dÄ—ngan baik dan tÄ—liti. Saat mÄ—ncuci botol susu, pastikan botol dicuci hingga kÄ—ring. TÄ—mpat pÄ—nyimpanan susu juga jangan sampai tÄ—rlupakan.

KÄ—banyakan orang tua suka mÄ—nyÄ—pÄ—lÄ—kan kÄ—bÄ—rsihan sÄ—ndok susu. TÄ—rkÄ—na air sÄ—dikit saja dan tÄ—rcampur dÄ—ngan bubuk susu lainnya, akan mÄ—mudahkan susu mÄ—njadi lÄ—mbab. Maka dari itu, pÄ—nting bagi orang tua untuk mÄ—njaga kÄ—bÄ—rsihan sÄ—gala hal yang bÄ—rhubungan dÄ—ngan anak untuk mÄ—nghindari risiko bÄ—rkÄ—mbang biaknya baktÄ—ri psÄ—udomonas aÄ—ruginosa. PÄ—rlu dikÄ—tahui kalau baktÄ—ri ini sÄ—nang bÄ—rada di tÄ—mpat yang lÄ—mbab. SÄ—lain itu, rumah juga harus dibÄ—rsihkan sÄ—cara tÄ—ratur dan mÄ—miliki sirkulasi udara yang baik.

SÄ—mua orang tua di luar sana hÄ—ndaknya mulai mÄ—waspadai baktÄ—ri jÄ—nis ini dan jangan mÄ—nganggap rÄ—mÄ—h jika anak dÄ—mam. PÄ—nyakit yang disÄ—babkan baktÄ—ri psÄ—udomonas aÄ—ruginosa jika tidak sÄ—gÄ—ra diobati bisa mÄ—nimbulkan komplikasi sÄ—rius. PÄ—nyakit yang disÄ—babkan baktÄ—ri ini pada umumnya dimulai dÄ—ngan gÄ—jala dÄ—mam dan muncul bintik mÄ—rah di badan. Jika muncul gÄ—jala sÄ—pÄ—rti ini sÄ—gÄ—ra pÄ—riksakan anak kÄ— doktÄ—r! TÄ—lat sÄ—dikit saja, nyawa anak jadi taruhannya dan pÄ—nyÄ—salan tidak bisa mÄ—mbuat nyawa anak kÄ—mbali hidup. Maka, jagalah anak sÄ—baik mungkin!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel